Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Cara Pasang Pompa Air Yang Benar Agar Hasil Maksimal

cara pasang pompa air

Pemasangan pompa air bisa dilakukan siapa saja tanpa perlu memanggil teknisi pompa air. Berikut ini panduan cara pasang pompa air yang benar agar hasil maksimal.

Panduan ini untuk pemasangan pompa air sumur dangkal dan sumur dalam jenis pompa 2 pipa untuk skala rumah tangga biasa.

Cara pasang pompa air Sanyo, Shimizu, DAB, Wasser dan sejenisnya

Berikut ini cara memasang pompa air untuk sumur dangkal dan sumur dalam. Tetapi sebelumnya pahami dulu pengertian:

- Kedalaman sumur bor
- Ketinggian permukaan air bawah tanah

Untuk sumur dangkal semua merk pompa air memiliki batas pipa hisap permukaan air hanya di 9 meter.

Studi kasus, pahami baik baik:
- Anda memiliki sumur bor dengan kedalaman 50 meter dan tinggi muka air tanah ada di kedalaman 5 meter, maka anda bisa menggunakan pompa sumur dangkal.

- Anda memiliki sumur bor dengan kedalaman 50 meter dan tinggi muka air tanah ada di kedalaman 9 meter, maka anda masih bisa menggunakan pompa sumur dangkal.

- Anda memiliki sumur bor dengan kedalaman 50 meter dan tinggi muka air tanah ada di kedalaman 12 meter, maka anda TIDAK BISA menggunakan pompa sumur dangkal karena tinggi muka air sudah lebih dari 9 meter.

Bagaimana jika menggunakan pompa sumur dangkal tetapi yang watt nya besar? Ya sama saja tetap tidak akan bisa menghisap sampai airnya keluar ke permukaan. Semoga sudah paham...

Oke lanjut...

Persiapan Sebelum Pemasangan Pompa Air

Sebelum memulai sebaiknya siapkan peralatan yang akan digunakan seperti pipa PVC beberapa batang ukuran 1" atau 3/4", elbo / knee, tusen klep, watermur, seltip, lem pipa merk Isarplas atau TruGlue kemasan kaleng (recomended) dan bahan lainnya yang kira kira akan diperlukan.

Cara Pasang Pompa Air Untuk Sumur Dangkal
Untuk sumur dangkal anda dapat menggunakan pompa air merk Sanyo, Shimizu, Hitachi, DAB dan sejenisnya. Soal harga pompa air tidak menjadi masalah prinsip.

1. Cara pasang diawali dengan pemasangan sock drat luar di bagian in-out pompa. Pastikan ketebalan seltip cukup agar tidak terjadi kegagalan dan menjadi penyebab pompa air tidak menghisap.

Lalu letakkan pompa sedekat mungkin dengan lubang pipa casing sumur bor.

2. Kemudian pasang tusen klep di ujung pipa. Fungsi tusen klep adalah untuk mencegah air turun kembali ke dalam sumur.

Masukkan pipa (yang sudah dipasang tusen klep) ke dalam pipa casing sumur bor dan sambung lagi dengan pipa lainnya 3 atau 4 batang. 1 batang pipa panjangnya 4 meter.

Saat penyambungan pipa pipa hisap ini sangat penting! Pastikan melumuri lem tidak terlalu sedikit agar tidak terjadi kebocoran sekecil apapun.

3. Setelah itu pasang watermur di bagian atas paralon yang akan menuju pompa

6. Lalu Anda dapat memasang vloksok drat luar yang berukuran 1x3/4 di lubang hisap pompa. Lapisi drat menggunakan siltif agar tidak bocor.

Memasang Pompa Air Sanyo Untuk Sumur Dalam

Apabila air yang terdapat pada sumur dangkal sudah habis, maka tidak ada cara lain yang dapat dilakukan selain menggali sumur agar menjadi lebih dalam. Ketika Anda sudah menggali sumur menjadi lebih dalam, pastinya Anda juga perlu memasang ulang pompa air Sanyo yang digunakan.

Untuk itu, berikut cara pasang pompa air jet pump atau dua pipa Sanyo untuk sumur dalam.

1. Langkah pertama, Anda perlu menyambungkan saringan dengan sambungan tusen klep. Anda tidak boleh lupa untuk mencegah kebocoran dengan menggunakan siltif.

2. Kemudian sambungkan SDL (sok drat luar) dengan tusen klep. Lalu sambungkan lagi pipa dengan SDL serta sambungkan SDL yang selanjutnya di mata jet di bagian bawah.

3. Setelah itu, sambungkan sok drat yang lain dengan mata jet. Sambungkan pompa air dengan SDL lalu sambungkan lagi pipa hisap dan dorong pada tempatnya.

4. Jangan lupa untuk memberi lem serta siltif untuk menyambungkan drat. Lalu sambungkan lagi pipa yang berukuran 1.25 inci di sok drat masing-masing.

5. Jika sudah tersambung, Anda dapat meniup pipa dan mengisikannya dengan sedikit air untuk mengetes kebocoran pipa tersebut.

6. Lalu Anda dapat memasukan pipa dalam sumur. Apabila permukaan air masih jauh, Anda dapat menyambung pipa lagi agar lebih panjang. Pada sambungan harus diberi lem agar kuat dan tidak bocor.

7. Lalu masukan lagi pipa hingga mata jet tenggelam hingga ke dalam sumber air.

8. Kemudian Anda dapat menyambungkan knee atau sambungan yang berbentuk bengkok, pada pipa hisap serta pipa dorong. Knee ini tidak boleh disambungkan dengan bagian pipa pada pompa air jet pump.

9. Terakhir sambungkan pipa yang keluar. Anda perlu memberi keran pada pipa keluar sebagai pengecekan awal pompa air.

10. Dengan cara pasang pompa air dua pipa atau jet pump di atas, maka pompa air tersebut akan kokoh dan tahan lama.

Jika sudah mengetahui cara pasang pompa air yang benar, baik dari sumur, dari tandon, dan juga dari PDAM, diharapkan Anda tidak bingung lagi setelah membeli  pompa air baru. Namun jika belum juga berhasil, silahkan bertanya melalui kolom komentar

Posting Komentar untuk "Panduan Cara Pasang Pompa Air Yang Benar Agar Hasil Maksimal"