Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pompa Air Shimizu Yang Bagus untuk Sumur Dangkal dan Dalam

pompa air shimizu yang bagus

Pompa Air Shimizu menjadi salah satu pilihan pompa terbaik untuk kebutuhan rumah tangga terutama untuk Anda yang memiliki sumur. Hal ini disebabkan karena pompa air dari Shimizu memiliki pilihan yang bervariasi. Type manakah pompa air Shimizu yang bagus untuk sumur bor dangkal dan sumur bor dalam?

Kiat Memilih Pompa Air Shimizu untuk Sumur

Ada banyak jenis pompa air Shimizu yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun, Anda tetap perlu melakukan pertimbangan seperti berikut ini agar Anda tepat memilih pompa.

1. Kedalaman
Cari tahu berapa kedalaman dari sumur Anda terlebih dahulu. Ini karena berbeda kedalaman maka akan berbeda pula mesin pompa yang digunakan. Jika salah, akan menyebabkan daya hisap dan dorong menjadi tidak maksimal.

2. Jenis dan Kapasitasnya
Sesuaikan jenis pompa dengan kapasitasnya. Ada beberapa jenis pompa air yang bisa Anda pilih seperti berikut:

- Pompa air sumur dangkal untuk jenis sumur dangkal dengan kedalaman maksimal 9 meter.

- Pompa air sumur dalam dengan mesin semi jet pump dan jet pump. Pompa semi jet digunakan di sumur dengan kedalaman maksimal 11 meter dan tinggi hingga 9 meter. Sedangkan pompa mesin jet untuk sumur berkedalaman maksimal 20 meter.

- Pompa Submersible untuk dipasang di sumur dengan kedalaman air diatas 11 meter.

- Pompa air booster yang digunakan untuk mendukung daya dorong dan dipasangkan di sumber air. Dengan begitu, air bisa terdorong hingga ke tandon.

- Pompa diesel yang menggunakan bahan bakar solar atau bensin. Biasanya digunakan untuk pertanian dan perkebunan karena daya sedot air yang besar.

3. Spesifikasi Pompa
Pertimbangkan mengenai spesifikasi pompa. Mulai dari daya sedot, voltase hingga daya dorongnya.

4. Suara
Pertimbangkan mengenai suara pompa. Apakah suaranya cukup mengganggu atau tidak. JIka Anda tidak suka dengan suaranya karena mengganggu, pilih pompa dengan suara halus.

5. Ukuran
Ada pompa dengan ukuran kecil dan ada yang besar. Sesuaikan ukuran pompa dengan lokasi penempatannya agar tidak mengganggu.

6. Debit Air
Cek berapa debit air yang bisa diperoleh. Namun, jika pompa air sesuai dengan kedalaman sumur, maka kebutuhan debit air yang Anda peroleh akan terpenuhi.

7. Garansi
Cek apakah ada garansi untuk pompa tersebut atau tidak. Dengan begitu, Anda akan merasa aman terutama jika ada kerusakan pompa.

Membaca Spesifikasi
Sebelum membeli pompa air, Anda harus cek spesifikasi pompa air agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya seperti berikut ini:

1.  Max Capacity: 50L/m. Artinya adalah kinerja pompa tersebut bisa mengalirkan 50 liter per menit.

2.  Suction lift: 11 m. Artinya, pompa sanggup untuk menyedot air hingga kedalaman 11 meter.

3.  Discharge head: 26 m. Berarti pompa bisa mengalirkan air hingga ketinggian 26 meter.

4.  Total head = discharge head + suction lift.

5.  Pipe size =1” artinya pipa yang dipergunakan untuk inlet dan outlet adalah 1 inchi.

6.  Output: 100W, artinya, listrik yang dipergunakan ketika pompa air dalam kondisi normal adalah 100 watt.

7.  V/ HZ /PH : 220/50/1, artinya untuk menggunakan pompa air, butuh listrik 200 volt dan frekuensi 50Hz.

8.  RPM: 2850, artinya pompa berputar sebanyak 2850 kali/menit.

Hal yang perlu Anda perhatikan adalah sebagai berikut:

1.  Pipa inlet pompa sebaiknya memiliki diameter yang besarnya sama dengan spesifikasi pompa.
2.  Umumnya, spesifikasi volume air dalam pompa adalah spesifikasi ketika hujan. Jadi, saat kemarau, volume air biasanya hanya mencapai setengahnya.

