Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Penyebab Pompa Air Tidak Menyedot / Menghisap?

Bagaimana cara mengatasi dan apa penyebab pompa air tidak menghisap hingga tidak mengeluarkan air? Ini masalah yang sering dialami pengguna pompa air merk apapun.

penyebab pompa air tidak menghisap

Apa penyebab pompa air tidak menyedot / menghisap hingga tidak mengeluarkan air?

Masalah pompa air tidak mau menghisap ini umum dialami oleh pengguna pompa air, baik merk Sanyo, Shimizu, Dab, Wasser, Grunfos atau merk lainnya. Untuk penggunaan sumur bor, sumur gali, menyedot air kolam atau lainnya.

Untuk memudahkan analisa masalah pompa air tidak menghisap ini saya akan membaginya dalam 2 katagori, yakni pompa lama dan pompa baru:

1. Pompa lama tidak mau menghisap

Maksudnya adalah anda menggunakan pompa tsb sudah cukup lama dan air keluar dengan lancar, tapi suatu hari tiba tiba pompa tidak mengeluarkan air, sepertinya pompa air tsb tidak menyedot.

Maka ini kemungkinan penyebabnya:
- Karet klep bocor
Setiap pompa air sumur dalam/ sumur dangkal di bagian input memiliki karet klep yang bisa membuka dan menutup secara otomatis. Pada saat pompa mati maka karet klep akan menutup secara otomatis untuk mencegah air turun kembali ke dalam sumur bor.

Nah, jika karet klep tsb bocor ataupun kotor akibat kerak yang menempel maka air di dalam pipa akan turun kembali ke dalam tanah.

Yang bisa anda lakukan agar air bisa naik kembali ke permukaan adalah dengan "memancing" pompa tsb dengan air lalu menutupnya dengan telapak tangan. Seringkali memancing ini perlu beberapa kali dilakukan sampai air bisa keluar lagi dengan normal seperti biasa.

Jika akhirnya pompa anda sering "dipancing" maka sebaiknya anda membongkar karet klep yang posisinya anda di bagian pipa input dan periksa apakah karet klep rusak atau hanya kotor? Jika rusak segera ganti dengan yang baru atau jika hanya kotor (akibat kerak) segera bersihkan dengan sikat.   

- Baling baling pompa (impeller) sudah aus
Jika anda sudah mencoba "memancing" pompa tsb berkali kali tapi air tidak kunjung keluar juga maka yang perlu anda periksa adalah baling baling bersirip atau yang disebut impeller yang posisinya ada di kepala (head) pompa.

Untuk diketahui, fungsi impeller adalah menarik sekaligus mengeluarkan air. Nah, jika impeller tsb sudah aus karena gesekan logam atau karena sumber airnya berpasir maka impeller tsb sudah tidak mampu lagi untuk menarik air ke permukaan.

Bukalah bagian depan pompa dan lihatlah apakah impellernya sudah aus ataukah tidak? Jika sudah aus maka anda harus menggantinya dengan yang baru. Usahakan untuk membeli spare part yang asli agar tahan lama.

Baca juga:
- Harga pompa air sanyo
- Penyebab pompa air panas
 
- Ada kebocoran pada pipa hisap
Jika anda sudah memeriksa impeller dan ternyata masih bagus / tidak aus, maka kemungkinan ketiga adalah ada kebocoran di jalur pipa hisapnya. Ingat, kebocoran sekecil apapun bisa membuat air gagal naik ke permukaan. Segera periksa pada bagian jalur pipa hisap.

- Terjadi penurunan level air bawah tanah
Batas hisap pompa air sumur dangkal adalah di 9 meter dan untuk pompa sumur dalam (jet pump) adalah di kedalaman 15 meter. Artinya jika ketinggian level air diatas batas maksimal maka pompa tsb tidak mampu menghisap air.

Penurunan level air bawah tanah bisa terjadi saat musim kemarau panjang atau di lingkungan sekitar tempat tinggal anda ada yang membuat sumur bor baru dan dihisap menggunakan pompa berkapasitas besar.

