Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pilihan Genset Mini yang Cocok untuk Jualan di Luar Rumah

genset mini yang cocok untuk jualan

Di pasaran, Anda akan menemukan banyak merek genset mini yang cocok untuk jualan di tempat ataupun pedagang keliling. Tetapi, mungkin tidak semuanya cocok dengan kebutuhan Anda, karena setiap genset punya spesifikasi masing-masing. Walaupun, sebenarnya untuk jenis genset mini, perbedaan antara merek satu dan yang lainnya tidak terlalu signifikan.

Harga genset mini jelas berbeda dengan genset umum yang ukurannya lebih besar dan berat. Kegunaannya pun hanya untuk darurat atau jangka waktu yang sebentar, salah satunya untuk jualan. Jadi ketika berjualan di luar rumah dan membutuhkan daya listrik, Anda tidak perlu menarik kabel stop kontak panjang dari sumber listrik terdekat.

Apakah Kebutuhan Genset Mini untuk Jualan Mendesak?

Sebelum membahas beberapa merek genset mini yang cocok untuk jualan, Anda perlu memahami dulu fungsi dan perbedaannya. Memang, tidak semua penjual sangat membutuhkan listrik saat berjualan. Akan tetapi, pasti ada keuntungan-keuntungan yang bisa didapat apabila Anda bisa membawa ‘daya listrik’ secara portable.

Ya, genset mini atau juga sering disebut portable sangat praktis dan mudah dibawa ke manapun. Ukurannya ringkas, dan meski kapasitas dayanya tidak besar tetapi tetap bisa digunakan untuk mengaliri listrik secara stabil. Selain digunakan oleh penjual, biasanya kalau genset mini 1000 watt dipakai untuk berkemah atau kegiatan lapangan lainnya.

Rekomendasi Genset Mini yang Cocok untuk Jualan

Rata-rata genset atau generator berukuran kecil biasanya memiliki keluaran daya listrik sebesar di bawah 1.000 watt dan beratnya kurang dari 20 kg. Dengan kapasitas bahan bakar mencapai empat liter, genset bisa digunakan non stop selama sekitar enam jam. Berikut ini adalah rekomendasi genset mini yang cocok untuk jualan.

1. Honda EU20i

Rentang Harga: Rp12,4 juta – 17,7 juta

Genset Honda EU20i adalah generator kecil dengan tingkat kebisingan yang rendah. Produk ini juga diklaim cukup irit bahan bakar sehingga bisa menekan anggaran untuk membeli bahan bakar. Ukuran tangki genset mini ini mulai dari 4 liter bahan bakar dan 0,4 liter untuk oli, tetapi ada yang lebih dari itu.

Honda menyematkan silinder mesin berkapasitas 98 cc dengan output daya maksimal antara 1.800 sampai 2.000 watt. Teknologi eco mode membuatnya bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan rumah tangga dengan tenaga penuh sampai dengan 4 jam. Namun untuk penggunaan normal biasanya baru akan habis dalam waktu 7-8 jam.

2. Yamamax Pro 1200

Rentang Harga: Rp875 ribu – Rp1,1 juta

Yamamax seri Pro 1200 mungkin bukan merk genset yang tidak berisik, tetapi ada beberapa kelebihan yang dibawanya. Dibanding dengan Honda, harga untuk merek ini jauh lebih terjangkau, paling mahal hanya Rp1 jutaan saja. Harga tersebut tentu cukup terjangkau untuk kebutuhan UKM atau pedagang kecil.

Spesifikasinya memang tak seberapa gahar jika digunakan untuk terlalu banyak kebutuhan. Dengan kapasitas tangki sebesar 5 liter, daya yang dikeluarkan sekitar 750 watt dengan voltase AC (220v) dan DC (12v) selama 6 jam. Jenis mesin yang digunakan adalah 2 tak dan cara menyalakannya masih dengan sistem tarik.

3. Aldo

Rentang Harga: Rp1,1 jutaan

Aldo adalah genset terbaik untuk rumahan dan outdoor karena sangat praktis, ringan dan mudah dibawa ke manapun. Sama seperti produk keluaran Yamamax, daya maksimalnya adalah 750 watt. Namun untuk penggunaan normal, rata-rata listrik yang bisa dikeluarkan hanya 650 watt.

Bahan bakarnya adalah bensin campur karena mesinnya masih 2 tak. Untuk para pedagang, genset ini sangat cocok karena bobotnya yang tidak terlalu membebani saat dibawa. Walaupun harganya terbilang murah, namun Anda tidak perlu khawatir masalah kualitas dan segi ekonomisnya.

