Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ternyata ini Penyebab Pompa Air Sanyo Mati Total

Penyebab Pompa Air Sanyo Mati

Bagi Anda yang sudah pengalaman menggunakan mesin pompa air tentu sering mengalami masalah-masalah kecil yang membuat aliran air tidak lancar. Mulai dari mesin hidup tapi tidak mampu menghisap, air yang keluar kecil hingga kondisi mesin air yang mati total. Pengguna merek sanyo perlu tahu apa penyebab pompa air Sanyo mati total.

Kondisi pompa air yang mati total bisa dialami semua merek. Bukan hanya dalam kondisi bekas atau sudah lawas, bahkan mesin mati total pun sangat mungkin dialami oleh mesin yang baru dibeli. Anda harus tahu apa sebenarnya yang menjadi penyebab pompa air mati tersebut.

Penyebab Kenapa Pompa Air Sanyo Mati Total

Merek yang bagus seperti Sanyo sekalipun kalau Anda tidak teliti saat awal pembeliannya sangat mungkin terjadi kerusakan. Jangan lupa melakukan pengecekan sebelum membeli produk baru. Berikut ini beberapa penyebab mesin air mati total yang perlu Anda ketahui:

1. Kapasitor yang Rusak
Kerusakan pada bagian kapasitor mesin air dapat menjadi penyebab pompa air mati total meskipun dalam kondisi baru. Jika Anda baru membeli mesin air sanyo lalu setelah sampai di rumah tidak bisa digunakan alias mati total, cobalah periksa bagian kapasitornya. Sebagian orang menemukan hal ini sebagai penyebab kerusakan barang yang masih baru.

Bukan hanya pada sanyo, model kerusakan ini juga mungkin terjadi pada merk lain seperti shimizu atau yang lainnya. Pastikan barang yang Anda beli memiliki garansi untuk memastikan masalah ini aman. Garansi mesin pompa air sanyo sendiri cukup terjamin.

Bila Anda membawa mesin air ini ke tempat toko Anda membeli maka biasanya service yang akan dilakukan adalah mengganti kapasitor dengan perangkat yang baru. Jika kondisi tidak memungkinkan sangat mungkin Anda diberi ganti produk baru. Namun, pastikan jika saat membeli memang sudah dilakukan pengecekan kondisinya.

2. Dinamo Pompa Air Terbakar
Penyebab mesin air sanyo mati tiba-tiba juga bisa disebabkan kondisi dinamo pompa yang terbakar. Hal ini biasanya dapat disebabkan karena adanya masalah korsleting arus listrik. Sambungan listrik yang tidak baik atau masalah teknis lain seputar jaringan listrik mungkin saja menyebabkan hal ini bisa terjadi.

Bila kondisi yang terjadi dinamo terbakar, maka Anda bisa membawa mesin air ke tukang service mesin air. Tukang gulung dinamo akan dapat membantu Anda mengatasi masalah dinamo mesin air terbakar.

3. Kabel Power yang Terputus
Hal lain yang dapat menyebabkan kondisi mesin air sanyo mati total adalah kabel power dari pompa air tersebut yang putus. Bila kondisi ini terjadi, maka langkah yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengurutkan kembali kabel tersebut satu persatu lalu lakukan penyambungan dengan menggunakan bantuan isolasi.

Anda perlu tahu tentang sambungan kabel ini lebih dulu. Pastikan tidak salah sambung yang menyebabkan mesin tidak hidup.

4. Masalah Aliran Air yang Kecil
Selain mati total, masalah yang sering terjadi pada peralatan mesin air biasanya adalah mesin berbunyi tetapi air tidak terhisap dengan baik, atau jika terhisap alirannya sangat kecil. Mengapa aliran pompa mesin air kecil?

Kondisi aliran air yang kecil pada pompa air biasanya terjadi pada jenis mesin dengan bahan impelernya yang terbuat dari kuningan. Hal yang terjadi biasanya impeler ini mengalami aus yang bisa dilihat secara fisik. Ganti bagian yang mengalami kerusakan sebab komponen ini merupakan komponen yang sangat vital dari sebuah mesin air.

