Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Pompa Air Panas Bahkan Mengeluarkan Asap

Apa penyebab pompa air panas bahkan mengeluarkan asap dan bagaimana pencegahannya? Jika sudah terlanjur panas dan bau hangus apa yang bisa dilakukan?

penyebab pompa air panas

Apa penyebab pompa air panas?

Berikut ini beberapa penyebab pompa air panas, mengeluarkan asap, bau gosong hingga terkadang menyebabkan pompa mati:

- Pompa hidup terus sementara airnya tidak keluar
Pompa yang hidup (ON) terus menerus tanpa ada air yang keluar justru membuat putaran pompa telalu cepat karena tidak ada beban. Hal ini yang bisa menyebabkan pompa cepat panas lalu mati.

Sebaiknya jika menghidupkan pompa dan ditunggu 15 menit tapi pompa juga tidak mengeluarkan air maka sebaiknya matikan pompa dan telusuri penyebab air tidak keluar dari pompa, apakah ada kebocoran pada pipa hisap atau lainnya? Telusuri dan temukan penyebabnya.
 
- Kapasitor lemah atau rusak
Fungsi kapasitor pompa adalah untuk membantu motor berputar saat start awal. Berapa lama pemakaian kapasitor hingga mulai error / rusak?  Ini tidak bisa diprediksi, terkadang pompa baru dibeli saja baru dipakai 3 hari sudah mulai tidak mau berputar. Tapi juga banyak yang dipakai 5 tahun baru mulai lemah kapasitornya.

- Bearing dinamo pompa air sudah kocak / goyang
Bearing yang sudah aus akan menyebabkan putaran pompa menjadi berat juga menjadi tidak presisi lagi sehingga pompa cepat panas. Selain itu bearing yang aus juga meyebabkan suara mesin makin berisik. Solusinya adalah mengganti bearing dengan yang baru atau melumasinya dengan grease.

- Kipas pendingin sudah rusak atau tidak terpasang
Seringkali kipas rusak tapi dibiarkan oleh pemiliknya. Padahal fungsi kipas adalah untuk mendinginkan mesin.

- Bearing sudah kering hingga menyebabkan putaran dinamo pompa menjadi berat
Bearing tidak goyang / aus hanya saja kering. Solusinya hanyalah dengan membongkar pompa air dan melumasinya dengan grease.

- Tekanan output pompa terlalu berat
Terkadang pompa di output nya  "dipaksa" untuk mengalirkan air dengan jarak yang jauh atau mengalirkan air ke rumah bertingkat 2 bahkan tingkat 3. Tentu saja akan menyebabkan pompa air panas, berasap lalu mati.

Baca juga:
- Harga pompa air sanyo
- Penyebab pompa air mati
- Penyebab pompa air bunyi cetak cetek

Bagaimana jika pompa panas lalu mati?

Sebenarnya beberapa pompa merk ternama memiliki sistem thermal protection, ini maksudnya adalah sistem pengaman pompa jika terjadi panas berlebih maka sistem tsb akan mematikan pompa secara otomatis.

Pompa akan kembali bisa digunakan jika telah dingin 100% dan berjalan seperti biasa walaupun ada tercium bau hangus / gosong.

Demikian info apa penyebab pompa air panas bahkan mengeluarkan asap bahkan mati. Semoga dengan mengetahui penyebabnya anda bisa semakin hati hati dan mendapat solusi...