Jika ketinggian air kembali naik maka air akan bisa dihisap pompa. Tetapi jika air tidak keluar lagi dan berlangsung lama maka sebaiknya konsultasikan masalah anda ke tukang sumur bor terdekat di kota anda.

Baca juga:
- Penyebab pompa air mati
- Pompa air yang untuk rumah 2 lantai

2. Pompa baru tidak mau menghisap

Untuk pengguna pompa baru jika memiliki masalah pompa air tidak mau menghisap / menyedot maka kemungkinannya ada 3:

- Pompa belum "dipancing"
Untuk menyedot air pertama kali harus memasukkan air ke dalam head pompa kemudian ditutup dengan telapak tangan hingga air menyembur dengan keras lalu segera pasang penutupnya.

- Ada kebocoran pada pipa hisap
Segera periksa jalur pipa hisap apakah ada kebocoran? Jika ragu sebaiknya bongkar lalu sambung ulang. Seringkali penyebab kebocoran adalah karena pemakaian lem yang kurang merata hingga tidak menutup sempurna atau karena pemakaian seltip yang kurang tebal.

- Jarak pipa hisap terlalu jauh
Jarak pipa hisap terlalu jauh dari sumber air. Ingat batas pipa hisap pompa air sumur dangkal adalah di 9 meter dan untuk pompa sumur dalam (jet pump) adalah di kedalaman 15 meter. Artinya jika jaraknya terlalu jauh maka anda harus mendekatkan pompa dengan sumber air.

Demikian informasi tentang apa penyebab pompa air tidak menyedot / menghisap tidak mengeluarkan air dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat...

28 komentar untuk "Apa Penyebab Pompa Air Tidak Menyedot / Menghisap?"

  1. Silahkan bertanya jika ada hal yang kurang jelas....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sanyo g nyala dan g klr airx pdhl bru 3 hari yg lalu ganti baru

      Hapus
    2. Untuk pompa baru beli tapi tidak mau menyala, coba cek:

      - Instalasi kelistrikan, apakah ada sambungan ke pompa yang terlepas? Atau coba buka bagian dalam steker / stop kontak... apakah ada kabel yang longgar atau terlepas?

      - Bisa juga penyebab pompa tidak mau hidup akibat bearing pompa mengalami macet / stuck.

      Coba putar bagian tengah kipas pendingin menggunakan obeng, putar ke kiri dan kanan bolak balik sampai putaran dinamo terasa ringan.

      Jika 2 hal diatas sudah diperiksa tetapi kondisinya nampak baik baik saja, bisa jadi penyebab pompanya tidak mau hidup akibat kapasitornya lemah walaupun pompa masih baru.

      Jika dugaan kapasitor lemah maka saran saya bawa saja ke service center pompa air sanyo terdekat, mumpung masih garansi.

      Demikian jawaban saya, semoga membantu...

      Hapus
  2. Balasan
    1. Maaf, pompa air keluarnya kecil itu apakah biasanya deras lalu mendadak mengecil ataukah sejak pertama pasang keluarnya sudah kecil?

      Kalau biasanya airnya keluar deras lalu mendadak kecil bisa jadi ada kebocoran pada pipa hisap, pompanya melemah karena terlalu panas (overheat) atau ada penurunan level air bawah tanah.

      Sedangkan jika sejak pertama pasang keluarnya kecil bisa jadi kesalahan pasang, misalnya jarak pipa in atau out yang terlalu panjang, atau total head yang melewati batas spesifikasi pompa.

      Demikian jawaban saya... jika ada hal yang kurang jelas silahkan bertanya kembali 🙏

      Hapus
  3. Apakah pengisapan air yg berbelok2 membuat air kadang kencang kadang kecil min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak.... pipa hisap yang berbelok belok tidak akan membuat air yang keluar kadang kecil kadang deras.

      Bisa jadi penyebabnya karena panjang pipa hisap yang "sedikit melebihi" batas maksimum pompa tsb.

