Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Penyebab Pompa Air Tidak Menyedot / Menghisap?

Bagaimana cara mengatasi dan apa penyebab pompa air tidak menyedot / menghisap hingga tidak mengeluarkan air? Ini masalah yang sering dialami pengguna pompa air.

penyebab pompa air tidak menghisap

Apa penyebab pompa air tidak menyedot / menghisap hingga tidak mengeluarkan air?

Masalah pompa air tidak mau menghisap ini umum dialami oleh pengguna merk apapun, baik merk Sanyo, Shimizu, Dab, Wasser, Grunfos atau merk lainnya. Untuk penggunaan sumur bor, sumur gali, menyedot air kolam atau lainnya.

Untuk memudahkan analisa masalah pompa air tidak menghisap ini saya akan membaginya dalam 2 katagori, yakni pompa lama dan pompa baru:

1. Pompa lama tidak mau menghisap

Maksudnya adalah anda menggunakan pompa tsb sudah cukup lama dan air keluar dengan lancar, tapi suatu hari tiba tiba pompa tidak mengeluarkan air, sepertinya pompa air tsb tidak menyedot.

Maka ini kemungkinan penyebabnya:
- Karet klep bocor
Setiap pompa air sumur dalam/ sumur dangkal di bagian input memiliki karet klep yang bisa membuka dan menutup secara otomatis. Pada saat pompa mati maka karet klep akan menutup secara otomatis untuk mencegah air turun kembali ke dalam sumur bor.

Nah, jika karet klep tsb bocor ataupun kotor akibat kerak yang menempel maka air di dalam pipa akan turun kembali ke dalam tanah.

Yang bisa anda lakukan agar air bisa naik kembali ke permukaan adalah dengan "memancing" pompa tsb dengan air lalu menutupnya dengan telapak tangan. Seringkali memancing ini perlu beberapa kali dilakukan sampai air bisa keluar lagi dengan normal seperti biasa.

Jika akhirnya pompa anda sering "dipancing" maka sebaiknya anda membongkar karet klep yang posisinya anda di bagian pipa input dan periksa apakah karet klep rusak atau hanya kotor? Jika rusak segera ganti dengan yang baru atau jika hanya kotor (akibat kerak) segera bersihkan dengan sikat.   

- Baling baling pompa (impeller) sudah aus
Jika anda sudah mencoba "memancing" pompa tsb berkali kali tapi air tidak kunjung keluar juga maka yang perlu anda periksa adalah baling baling bersirip atau yang disebut impeller yang posisinya ada di kepala (head) pompa.

Untuk diketahui, fungsi impeller adalah menarik sekaligus mengeluarkan air. Nah, jika impeller tsb sudah aus karena gesekan logam atau karena sumber airnya berpasir maka impeller tsb sudah tidak mampu lagi untuk menarik air ke permukaan.

Bukalah bagian depan pompa dan lihatlah apakah impellernya sudah aus ataukah tidak? Jika sudah aus maka anda harus menggantinya dengan yang baru. Usahakan untuk membeli spare part yang asli agar tahan lama.

Baca juga:
- Harga pompa air sanyo
- Penyebab pompa air panas
 
- Ada kebocoran pada pipa hisap
Jika anda sudah memeriksa impeller dan ternyata masih bagus / tidak aus, maka kemungkinan ketiga adalah ada kebocoran di jalur pipa hisapnya. Ingat, kebocoran sekecil apapun bisa membuat air gagal naik ke permukaan. Segera periksa pada bagian jalur pipa hisap.

- Terjadi penurunan level air bawah tanah
Batas hisap pompa air sumur dangkal adalah di 9 meter dan untuk pompa sumur dalam (jet pump) adalah di kedalaman 15 meter. Artinya jika ketinggian level air diatas batas maksimal maka pompa tsb tidak mampu menghisap air.

Penurunan level air bawah tanah bisa terjadi saat musim kemarau panjang atau di lingkungan sekitar tempat tinggal anda ada yang membuat sumur bor baru dan dihisap menggunakan pompa berkapasitas besar.

Jika ketinggian air kembali naik maka air akan bisa dihisap pompa. Tetapi jika air tidak keluar lagi dan berlangsung lama maka sebaiknya konsultasikan masalah anda ke tukang sumur bor terdekat di kota anda.

Baca juga:
- Penyebab pompa air mati
- Pompa air yang cocok untuk rumah 2 lantai

2. Pompa baru tidak mau menghisap

Untuk pengguna pompa baru jika memiliki masalah pompa air tidak mau menghisap / menyedot maka kemungkinannya ada 3:

- Pompa belum "dipancing"
Untuk menyedot air pertama kali harus memasukkan air ke dalam head pompa kemudian ditutup dengan telapak tangan hingga air menyembur dengan keras lalu segera pasang penutupnya.

- Ada kebocoran pada pipa hisap
Segera periksa jalur pipa hisap apakah ada kebocoran? Jika ragu sebaiknya bongkar lalu sambung ulang. Seringkali penyebab kebocoran adalah karena pemakaian lem yang kurang merata hingga tidak menutup sempurna atau karena pemakaian seltip yang kurang tebal.

- Jarak pipa hisap terlalu jauh
Jarak pipa hisap terlalu jauh dari sumber air. Ingat batas pipa hisap pompa air sumur dangkal adalah di 9 meter dan untuk pompa sumur dalam (jet pump) adalah di kedalaman 15 meter. Artinya jika jaraknya terlalu jauh maka anda harus mendekatkan pompa dengan sumber air.

Demikian informasi tentang apa penyebab pompa air tidak menyedot / menghisap tidak mengeluarkan air dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat...

Posting Komentar untuk "Apa Penyebab Pompa Air Tidak Menyedot / Menghisap?"