Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Harga Mesin Fotocopy Mini Untuk Kantoran

Mesin fotocopy mini adalah mesin berukuran mini yang digunakan untuk menggandakan dokumen pada kantoran. Ada beberapa daftar harga mesin fotocopy mini untuk kantoran.

Harga Mesin Fotocopy Mini Untuk Kantoran

Perlu diketahui apa itu mesin fotocopy, mesin ini merupakan peralatan kantor yang berfungsi untuk menggandakan media kertas seperti dokumen, buku hingga foto. Mesin pengganda ini sebagian sudah menggunakan xerografi, yaitu proses kering yang memakai bantuan listrik statis maupun panas. Dan beberapa dari mesin ini bekerja menggunakan tinta.

Mesin fotocopy sekarang mempunyai desain dengan berbagai ukuran mulai dari besar hingga kecil untuk keperluan produksi. Mesin dengan ukuran berbeda tentunya mempunyai fungsi yang sama yaitu menggandakan serta mencerak dokumen. Berikut ini adalah daftar harga mesin fotocopy mini untuk kantoran.

Daftar Harga Mesin Fotocopy Mini Untuk Kantoran


Daftar harga dibawah ini mulai dari harga terandah hingga harga tertinggi.
Merk Type Harga*
Samsung M 4070 FR Rp 3.465.000
HP Laser M130 Rp 3.550.000
Kyocera FS 1120MFP Rp 3.750.000
Kyocera M 2540 Dn Rp 4.170.000
Brother DCP L2540 DW Rp 4.428.000
Samsung M 2885 FW Rp 4.900.000
Canon IR 1024 IF Rp 5.800.000
Kyocera M 2040 DN Rp 7.100.000
Canon MF 4750 Rp 7.620.000
Canon IR 1435 Rp 13.350.000
Canon IR 2004 Rp 15.500.000
Fuji Xerox DC S 2320 Rp 20.000.00
Kyocera M 3660 IDN Rp 24.750.000
Hp M725Z Rp 27.000.000
*) Harga kisaran. Setiap toko berbeda beda

 Kelebihan Dari Mesin Fotocopy Mini

 Mesin fotocopy yang didesain modern tentunya akan membuat manusia semakin praktis dalam melakukan pekerjaan. Mesin yang memiliki ukuran lebih kecil ini tentunya mempunyai tujuan yang sama dengan mesinnya yang berukuran lebih besar. Tentunya mesiin ini memiliki kelebihan yang membuatnya semakin banyak peminatnya. Berikut ini adalah kelebihan dari mesin fotocopy mini.

1. Hemat daya listrik

Mesin fotocopy mini umumnya memiliki daya yang rendah dan tidak lebih dari 400 watt, dengan mesin yang berukuran mini ini tentunya anda tidak perlu khawatir dengan tagihan listrik anda yang membeludak, tentunya sangat berbeda dengan mesin biasa yang bisa menggunakan daya listrik lebih besar.

2. Tidak boros tempat.

Dengan ukuranya yang lebih kecil mesin ini dapat dipindahkan dengan cara yang lebih mudah dan sangat berbeda dengan menggunakan mesin yang lebih besar karena berat. Terutama saat akan membersihkan ruangan kantor lebih mudah memindahkannya ke tempat yang bersih. Ukuranya yang kecil tentunya tidak akan memakan banyak tempat sehingga ruangan kerja anda dapat lebih efisien.

3. Kepraktisan

Meski berukuran mini mesin ini mampu melakukan pekerjaan yang sama dengan mesin fotocopy pada umunya seperti fotocopy, scan, print dan lain-lain. Perkantoran, instansi pemerintahan, universitas, perusahaan maupun untuk kebutuhan pribadi sangat cocok menggunakan mesin ini, karena kebutuhan cetak mesin ini tidak terlalu besar.

Mesin ini juga mampu cetak warna dengan kecepatan mencapai 30 lembar tiap menitnya. Tentunya sangat praktis dengan mesin fotocopy mini ini.