4. Power One PO 1300

Rentang Harga: Rp950 ribu – Rp1,2 juta

Mau genset mini yang cocok untuk jualan dengan harga di bawah Rp1 jutaan? Power One seri PO1300 adalah salah satu opsi terbaik di kelasnya. Di beberapa toko, harganya hanya berkisar Rp950 ribuan. Tidak menutup kemungkinan bisa di atas Rp1 jutaan tergantung harga jual di area tempat Anda tinggal.

Harus diakui bahwa produk ini adalah salah satu genset paling laris manis di pasaran terutama bagi para pedagang. Warung-warung pinggir jalan hingga pedagang kaki lima akan sangat cocok dengan genset mini Power One PO 1300. Dengan harga lebih murah, Anda bisa mendapatkan output daya maksimal hingga 850 watt.

5. Ecogen TG1500

Rentang Harga: Rp875 ribuan

Dibanding dengan genset bermesin 2 tak lainnya, bisa dibilang Ecogen TG1500 ini adalah yang paling bertenaga. Harganya hanya Rp875 ribu dengan berbagai spesifikasi yang sudah disesuaikan untuk kebutuhan outdoor. Daya listrik maksimal yang bisa dikeluarkan mencapai 750 watt dengan voltase 220v dan 230v.

Dimensinya tak lebih dari 40 cm untuk masing-masing sisinya dan bobotnya hanya 18,5 kg. Anda hanya tinggal menyediakan bahan bakar bensin dan oli untuk menyalakan mesin 2 taknya, kurang dari 5 liter.

6. Daimaru DM 1200 New

Rentang Harga: Rp900 ribu – Rp1,3 juta

Daimaru DM 1200 New adalah seri terbaru yang menawarkan kualitas lebih baik dari seri lamanya. Meski harganya murah, tetapi daya tahannya patut diakui jempol, apalagi untuk kebutuhan ringan seperti lampu atau peralatan kecil lainnya. Ini adalah genset mini yang cocok untuk jualan di luar rumah pada siang dan malam hari.

Output daya maksimalnya berada di kisaran 800 watt dengan kapasitas tangki 4,5 liter. Sekali isi penuh, maka Anda bisa melayani pelanggan hingga 7 jam dengan penggunaan normal. Sayangnya karena sistem starternya masih manual, suaranya mungkin agak sedikit mengganggu.

7. Oseru Portable EM-1300CV

Rentang Harga: Rp1,2 juta – Rp1,6 juta

Jika sebelumnya Anda pernah punya pengalaman beli genset, pasti tahu bahwa beberapa merek sangat cepat panas. Jangan khawatir, Oseru kini hadir membawa solusi dengan produk genset portable seri EM-1300CV ini. Selain hemat bahan bakar, tangguh, kelebihan lainnya adalah genset ini tidak cepat panas.

Hal itu dikarenakan mesinnya menggunakan lilitan berjenis coil full tembaga, yang menjadi ciri khas produk-produk Oseru. Pemakaian biasa bisa membuatnya bertahan hingga 7 jam dengan mengisi tangki bensin sebanyak 4,2 liter. Berhubung mereknya sudah terdaftar di Indonesia, jadi ketersediaan sparepart-nya pun terjamin.

Mana Merek Terbaik?

Dari perbandingan tujuh merek di atas, bisa dilihat bahwa harga genset 1000 watt ke atas ternyata cukup mahal. Merek Honda misalnya, EU20i dijual dengan harga lebih dari Rp10 jutaan untuk beberapa varian. Merek-merek lainnya dibanderol dengan harga yang jauh lebih murah, tetapi secara kualitas sebenarnya tidak buruk.

Masing-masing produk tentu punya kelebihan, tetapi yang jelas semuanya cocok untuk para pedagang. Beberapa bidang usaha yang wajib menggunakan mesin genset mini antara lain rumah makan tetap, warung tenda, penjual pinggir jalan, dan lain-lain. Perkantoran hingga event organizer pun sebenarnya membutuhkan alat penting yang satu ini.

Itu tadi beberapa rekomendasi teratas merek genset mini yang cocok untuk jualan. Sekarang hanya tinggal pertimbangkan kebutuhan daya listrik, harga bahan bakar dan anggaran Anda.

Posting Komentar untuk "Pilihan Genset Mini yang Cocok untuk Jualan di Luar Rumah"