5. Mesin Pompa Hidup tetapi Air tidak Mengalir
Selain alirannya yang kecil, masalah yang juga sering terjadi pada pompa air adalah mesin bisa hidup tetapi air tidak bisa naik. Apa penyebab air tidak bisa naik pada mesin pompa air? Kondisi ini ternyata bisa terjadi karena ada masalah kebocoran pada bagian foot klep yang ada di bagian dasar pada pipa penghisap.

Kebocoran tersebut biasanya dapat disebabkan karena kondisi yang sudah aus atau tersumbat pasir di bagian bawahnya.

Solusi yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuka tutup pemancing pada bagian blog pompa. Jika Anda menyaksikan kondisinya kosong, sudah dipastikan ada masalah di bagian bawahnya bisa karena sumbatan atau sudah aus. Jika kondisi ini terjadi, maka hal yang bisa Anda lakukan adalah mengisi air hingga penuh lalu hidupkan kembali mesin air.

Biasanya hal air akan bisa mengalir kembali. Apabila kondisi ini terus terjadi berulang, artinya ada bagian yang harus diganti di bagian bawah. Kemungkinan usia dari mesin Anda sudah cukup lawas.

Tips Merawat Mesin Pompa Air Agar Awet dan tidak Cepat Rusak

Perawatan akan membantu usia pakai suatu alat bisa lebih baik. Demikian juga pompa air, sebagus apapun merk dan harga pompa air yang Anda beli jika tidak dirawat dengan baik maka alat tersebut sangat mungkin bisa cepat rusak. Bagaimana cara merawat mesin pompa air agar pemakaiannya bisa lebih tahan lama?

●  Letakkan di posisi yang aman, tidak terkena hujan, aman dari jangkauan anak-anak atau orang yang tak diinginkan. Tutup beberapa bagian alat agar tidak terkena air.

●  Hidupkan mesin air dengan waktu yang lebih teratur dan tidak terlalu lama. Atur jadwal pemakaian agar tidak panas.

●  Pastikan arus listrik dalam kondisi yang baik sehingga tidak menyebabkan kerusakan pada bagian komponennya.

●  Jika Anda membeli mesin dalam kondisi bekas, maka pastikan Anda memiliki keterampilan dan pengetahuan seputar kerusakan yang mungkin terjadi. Di antaranya masalah-masalah yang disebutkan di atas.

●  Usia peralatan Anda sebanding dengan waktu penggunaannya, tetapi kondisi yang dibiarkan terlalu lama alias tidak dipakai juga mempengaruhi kondisi mesin yang mungkin dalam kondisi lebih rentan rusak.

●  Memilih merek terbaik dengan jaminan garansi akan memberikan jaminan penjagaan alat yang lebih aman. Anda memilih produk terbaik dengan cover garansi yang menguntungkan.

●  Sesuaikan jenis mesin yang Anda miliki dengan kebutuhan penyedotan air di lapangan. Skalanya untuk apa dan kedalaman airnya berapa meter, ini akan menentukan jenis mesin yang Anda pilih.

Merek mesin air apa yang Anda pilih? Sanyo dan shimizu masuk dalam daftar merek mesin pompa air terbaik yang bisa Anda pilih. Produk buatan Jepang tersebut masing-masing menawarkan keunggulannya.

Sanyo dikenal dengan brand dan kualitasnya, sementara shimizu hadir lebih menawarkan alternatif sebagai produk terjangkau dengan pilihan model yang beragam.

Namun, apapun merek mesin pompa air Anda, hal paling penting adalah upaya perawatan yang perlu dilakukan. Mesin yang baru pun akan sangat mungkin cepat rusak jika Anda menggunakannya sembarangan.


Anda sudah mengetahui apa sebenarnya penyebab pompa air sanyo mati total seperti yang disebutkan di atas. Apabila masalahnya bukan seperti yang disebutkan di atas, maka Anda perlu memanggil teknisi atau membawa ke toko tempat membeli mesin tersebut apabila masih dalam masa garansi. Selamat mencoba.

Posting Komentar untuk "Ternyata ini Penyebab Pompa Air Sanyo Mati Total"