Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Pompa Air Panas Bahkan Mengeluarkan Asap

Apa penyebab pompa air panas bahkan mengeluarkan asap dan bagaimana pencegahannya? Jika sudah terlanjur panas dan bau hangus apa yang bisa dilakukan?

penyebab pompa air panas

Apa penyebab pompa air panas?

Berikut ini beberapa penyebab pompa air panas, mengeluarkan asap, bau gosong hingga terkadang menyebabkan pompa mati:

- Pompa hidup terus sementara airnya tidak keluar
Pompa yang hidup (ON) terus menerus tanpa ada air yang keluar justru membuat putaran pompa telalu cepat karena tidak ada beban. Hal ini yang bisa menyebabkan pompa cepat panas lalu mati.

Sebaiknya jika menghidupkan pompa dan ditunggu 15 menit tapi pompa juga tidak mengeluarkan air maka sebaiknya matikan pompa dan telusuri penyebab air tidak keluar dari pompa, apakah ada kebocoran pada pipa hisap atau lainnya? Telusuri dan temukan penyebabnya.
 
- Kapasitor lemah atau rusak
Fungsi kapasitor pompa adalah untuk membantu motor berputar saat start awal. Berapa lama pemakaian kapasitor hingga mulai error / rusak?  Ini tidak bisa diprediksi, terkadang pompa baru dibeli saja baru dipakai 3 hari sudah mulai tidak mau berputar. Tapi juga banyak yang dipakai 5 tahun baru mulai lemah kapasitornya.

- Bearing dinamo pompa air sudah kocak / goyang
Bearing yang sudah aus akan menyebabkan putaran pompa menjadi berat juga menjadi tidak presisi lagi sehingga pompa cepat panas. Selain itu bearing yang aus juga meyebabkan suara mesin makin berisik. Solusinya adalah mengganti bearing dengan yang baru atau melumasinya dengan grease.

- Kipas pendingin sudah rusak atau tidak terpasang
Seringkali kipas rusak tapi dibiarkan oleh pemiliknya. Padahal fungsi kipas adalah untuk mendinginkan mesin.

- Bearing sudah kering hingga menyebabkan putaran dinamo pompa menjadi berat
Bearing tidak goyang / aus hanya saja kering. Solusinya hanyalah dengan membongkar pompa air dan melumasinya dengan grease.

- Tekanan output pompa terlalu berat
Terkadang pompa di output nya  "dipaksa" untuk mengalirkan air dengan jarak yang jauh atau mengalirkan air ke rumah bertingkat 2 bahkan tingkat 3. Tentu saja akan menyebabkan pompa air panas, berasap lalu mati.

Baca juga:
- Harga pompa air sanyo
- Penyebab pompa air mati
- Penyebab pompa air bunyi cetak cetek

Bagaimana jika pompa panas lalu mati?

Sebenarnya beberapa pompa merk ternama memiliki sistem thermal protection, ini maksudnya adalah sistem pengaman pompa jika terjadi panas berlebih maka sistem tsb akan mematikan pompa secara otomatis.

Pompa akan kembali bisa digunakan jika telah dingin 100% dan berjalan seperti biasa walaupun ada tercium bau hangus / gosong.

Demikian info apa penyebab pompa air panas bahkan mengeluarkan asap bahkan mati. Semoga dengan mengetahui penyebabnya anda bisa semakin hati hati dan mendapat solusi...

7 komentar untuk "Penyebab Pompa Air Panas Bahkan Mengeluarkan Asap"

  1. Jika ada hal yang kurang jelas silahkan bertanya melalui kolom komentar ini...

    BalasHapus
  2. Bang pompa air cepat skali panas, merk sanju, air yg disedot air pam bang, air nya memang tidak kencang kluarnya bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pompa air cepat panas bisa terjadi pada pompa merk Shimizu, Sanyo, Wasser, Panasonic, Dab, Sanju atau merk lainnya.

      Dalam hal ini kemungkinan penyebab pompa air cepat panas itu karena air PDAM yang disedot itu benar benar sedang tidak ada airnya sehingga putaran pompanya tanpa beban (kosong).

      Dan untuk diketahui jika pompa dibiarkan hidup tanpa ada air yang dihisap maka pompa akan cepat panas, bisa keluar asap bahkan yang ekstrim dinamonya bisa terbakar.

      Saran saya, jangan hidupkan pompa jika anda tau air PDAM sedang tidak ada aliran sama sekali (mati total) karena selain pompa akan cepat panas meteran air juga tetap akan berputar walaupun yang dihisap hanya angin saja.

      Demikian jawaban dari saya. Jika masih ada pertanyaan silahkan bertanya kembali. Terima kasih.

      Hapus
  3. Slmat mlem pa admin ,,saya baru sja pasang mesin penghisap air shimizu,,tapi air nya tdak keluar,,saya pasang d lantai atas,,bagai mna cara nya agar bisa keluar,apa mungkin terlalu jauh antara sumber air dan mesin penghisap,,trm kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bisa jadi jarak pipa hisapnya yang terlalu jauh dengan sumber air.

      Untuk diketahui, jarak pipa hisap pompa shimizu yang 125 watt dan 200 watt sama saja, yakni 8 meter. Ini sama dengan panjang 2 batang pipa, baik pipa ukuran 3/4" ataupun pipa 1".

      Oleh karena itu pastikan panjang pipa hisap tidak lebih dari 2 batang pipa.

      Selain itu pada jalur pipa hisap pastikan sambungan pipa, seperti elbo, sock drat, dll telah tersambung dengan baik dan tidak ada kebocoran sedikitpun.

      Demikian jawaban dari saya, semoga membantu. Jika ada yang kurang jelas silahkan bertanya kembali. Terima kasih...

      Hapus
  4. Apa sebabnya air yg keluar dari pompa sumur bor terasa agak hangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada 2 kemungkinan:

      1. Air bawah tanah yang memang dari "sononya" sudah terasa hangat. Saya beberapa kali menemukan air bawah tanah yang keluarnya sudah berasa hangat.

      Yang begini ini sangat disukai karena mandi dengan air hangat akan mengurangi capek dan pegal setelah aktifitas seharian.

      2. Putaran dinamo pompa air normal, tetapi di bagian pipa outputnya terlalu kecil atau mungkin juga terhambat karena suatu sebab.

      Nah karena keluarnya air terhambat sementara baling baling impeller berputar terus maka airnya otomatis akan terasa hangat keluar dari pompa tsb.

      Demikian jawaban dari saya. Jika ada yang kurang jelas silahkan bertanya kembali...

      Hapus

Silahkan bertanya atau berkomentar...