      Untuk panjang pipa hisap:

      - Pompa sumur dangkal max 8 meter
      - Pompa semi jetpump max 11 meter
      - Pompa sumur dalam max? (berbeda tiap merk)

      Demikian jawaban saya. Jika ada hal yang kurang jelas silahkan bertanya kembali. Terima kasih...

      Hapus
  4. Malam pak pompa dinamo saya hidup tapi tidak mau mengisap mkz

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada beberapa penyebab pompa air tidak mau menyedot atau menghisap, antara lain:

      - Ada kebocoran pada pipa hisapnya, silahkan di cek.
      - Baling baling impeller sudah aus, silahkan di cek.
      - Level air bawah tanah sedang turun sehingga diluar jangkauan pipa hisapnya. Nanti jika ketinggian level airnya sudah naik maka otomatis akan bisa menghisap dan keluar air lagi dengan sendirinya.

      Demikian jawaban saya. Jika ada hal yang kurang jelas silahkan bertanya kembali 🙏

      Hapus
    2. Sanyo baru tapi tidak mau menghisap air

      Hapus
  5. Pompa air sering bermasalah?

    Bingung memilih merk pompa air terbaik?

    Ingin konsultasi masalah pompa air sumur dangkal dan sumur dalam?

    Silahkan bertanya melalui kolom komentar konsultasi pompa air Shimizu

    Atau ke halaman: daftar harga pompa air

    Terima kasih 🙏

    BalasHapus
  6. Pompa shimizu baru dipasang pada sumur bir yg baru dibuat. Tidak dinyalakan selama 2 bulan. Pas mau dinyalakan, pompa nyala tapi air tidak keluar. Besok paginya panggil tukang sumur yg pasang pompanya (dulu paket bikin sumur + pasang pompa), dibenerin airnya keluar. Tapi malamnya saya nyalakan kok airnya tidak keluar lagi kenapa ya pak? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinannya tetap sama seperti jawaban diatas:

      - Terdapat kebocoran halus pada pipa hisap, sock drat, seltip atau head pompa.

      - Bisa jadi ketinggian air bawah tanah sedang turun sehingga sementara "diluar jangkauan" pipa hisapnya. Nanti begitu air naik akan bisa dihisap lagi.

      Hapus
  7. Slm.. Saya ingin tanya, mesin pompa saya( semi jet pump) tdk bisa menghisap air sumur, pipa maupun valve yg di dlm sumur tdk ada kebocoran, posisi mesin pompa saya letaknya lebih rendah 50cm dari bibir sumur, dan jaraknya sekitar 15m dari sumur apa bagaimana cara mengatasinya. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika yakin bagian pipa hisapnya tidak ada kebocoran dan juga level air bawah tanah tidak sedang "diluar jangkauan" maka kemungkinan mechanical sealnya terjadi kebocoran.

      Demikian...

      Hapus
  8. Mesin pompa baru, pipa ke sumur sudah di ganti juga dengan yang baru. Tapi sekarang baru 4 bulan kenapa harus di pancing yah? Padahal pompa air yang di bagus gak perlu di pancing, di ganti emang karna udah berpuluh-puluh tahun. Mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari penjelasan diatas, penyebab pompa air tidak menghisap sepertinya akibat penurunan level air bawah tanah yang sifatnya hanya sementara.

      Artinya kedalaman air tsb sementara "diluar jangkauan" batas hisap pipa.

      Jika pompa yang digunakan jenis pompa sumur dangkal maka batas hisapnya hanya di 8 meter, pompa semi jetpump di 11 meter dan pompa sumur dalam (jetpump) bervariasi antara 27 meter hingga 40 meter.

      Nah, jika mesin pompa baru, pipa juga baru, tetapi kok baru 4 bulan sudah sering mancing kemungkinan sedang terjadi penurunan level permukaan air di bawah tanah.

      Ini biasanya hanya sementara, jika permukaan air sudah naik nantinya air juga akan bisa dihisap kembali.

