Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Harga Mesin Fotocopy Canon Baru Bekas Semua Type

Mesin fotocopy canon dengan berbagai fitur tentunya sangat memudahkan kita dalam melakukan pekerjaan seperti menggandakan dokumen. Ada beberapa daftar harga mesin fotocopy canon baru bekas semua type.

Daftar Harga Mesin Fotocopy Canon Baru Bekas Semua Type

Dengan menggunakan mesin fotocopy anda akan mendapat keuntungan dalam mencetak dan menggandakan dokumen menjadi lebih mudah dan lebih cepat dari pada menggunakan mesin cetak.

Mesin fotocopy memiliki prinsip dasar yaitu xerografi, mesin ini memiliki drum dan toner yang digunakan untuk melakukan proses penyalinan. Mesin fotocopy ini bekerja menggunakan cahaya panas yang dengan listrik statis. Berikut ini adalah daftar harga mesin fotocopy canon baru bekas semua type.

Daftar Harga Mesin Fotocopy Canon Baru Bekas

Daftar harga dibawah ini mulai dari harga terendah hingga tertinggi.
Type Harga baru* Harga bekas*
Canon IR 1024 IF Rp 5.500.000 Rp 4.000.000
Canon IR 1600 ADF Rp 7.500.000 Rp 4.200.000
Canon IR 2016 Rp 7.500.000 Rp 5.000.000
Canon IR 3570 Rp 12,500,000 Rp 10.500.000
Canon IR 1730 Rp 13.000.000 Rp 8.000.000
Canon IR 3225 Rp 14,000,000 Rp 9.750.000
Canon IR 3245 Rp 15,000,000 Rp 11.700.000
Canon IR ADV 4035 Rp17.500.000 Rp 16.000.000
Canon IR 5075 Rp 20.000.000 Rp 8.000.000
Canon IR 5050 Rp 26.500.000 Rp 22.500.000
Canon IRA 6065 Rp 31.000.000 Rp 26.000.000
Canon IR 2525 Rp 32,000,000 Rp 8.000.000
Canon IR 5000 Rp 39.000.000 Rp 29.000.000
Canon IR 2530 Rp 47.150.000 Rp 15.000.000
*) Harga kisaran. Setiap toko berbeda beda

Cara Kerja Mesin Fotocopy

 1. Pencahayaan terang yang menyinari dokumen dihasilkan dari lampu expose, dokumen berupa kertas diletakkan di atas kaca dengan kondisi terbalik, lensa mesin akan memantul pada gambar dokumen, setelah itu lensa mengarahkan gambar kepada arah tabung drum. Tabung drum terbuat dari bahan alumunium yang dilapisi  dengan selenium yang sangat sensitif terhadap cahaya.

2. Gambar terang pada permukaan drum dapat mengakibatkan elektron-elektron muncul sehingga dapat menetralkan ion-ion positif dihasilkan oleh kawat pijar sebelah atas drum sehingga pada bagian yang terang krena cahaya tidak ada elektro yang bermuatan. Dan pada bagian yang cahayanya lebih gelap akan menghasilkan tidak terjadi perubahan muatan dan tetap bermuatan positif.

3. Toner atau serbuk berwarna hitam yang bermuatan positif ini terletak pada depeloper dan akan tertarik oleh ion positif pada permukaan drum.

4. Kawat pijar yang memberikan tegangan tinggi dapat membuat drum bermuatan positif. Terdapat dua buah kawan pijar yaitu diatas drum dan dibawah drum, kawat pijar bisa disebut sebagai corona wire.

5. Selembar kertas yang keluar lewat drum bagian bawah ketika drum berputar, kertas ini terlebih dahulu dijadikan bermuatan positif oleh kawat bagian bawah drum sebelum keluar mencapai drum. Toner yang menempel pada kertas akan menarik dengan kuat, karena gaya tarik muatan pada kertas yang lebih kuat dari pada muatan positif pada drum dan ditambah dengan gaya gravitasi.

