Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan dan Kekurangan Pompa Air Satelit yang Perlu Diketahui

Kelebihan dan Kekurangan Pompa Air Satelit


Kelebihan dan kekurang air satelit penting untuk diketahui supaya bisa mengantisipasi jika ada masalah dan bisa menggunakan pompa ini dengan maksimal.

Pompa Air Satelit juga sering dikenal dengan sebutan Pompa submersible. Pompa ini sama fungsinya dengan jenis pompa pada umumnya yaitu untuk memindahkan cairan dari titik satu ke titik lainnya. Jika Anda hendak menggunakan produk ini penting mengetahui kelebihan dan kekurangan pompa air satelit ini terlebih dulu.

Pompa air satelit banyak digunakan dengan alasan utamanya adalah karena dalam pengaplikasiannya keberadaan alat benar-benar tenggelam sampai berada di dalam cairan yang ingin Anda pompa. Hal ini memungkinkan cairan menjadi lebih mudah untuk dipindahkan. Dan harga pompa air ini juga dapat dibilang bersahabat.

Mengenal Lebih Dekat Pompa Air Satelit?

Pompa air satelit sering juga dikenal dengan sebutan pompa submersible. Pompa ini memang sengaja dirancang khusus yang dalam proses bekerjanya seluruh rakitan ikut bergerak dan berperan aktif. Rancangan dari pompa ini terdiri dari motor dan pompa yang direndamkan untuk memompa cairan untuk dipindahkan.

Mungkin Anda sedikit khawatir atau mencemaskan akan keawetan dari pompa ini. Mengingat jenis pompa air satelit merupakan jenis pompa yang langsung terkena air atau cairan yang sangat rentan akan karat dan kerusakan.

Namun Anda tidak perlu terlalu memusingkan akan hal tersebut. Pompa ini sudah dilengkapi dengan telungkup dan telah dilumuri oleh minyak sehingga air atau cairan tidak mudah masuk ke dalam pompa yang dapat menimbulkan korsleting.

Cara kerja pompa air satelit adalah dengan mendorong cairan sehingga menimbulkan tekanan ke atas atau mengalirkan cairan ke jalan lain melalui saluran pompa. Selain itu dalam proses bekerjanya tidak ada energi sehingga bisa mencegah dari overheating.

Kelebihan Pompa Air Satelit

Kelebihan dan kekurang air satelit penting untuk diketahui supaya bisa mengantisipasi jika ada masalah dan bisa menggunakan pompa ini dengan maksimal. Sebelum nanti Anda ketahui tentang kekurangannya. Mari pelajari dulu kelebihan pompa air satelit berikut ini:

Daya Listrik Lebih Rendah

Biasanya jenis pompa memiliki daya listrik yang cukup tinggi. Hal ini tidak berlaku pada pompa air satelit yang memiliki daya listrik yang rendah. Anda bisa sedikit berhemat untuk pengeluaran bulanan atau operasional karena bisa memangkas dengan pengeluaran biaya listrik yang rendah jika menggunakan pompa air satelit ini.

Debit Air Lebih Besar

Setiap melakukan pekerjaan apapun tentunya menginginkan cepat selesai. Pompa air satelit memiliki kelebihan debit air lebih besar sehingga proses pemindahan air atau cairan menjadi lebih cepat. Hal ini tentu akan menjadikan waktu Anda lebih efisien sehingga pekerjaan lain tidak terhambat dan bisa segera terselesaikan.

Pipa Hisap Menggunakan 1 Tangkai

Kelebihan lainnya yang terdapat pada pompa air satelit adalah pipa hisapnya menggunakan 1 tangkai. Dengan begitu tidak terlalu banyak memakan tempat dan lebih efektif dalam penggunaannya.

Tidak Berisik

Tidak sedikit jenis pompa air yang menimbulkan suara yang keras sehingga dapat mengganggu orang lain dan konsentrasi bekerja. Pada pompa air satelit suara yang dihasilkan tidak terlalu bising dan tetap aman saat digunakan tanpa khawatir tetangga atau lingkungan sekitar menjadi terganggu.

Kekurangan Pompa Air Satelit

Pompa air satelit memang memiliki banyak sekali kelebihan namun tidak menutup kemungkinan ada kekurangannya. Anda wajib tahu apa yang menjadi kekurangan pompa submersible tersebut agar dapat segera mengatasinya dengan cara lain. berikut ini adalah kekurangannya:

Tegangan Listrik Harus Di Atas 195 Volt

Kekurangan pertama yang dimiliki pompa air satelit adalah untuk tegangan listrik mengharuskan memiliki tegangan di atas 195 Volt. Itu artinya jika tegangan kurang dari 195 Volt listrik tidak akan kuat dan pompa air pun tidak bisa dijalankan.