4. Harga lebih terjangkau

Mesin fotocopy ini memiliki kelebihan dengan harganya yang lebih terjangkau dibanding dengan mesin yang besar, dengan mesin mini ini tentunya anda bisa menghemat biaya untuk keperluan yang lain.

Cara Memilih Mesin Fotocopy Terbaik dan Berkualitas

1. Sesuai dengan kebutuhan

Mesin fotocopy kini hadir dengan berbagai jenis dan merk sehingga para konsumen harus benar benar bisa memilih mesin yang sesuai dengan kebutuhan.Bila anda ingin menggunakan mesin ini sebagai usaha fotocopy dengan skala kecil hingga menengah, anda dapat membeli mesin dengan jenis medium.

Dan jika anda ingin menggunakan mesin dengan berbagai fitur seperti  jasa email, scanning dan fax, Anda bisa membeli mesin fotocopy digita karena mesin ini sudah dilengkapi dengan fitur. Pastikan anda tidak salah dalam memilih mesin.

2. Spesifikasi Tipe Mesin Fotocopy

Selain sesuai dengan kebutuhan, anda juga harus memperhatikan kapasitas cetak, ukuran kertas, resolusi dan warna tinta ketika memilih tipe mesin fotocopy. Mesin fotocopy kini tersedia dalam 2 varian warna hitam dan putih. Sedangkan kapasitas cetak mesin cukup beragam , mulai dari 150 lembar, 250 lembar hingga lebih dari 250 lembar.

Dan ukuran kertas yang dapat dicopy mulai dari A4, F4 hingga A3. Anda harus memilih mesin fotocopy dengan resolusi yang cukup tinggi agar mendapatkan hasil copian yang lebih tajam.

3.  Ketersediaan Suku Cadang dan Tempat Service

Dalam memilih mesin fotocopy yang anda harus perhatikan selain sesuai kebutuhan dan spesifikasi adalah ketersediaan suku cadang dan tempat service terdekat. Itulah yang menyebabkan banyak para pengusaha dan kantoran memakai mesin fotocopy dengan merk yang sudah terkenal.

Ketersediaan suku cadang dan tempat service ini sangat berfungsi bila sewaktu waktu mesin anda rusak dan membutuhkan perbaikan mendadak. Mesin dengan merk terkenal biasanya memiliki  jaringan service center luas dan suku cadang yang mudah ditemukan.

4. Memilih Distributor yang Berkualitas

Di Indonesia umumnya penjualan mesin fotocopy melalui distributor, karena itulah untuk mendapatkan mesin fotocopy terbaik, anda perlu memilih distributor yang berkualitas dan memiliki rekam jejak baik. Ditributor yang berkualitas nantinya akan memberitahu anda mengenai kondisi mesin, apakah mesin tersebut benar benar dalam keadaan baru atau mesin dalam keadaan rekondisi atau mesin fotocopy bekas.

5. Ketersediaan Garansi

Setelah anda mendapatkan mesin fotocopy yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda, hal yang harus anda perhatikan selanjutnya adalah ketersediaan garansi. Mesin fotocopy terbaik yang dijual oleh distributor berkualitas pastinya akan menyediakan garansi pada mesin.

Garansi ini sangat penting dalam memastikan kondisi mesin fotocopy benar benar baik, dan bila terdapat kerusakan yang disebabkan karena kesalahan perakitan mesin anda bisa menggunakan garansi dalam melakukan perbaikan pada mesin anda.

Cara Kerja mesin Fotocopy Pada Umumnya

Cara kerja mesin fotocopy perlu kita ketahui, karena mesin ini begitu ajaib yang mampu menggandakan dan mencetak dokumen sangat cepat disetiap menitnya. Berikut ini adalah cara kerja mesin fotocopy pada umunya.

1. Langkah pertama letakkan dokumen yang berupa kertas pada permukaan kaca mesin dengan bagian yang ingin disalin menghadap kebawah.