      Bagaimana jika mancing pompanya sudah kelewat sering dan sudah terjadi berminggu minggu?

      Kemungkinan mechanical seal nya yang rusak. Alat mechanical seal ini posisinya di dalam mesin pompa air.

      Karena mechanical sealnya rusak maka proses penghisapan (vakum) menjadi gagal.

      Tetapi ini kemungkinan terakhir sebab kasus mechanical seal rusak cukup jarang terjadi. Yang sering jadi penyebab pompa air tidak menghisap biasanya akibat pipa hisap yang bocor halus atau impellernya yang sudah aus akibat pemakaian bertahun tahun.

      Demikian jawaban saya, semoga membantu...

      Hapus
  9. airnya tidak bisa keluar walaupun di pancing manual

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Pastikan panjang pipa hisap tidak melampaui batas panjang maksimum. Untuk pompa 125 watt batas panjang pipa hisap hanya di 8 meter saja. Artinya di panjang maksimum 8 meter tsb harus sudah ada airnya.

      2. Pastikan tidak ada kebocoran pada jalur pipa hisap, biasanya di bagian sockdrat atau elbo

      3. Pastikan baling baling impeller tidak terlalu aus.

      Hapus
    2. kalo punya saya keluar bentar terus lama lagi ga keluar tapi ga perlu di pancing ntar keluar lagi kira2 apanya ya mohon pencerahanya

      Hapus
  10. Bagaimana cara agar airnya mengalir padahal semua cara sudah saya lalukan pemasangan bru tadii siang saya pkek air Pansimas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba ikuti panduan diatas... jika masih tidak bisa menghisap tolong ceritakan loebih detail mengenai peletakan pompa, panjang pipa hisap dan jenis pompa hisap.

      Terima kasih

      Hapus
  11. Air tidak keluar mesin pompa panas juga air di dalam tabung cadangan panas apa penyebabnya
    Mohon penjelasannya

    BalasHapus
  12. Mau nanya mesin pompa saya panas pa kelamaan hidup dan air di tabung cadangan nya panas.
    Apakah ini akibat air tidak keluar atau tidak terhisap dari tanah
    Terima kasih

    BalasHapus
  13. Halo ijin bertanya Sebelumnya saya beli pompa shimizu ps128bit

    Dengan instalasi sbg berikut:
    -Toren tampung pdam di lt 1 dengan footklep didasarnya.
    -dihisap oleh pompa di lt 3 (8-9mtr dari dasar toren lt 1)
    -didorong ke atap lt 3 (3mtr keatas pompa)

    Pertanyaannya,apakah yg kiranya salah/menjadi masalah?
    Jadi setelah dipancing pertama kali, pompa normal berjalan hingga toren penampung di atap lt 3 terisi penuh,namun seringkali keesokan harinya tiba2 pompa panas tidak narik air,ketika lubang pancing dibuka dia nyembur dan minta dipancing ulang.. kemudian berjalan normal lagi,namun tidak lama panas lagi dan minta dipancing lagi..
    Apa kiranya yg menjadi masalah dan harus dicek lagi ya? Mohon bantuannya

    BalasHapus
  14. Selamat malam izin bertanya... Mesin air sya naik k toren'a lama.. Itu jg hrs d nyalain n d matiin trs bru dia mo naik k toren... Kdang sya matiin dlu nunggu sekitaran 3 menit bru mo naik k toren... Itu kita" masalah'a ap ya min?? Terima kasih

    BalasHapus
  15. Maaf kalo pompa semijet hilang hisapan apa penyebabnya ? udah di coba pake tangan gak ada hisapan ,pompa udah dipake sekitar 1/2 tahun an , mohon pencerahannya kak 🙏🙏🙏

    BalasHapus
  16. jika mesin berada dilantai 2 (tingginya 4 M) sedangkan sumber air berada dibawah, mesin apa yg cocok untuk dipergunakan

    BalasHapus

Silahkan bertanya atau berkomentar...