Karena hal tersebut, ada baiknya jika Anda bertanya lebih lanjut saat membeli pompa air. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan rekomendasi produk dan harga pompa air mana yang tepat sesuai kebutuhan Anda.

Rekomendasi Pompa Air Shimizu untuk Sumur

Ada banyak produk Shimizu yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda misalnya berdasarkan kedalaman sumur. Jika bingung memilih, berikut ini terdapat rekomendasi pompa air Shimizu untuk sumur Anda.

Pompa Shimizu Untuk Sumur Dangkal

Pompa untuk sumur dangkal tidak perlu tenaga besar dan untuk sumur dengan kedalaman kurang dari 9 meter. Pompa yang digunakan biasanya memiliki daya listrik 100-250 watt. Beberapa diantaranya adalah:

- Shimizu PS 128 BIT dengan daya listrik 125 watt. Pompa ini memiliki daya dorong 33 meter dan daya hisap maksimal 9 meter sehingga bisa menghasilkan 30 liter per menit.

- Shimizu PS 130 BIT dengan daya listrik 125 watt. Pompa ini memiliki daya hisap maksimal 9 meter yang bisa menghisap 35 liter per menit. Untuk daya dorong, pompa dengan switch otomatis ini memiliki daya dorong maksimal 40 meter.

- Shimizu PS 135 BIT dengan daya 125 watt. Pompa air sumur dangkal ini mempunyai daya hisap maksimal 9 meter dengan volume 28 liter per menit. Dengan pipa 1”, ¾” dan ½” membuat pipa switch otomatis ini memiliki daya dorong maksimal 24 meter.

Pompa Shomizu Semi Jet Pump

Sumur dalam memiliki kedalaman 9-20 meter. Untuk sumur dalam, Anda butuh pompa dengan daya besar. Ada 2 jenis pompa air sumur dalam yang biasanya digunakan yaitu:

Semi jet pump untuk sumur kedalaman maksimal 11 meter, seperti berikut:

1. Shimizu JET 108 dengan daya listrik 150 watt, daya hisap 11 meter yang mampu menghisap 50 liter per menit dan daya dorong max 30 meter.

2. Shimizu JET 100 dengan daya listrik 100 watt, daya hisap 11 meter yang mampu menghisap 50 liter per menit dan daya dorong max 29 meter.

3. Shimizu JET 300 BIT memiliki daya listrik 300 watt per jam. Daya hisap 11 meter dan dorong maksimal 50 meter. Dengan kemampuan tersebut, pompa ini menghisap air 50 liter/menit.

Pompa Shimizu Untuk Sumur Dalam (Jet Pump)

Jet pump untuk sumur berkedalaman maksimal 20 meter, seperti:

1. Shimizu PC-260 BIT dengan daya listrik 250 watt, daya hisap maksimal 30 meter yang mampu menghisap 30 liter per menit dan daya dorong max 42 meter. Pompa ini juga memiliki air di tank dan kepala pompa kurang lebih 19 liter.

2. Shimizu PC 268 BIT memiliki daya hisap 30 meter dan dorong maksimal 42 meter. Pompa dengan daya 250 watt ini bisa menghisap 31 liter air per menit. Untuk memaksimalkan penggunaan, pompa dengan switch otomatis ini dengan tabung penampungan air.

Pompa Shimizu Submersible

Jenis pompa ini mengadaptasi sistem kerja sentrifugal. Biasanya, pompa submersible digunakan akuarium ataupun mengatasi banjir di sekitar rumah. Namun, Anda tetap bisa menggunakan pompa ini untuk sumur terutama sumur dalam atau sumur dengan mata air yang jauh dari jangkauan.

Beberapa jenis pompa submersible yang bisa Anda gunakan untuk sumur yaitu:

- Shimizu SPG20 311 BIT memiliki daya listrik per jam sebesar 370 watt. Pompa dengan pipa 1” ini memiliki daya dorong maksimal 50 meter. Dengan kemampuan tersebut, pompa dari Shimizu ini bisa menghisap sebesar 16 liter per menit.

- Shimizu SPG20 327 dengan daya 720 watt per jam. Pompa ini mampu menghisap 30 liter air per menit dan memiliki daya dorong maksimal 50 meter.

Itulah pompa air Shimizu yang bagus untuk sumur dangkal dan sumur dalam. Jangan lupa tetap sesuaikan dengan budget Anda ya agar tepat sesuai kebutuhan dan biaya tidak membengkak.

Posting Komentar untuk "Pompa Air Shimizu Yang Bagus untuk Sumur Dangkal dan Dalam"