2. Setelah itu cahaya reflektor akan menyinari permukaan kertas tersebut. Ini adalah proses yang biasa disebut sebagai proses scanning atau penangkapan gambar pada kertas

3. Secara otomatis toner akan bekerja dengan menumpahkan tinta ke bagian drum. Tinta yang ditumpahkan ini akan disesuaikan dengan hasil scan dari cahaya reflektor sebelumnya.

4. Drum yang telah dituangi tinta toner akan berputar secara otomatis dan mencetak hasil scan pada permukaan kertas hasil fotocopy yang telah disiapkan sebelumnya. Halis cetakan akan sesuai dengan dambar dan tulisan dari dokumen sebelumnya.

5. Selanjutnya ada proses pemisahan kertas hasil copyan dari drum. Proses ini berfungsi agar  kertas tidak ikut terbawa oleh putaran drum dan bisa berpindah ke proses selanjutnya.

6. Kertas hasil proes copyan selanjutnya akan dipress, itu bertujuan agar tinta pada toner daoat menempel erat pada kertas dan tidak luntur. Setelah itu kertas hasil fotocopyan akan dikeluarkan ke paper tray. Bila anda memegang kertas hasil copyan pasti kertas tersebut lebih panas, hal ini dikarenakan proses press pada kertas yang terjadi sebelumnya.

Bagian Bagian Pada Mesin Fotocopy

Mesin fotocopy yang biasa kita gunakan untuk menggandakan dan mencetak dokumen ini memiliki beberapa bagian penting didalalam mesinnya. Tentunya kita harus mengetahui apa saja bagian yang ada didalam mesin beserta fungsinya fotocopy tersebut. Berikut ini adalah bagian bagian dari mesin fotocopy.

1. Kertas Master

Kertas master adalah kertas atau dokumen yang akan di gandakan. Kertas yang diletakan pada permukaan kaca mesin dengan bagian yang ingin disalin menghadap kebawah agar terkena cahaya reflektor.

2. Drum Pemutar

Drum pemutar yang akan berputar secara otomatis ini berfungsi untuk mencetak masil scan pada permukaan kertas master atau dokumen ke permukaan kertas hasil fotocopy.

3. Serbuk Toner

Serbuk toner atau tinta ini berfungsi sebagai pemberi warna pada permukaan kertas hasil fotocopy. Warna atau pola yang akan ditampilkan oleh serbuk toner atau tinta pastinya sesuai dengan hasil scan pada permukaan kertas master yang telah disalin.

4. Cahaya reflektor

Cahaya reflektor adalah cahaya yang berfungsi untuk melakukan scanning pada permukaan kertas yang akan disalin demi mendapatkan gambar atau pola dari kertas yang akan di gandakan. Anda dapat melihat cahaya ini dari samping ketika mesin sedang melakukan proses copyan.

5. Kertas hasil fotocopy

Kertas hasil fotocopy merupakan hasil akhir dari proses menggandakan dan pencetakan dokumen. Isi dan kertas hasil fotocopy ini sangat sesuai dengan isi dari kertas master. Jika di pegang kertas hasil copyan ini terasa panas, karena telah melewati proses press pada kertas yang terjadi sebelumnya.

Keunggulan Mesin Fotocopy

 Berikut ini adalah keunggulan dari mesin fotocopy.

1. Biaya operasional terjangkau

Karena menggunakan toner biaya yang anda keluarkan tidak sebesar ketika anda menggunnakan printer.

2. Kecepatan menyalin relatif cepat

Mesin fotocopy mampu mencetak lebih cepat anda hanya perlu menunggu satu benit untuk 50 salinan.

3. Perangkat tahan lama

Mesin fotocopy di deasin agar bisa mencetak dokumen dalam kapasitas besar dan dalam jangka waktu yang lama.

4. Dapat dijadikan investasi jangka panjang

Fotocopyan hingga kini masih diminati oleh pebisnis pemula karena potensi investasi pada mesin pengganda ini menjadi alasan dan perangkat ini tergolong menjanjikan.