Persedian Air Di Dalam Sumur Cukup

Air yang akan dipindahkan atau di pompa ke atas pastikan cukup dan tidak susut yang menjadikan pompa tidak lagi terendam air. Jika hal ini terjadi maka pompa akan kering dan bisa menyebabkan kerusakan. Untuk itu jika memang kondisi air sedang surut mungkin bisa berhenti dulu penggunaan pompa atau diletakkan lebih dalam lagi.

Tidak Terkandung Pasir Di Dalam Sumur

Pompa air satelit sangat sensitif sekali dan tidak bisa berjalan dengan baik jika ada pasir yang masuk ke dalam alat. Adanya pasir yang masuk bisa menyebabkan pompa cepat rusak dan proses pemompaan menjadi terganggu. Untuk itu pastikan sumur atau tempat yang ingin dipindahkan airnya tidak ada pasir didalamnya.

Tidak Boleh Sering Mati dan Hidup Kurang Dari 1 Menit

Pompa sebisa mungkin untuk tetap dalam kondisi hidup secara terus menerus. Jangan sampai Anda membiarkan pompa dalam kondisi mati hidup dalam kurang dari  1 menit. Hal tersebut bisa menyebabkan masalah pada pompa. Pompa akan menjadi cepat rusak dan tidak bisa digunakan kembali.

Tips Meningkatkan Daya Tahan Pompa

Pompa air satelit memang ada kekurangannya. Namun Anda bisa meningkatkan daya tahan pompa tersebut. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan menambah pengaman juga beberapa aksesoris pendukung yang bisa membantu dalam memaksimalkan kinerja pompa. Berikut tips meningkatkan daya tahan pompa:

Gunakan Kabel Power & Kabel Elektroda

Jangan lupa untuk menggunakan kabel power yang telah disesuaikan dengan daya tahan pompa untuk ukuran panjang kabel yang nantinya hendak dipakai. Anda juga harus memperhatikan type kabelnya yaitu sebaiknya yang bertipe NYYHY.

Cara yang paling aman adalah dengan menggunakan kabel khusus untuk pompa submersible. Jenis kabel tersebut contohnya adalah CRI Cable, Jainson Cable dan lainnya. Semua jenis kabel tersebut dapat Anda dapatkan di Sentra Mesin.

Tambahkan Panel Control

Supaya pompa lebih aman dari gangguan seperti arus pendek yang sering timbul dari motor pompa maka hendaknya tambahkan panel control. Fungsi lain dengan penambahan control panel ini bisa untuk kontrol level air, proteksi tegangan rendah dan proteksi kelebihan beban.

Menjaga keselamatan itu lebih penting. Jadi tidak ada salahnya menggunakan beberapa tambahan alat demi keamanan. Pompa secara tidak langsung juga akan lebih awet jadi bisa tidak perlu mengeluarkan biaya servis.

Tambahkan Aksesoris Elektroda

Level pada air dapat diketahui dengan adanya penambahan elektroda. Kenapa benda ini sangat penting dan perlu ada pada pompa air Anda? Supaya nanti bisa segera diketahui penampungan air dalam kondisi kosong atau terisi. Jadi misalnya benar-benar kosong bisa segera diisi ulang tapi jika sebaliknya maka tidak perlu menyalakan pompa.

Lakukan Pengecekan Secara Rutin

Pengecekan ini tidak hanya pada pompa yang digunakan. Ada hal yang lebih penting lagi yaitu tentang kondisi air apakah masih cukup banyak atau mengalami penyusutan. Jika air tidak memungkinkan lagi untuk diambil airnya maka jangan dulu gunakan pompa ini. Tunggu sampai air di dalam sumur penuh baru bisa kembali dioperasikan.

Demikian beberapa kelebihan dan kekurangan pompa air satelit. Jenis pompa ini memang memiliki beberapa kekurangan. Namun Anda tetap bisa memaksimalkan penggunaannya dengan menambah beberapa aksesoris tambahan yang mendukung kinerja pompa air satelit.

Posting Komentar untuk "Kelebihan dan Kekurangan Pompa Air Satelit yang Perlu Diketahui"