6. Setelah itu kertas akan dilewatkan melalui dua buah rol yang panas bertekanan, rol yang panas tersebut akan melelahkan toner yang kemudian menempel pada kertas. Pada peristiwa ini lah yang akan menghasilkan salinan gambar yang sama persis dengan aslinya.

7. Setelah toner turun ke kertas, drum akan berputar hingga melewati blande pembersih drum kemudian melalui kawat yang terdapat diatas drum sehingga drum dapat kembali bermuatan positif dan siap kembali disinari terus berulang-ulang.

Kelebihan Mesin Fotocopy Canon

Mesin fotocopy canon memiliki banyak kelebihan daripada kekurangannya dalam menjalankan fungsi dalam pekerjaanya. Inilah yang membuanya banyak digunakan oleh para konsumen  karena mesin ini lebih efisien. Berikut ini adalah kelebihan mesin fotocopi canon.

1. Cepat dalam mencopy

Meski tergantung tipe, mesin fotocopy canon memiliki kecepatan yang sangat konsisten dalam pekerjaanya disetiap menitnya, tentunya akan membuat waktu anda menjadi lebih efisien.

2. Hasil yang berkualitas

Dengan mesin ini anda akan mendapatkan hasil copyan yang sangat persis dengan dokumen aslinya, serta dengan setingan operasinya sangat mudah di gunakan dan kepresisiannya bisa di tolerir bila harus dipotong setiap sisinya untuk dirapikan. Tentunya dengan mesin ini anda akan menghasilkan hasil yang berkualitas.

3. Konsumsi daya rendah

Mesin ini mengkonsumsi daya rendah pada saat anda mengoprasikanya, mesin ini sangat hemat dalam menggunakan listrik karena dapat mengirit hingga 25%. Sehingga anda tidak perlu takut dengan tagihan listrik yang meningkat meski anda selalu menggunakan mesin ini.

4. Suku Cadang

Mesin fotocopy canon memiliki suku cadang yang sangat mudah ditemukan dan memiliki distributor mesin yang dalam keadaan baru maupun bekas, ini dikarenakan mesin ini memiliki banyak konsumen.

Fitur Fitur Canggih Pada Mesin Fotocopy


Perkembangan zaman yang membuat teknologi juga semakin berkembang, dengan dibuatnya mesin fotocopy yang dapat mempermudah penggunaanya dalam pemakaian. Teknologi pada mesin ini juga dibuat semakin modern sesuai dengan zamannya untuk dapat meningkatkan produktivitas pekerjaan yang dihasilkan. Fitur canggih pada mesin fotocopy yang ditawarkan. Berikut ini adalah fitur fitur canggih pada mesin fotocopy.

1. Duplex

Pada mesin fotocopy lama bila ingin mengcopy bolak balik harus dilakukan secara manual dan sangat membutuhkan waktu. Duplex adalah fitur yang uang menawarkan fotocopy bola balik dengan cara cepat. Fitur ini adalah alat yang dipasang di dalam dam luar mesin. Duplex ini mempunyai penempatan yang berbeda , tergantung dengan tipe dan jenis mesin.

2. DADF (Duplex Automatic Document Feeder)

DADF ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan Duplex, tapi fitur ini memiliki tingkat kemudahan yang sangat menjanjikan. Pada fitur Duplex proses pembalikan halaman masih perlu dilakukan, tapi pada fitur DADF anda sudah tidak perlu melakukan pembalikan halaman, itulah yang membuatnya semakin mudah. Dokumen yang akan dicopy secara bolak balik hanya cukup diletakkan diatas DADF dan aktifkan, maka fungsi fotocopy bolak balik akan dihasilkan dengan sendirinya.

3. Print

Mesin fotocopy semakin berkembang kini menyediakan fitur print, sehingga anda tidak perlu bersusah payah menggunakan printer. Mesin fotocopy dapat mengintegrasikan komputer, sehingga anda bisa langsung mencetak dokumen dengan sekali klik dan hasilnya dapat langsung keluar dari mesin ini. Dengan fitur ini anda bisa lebih hemat dan juga lebih cepat dari pada menggunakan printer.

