Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pompa Air Yang Cocok Untuk Rumah 2 Lantai Atau Lebih

Apa merk pompa air yang cocok untuk rumah 2, 3, 4 lantai atau lebih dan bagaimana tehnis pemasangannya agar air keluarannya tetap deras? Ini panduan pasang pompa air untuk rumah bertingkat.


Pompa air yang cocok untuk rumah 2 lantai atau lebih

Anda membaca ini mungkin karena sudah mencoba pompa kecil yang dayanya sekitar 125 watt tetapi keluarnya air kecil atau bahkan tidak keluar sama sekali sesampainya di lantai 2 rumah anda.

Ya, banyak orang karena pertimbangan hemat listrik akhirnya langsung membeli pompa air yang ukuran paling kecil tanpa memperhitungkan spesifikasi detail pompa tsb.

Untuk pompa air yang cocok untuk rumah 2 lantai anda sebaiknya mencari pompa air yang daya listriknya 200 watt. Soal merk anda bisa memakai merk Shimizu, Hitachi, Sanyo atau lainnya.

Sementara untuk rumah 3 lantai gunakan pompa air 200 - 300 watt, dan untuk rumah 4 lantai carilah yang diatas 400 watt. Tetapi jangan pula terlalu besar sebab anda juga harus mempertimbangkan pemakaian listriknya agar tidak membebani pembayaran PLN anda tiap bulannya.

Soal sumber air yang dihisap pompa bisa berasal dari air PAM, air sumur bor ataupun air tampungan dari tandon.

Perhatikan panjang pipa in - out
Sebelum membeli pompa biasakan mencari tahu spesifikasi pompa tsb terutama kemampuan (jarak) daya hisap dan kemampuan jarak dorongnya mampu berapa meter? Sesuaikan dengan rumah anda.

Jangan sampai sudah terlanjur membeli tetapi ternyata jarak pipanya terlalu panjang sehingga air yang keluar ke rumah tingkat bagian atas terlalu kecil. Jika ragu tidak ada salahnya sebelum belum membeli konsultasikan dulu dengan toko penjual pompa tsb.

Baca juga:
- Penyebab pompa air panas
- Harga pompa air shimizu
- Penyebab pompa air mati

Demikian panduan mencari pompa air yang cocok untuk rumah 2 lantai atau lebih, semoga bermanfaat...

3 komentar untuk "Pompa Air Yang Cocok Untuk Rumah 2 Lantai Atau Lebih"

  1. Saya lagi cari pompa air yg bisa mendorong air sampai ketingkat 3 pompa air apa itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk mendorong bisa sampai ke lantai 3 bisa carilah pompa air yang 200 - 300 watt, bisa merk grunfos, shimizu, sanyo, hitachi atau merk lainnya.

      Sementara kalau pompa air untuk mendorong ke rumah lantai 4 carilah pompa air yang 400 watt keatas, misalnya merk shimizu atau grunfos.

      Jika yang dicari adalah pompa sumur bor jenis submersible / pompa satelit yang langsung bisa naik ke lantai 2 maka gunakanlah merk ternama seperti grunfos agar tidak mudah rusak / lemah dan awet bertahun tahun.

      Demikian dan semoga membantu...

      Hapus
  2. saya kan pakai PDAM, kalau untuk pompa supaya narik air dari lantai 1 ke lantai 2 tetap butuh pompa 200 watt juga?

    BalasHapus

Silahkan bertanya atau berkomentar...