4. Send

Mesin fotocopy berkembang semakin modern dengan fitur send, yaitu dengan fitur ini anda bisa melakukan pengiriman hasil scan dokumen secara langsung ke komputer dan hardisk. Dengan fitur ini bila nantinya anda ingin melakukan cetak ulang dokumen tidak perlu lagi melakukan scan ulang.

5. Scan


Mesin fotocopy berkembang semakin modern dengan fitur scan. Scan adalah fitur yang menjadi bagian wajib pada mesin fotocopy, karena scan berfungsi untuk membaca  dan menyalin data dokumen yang kemudian dapat dicetak langsung dengan mesin ini. Hasil scan dapat dengan mudah disimpan dengan integrasi komputer dan dapat langsung dilakukan pada komputer yang terhubung.

6. Fax

Mesin fotocopy berkembang semakin modern dengan fitur fax. Fitur ini berfungsi untuk mempermudah pengiriman dokumen dengan jarak jauh. Sehingga cukup dengan mesin fotocopy anda dapat mengirimnya dan tidak perlu menggunakan mesin fax lagi.

Metode Duplikasi Pada Mesin Fotocopy 

Mesin fotocopy ini bisa melakukan salinan dan duplikat dokumen dengan scanner modern. Berikut ini adalah metode duplikasi pada mesin fotocopy.

1. Fotokopi elektrostatika

Metode ini sering disebut dengan xerography, nama yang berasal dari kata yunani. Pada tahun 1938 Chester F. Carlson yang kali pertama mengenalkan metode ini dan perangkat diproduksikan secara komersial pada tahun 1951 oleh Xerox Corporation. Mesin yang menggunakan metode ini mulai trendi pada pertengahan tahun 1970 di Indonesia karena metode ini sangat bermanfaat. Fotokopi elektrostatika pun sudah mulai dianggap sebagai salah satu revolusi di dunia perkantoran.

2. Fotokopi proyeksi

Fotokopi proyeksi adalah metode yang sudah mulai memanfaatkan teknologi yang lebih modern yaitu kamera. Mesin ini dapat menciptakan salinan dari dokumen asli. Kemudian mesin ini dapat merekam dan menghasilkan salinan negatif setelah dicuci. Dan untuk mendapatkan salinan positif gambar salinan negatif akan diproyeksikan pada kertas positif yang dikembangkan.  Fotokopi proyeksi adalah metode yang sangat populer yang bertahan cukup lama.

3.Fotostat

Fotostat adalah metode salinan yang pertama kali muncul pada tahun 1906. Metode ini bekerja dengan cara pemotretan asli yang menggunakan kamera khusus pada kertas peka cahaya sebagai pengganti film. Dengan begitu akan menciptakan bayangan negatif atau putih di atas hitam, dan hasilnya akan dijilid menjadi satu lalu di perbesar atau diperkecil dari ukuran aslinya. Jika membutuhkan gambar positif, maka kertas fotografi akan digunakan dengan pengaturan kontras tinggi. Fotostat juga bisa membuat salinan dari mikrofilm.

4. Fotokopi kontak

Metode ini sering disebut dengan cetak biru, metode ini sudah sangat terkenal sejak tahun 1800. Dan di negara Indonesia metode ini pertama kali digunakan pada mesin bernama lichtdruk, untuk menduplikasikan gambar arsitek maupun teknik yang dilakukan pada kertas tembus pandang. Metode ini akan menyinggungkan gambar asli dengan kertas negatif peka cahaya, setelah itu disinari. Lalu kertas tembus pandang akan ditempelkan pada kertas positif dan dimasukkan ke mesin untuk dikembangkan memakai uap amonia.

Demikian daftar harga mesin fotocopy canon baru bekas semua type. Semoga dapat menambah wawasan kita semua serta dapat membantu anda dalam memilih mesin yang sesuai dengan kebutuhan dan budget anda.