Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Penanak Nasi / Magic Jar Tidak Mau Panas dan Solusinya

Penyebab Magic Jar Tidak Panas

Penanak nasi / magic jar telah dipercaya memiliki banyak fungsi selain memasak nasi, namun bila terdapat kerusakan pastinya alat ini tidak dapat digunakan dengan sebaik mungkin dan pastinya tidak akan menghasilkan hasil yang baik. Berikut ini adalah penyebab penanak nasi / magic jar tidak mau panas dan solusinya.

Penyebab Penanak Nasi / Magic Jar Tidak Mau Panas dan Solusinya

1. Bila anda merasa penanak nasi tidak panas, anda dapat lansung memeriksa kabel yang menyambung langgsung ke stop kontak atau sumber tegganan listrik. 

Anda dapat melakukannya dengan menggunakan multi tester (ohm), apabila pada ujung kabel tersambung maka nabel normal jika tidak silahkan ganti dengan yang baru.  

2. Selanjutnya anda dapat memeriksa thermal fuse dengan menggunakan multi tester (ohm). Apabila pada jarum bergerak normal seperti pada umumnya berarti tidak terdapat masalah dalam komponen ini. 

Dan jika terdapat masalah maka thermal fuse rusak dan harus di ganti dengan yang komponen yang baru

3. Dan bila penanak nasi anda masih belum panas anda perlu membuka body penanak nasi tersebut, karena bisa saja memungkinkan bagian otomatis yang menenpel pada badan penanak nasi tidak menempel, maka usahakan agar menempel kembali pada body penanak nasi anda. 

4. Dan bila masih belum panas pada penanak nasi anda, maka anda harus memeriksa elemen yang menempel pada badan penanak nasi anda. Karena dapat memungkinkan terdapat kabel yang putus dan menggara pada elemen.

Dan setelah itu anda perlu memeriksa elemen dengan menggunakan multi tester (ohm), anda perlu periksa pada ujung masing masing elemen jika tersambung maka elemen masih bagus dan baik namun jika tidak tersambung silahkan anda ganti penanak nasi anda dengan yang baru. 

5. Dan kerusakan penanak nasi yang tidak mau panas ini dapat juga disebabkan karena diantaranya yang meliputi elemen pemanas udah rusak. 

Bisa terhitung sebab saklar udah rusak, dan disebabkan karena tempat tatakan panci penanak yan tidak normal sehingga saat panci di letakkan pada tatakan namun saklar tidak ter pencet atau saklar tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Kerusakan Lainya yang Umum Terjadi Pada Penyebab Penanak Nasi / Magic Jar

1. Nasi Menjadi Cepat Kering Atau Mudah Gosong Saat Dimasak
Pasti sanggat kesal rasanya bila nasi yang telah kita masak menggunakan penanak nasi ini menjadi cepat kering padahal anda belum lama memasaknya. 

Atau pada saat dimasak, nasi anda lebih cepat gosong padahal takaran air yang anda gunakan sudah sesuai. Perlu anda ketahui bahwa penanak nasi anda berarti ada yang tidak normal. 

Biasanya hal ini dapat terjadi karena thermostate (alat pengatur suhu) tidak bekerja secara normal, sebaiknya segera diganti. Namun juga bisa di sebabkan karena tutup penanak nasi yang bocor. 

2. Nasi Cepat Basi, Berwarna Kuning / Bau dan Sejenisnya
Masalah pada penanak nasi yan sering terjadi ini biasanya terjadi karena elemet pada tutup tidak bekerja secara normal, bisa saja putus atau mati. 

Dan anda bisa memperbaikinya dengan coba mengganti elemen yang terdapat pada tutup penanak nasi. Dan anda juga bisa memberikan perasan air dari jeruk nipis pada saat anda memasak nasi. 

3. Penanak Nasi / Magic Jar  Tidak Bisa Njeglek Otomatis.
Setelah itu terdapat pula kerusakan pada penanak nasi yang tidak bisa atau njeglek otomatis, pada saat nasi sudah masak maka perihal berikut ini dapat disebabkan oleh thermostat (alat pengatur suhu) telah rusak, dan sanggup terhitung sebab saklar rusak.

4. Memperbaiki Penanak Nasi / Magic Jar  Mati Total.
Selanjutnya ada kerusakan pada penanak nasi yang mati total, kerusakan ini merupakan kerusakan yang paling parah namun terkadang pada kerusakan ini yangg paling ringan untuk memperbaikinya, dan masalah ini biasanya berjalan sebab kabel steker tersedia yang putus.

5. Penanak Nasi / Magic Jar Terasa Teraliri Listrik (nyetrum)
Penanak nasi terasa teraliri listrik atau tersetrum, ketika di pegang bodynya atau pada bagian teflonya terasa nyetrum saat kepegang. Masalah ini dapat disebabkan seperti berikut ini.

- Tempat pembuangan uap air yan terletak pada bagian samping penanak, yang tidak begitu diperhatikan. 

Buanglah air yang tertampung pada tempat pembuangan sebelum penuh, dan jika hal ini anda biarkan dan sampai air penuh lalu luber,air akan merembes menuju bagian dalam pada penanak nasi.  

- Penyebab kedua yaitu pada saluran pembuangan air yang tersumbat sisa nasi atau kotoran yang menyebabkan air tidak bisa turun atau masuk pada tempat pembuangan air yang semestinya. 

Perlu di ketahui bahwa air yang tersumbat akan merembes atau meluber ke body dalam penanak nasi tersebut dan tentunya akan mengenai element penanak.

Dan untuk memperbaiki permasalahan ini anda dapat melakukan pembersihhan secara rutin pada saluran pembuangan air, lalu buanglah selalu air yang tertampung pada tempat pembuangan air setiap kali akan memasak,pastikan setiap kali akan memasukkan teflon ke dalam magicom, bagian luar dari teflon selalu di lap agar bersih dari air.

6. Lampu Indikator Pada Penanak Nasi / Magic Jar Tidak Menyala
Lampu indikator pada penanak dan juga penghangat pada megic jar ini tidak menyala namun penanak dan penghangat masih berfungsi. 

Masalah ini dapat disebabkan karena lampu putus atau resistor putus, namun bisa juga jalur pcb pada lampu indikator ada yang putus atau berkarat yang disebabkan karena terkena rembesan air. 

Anda dapat mengganti dengan yang baru apabila lampunya yang putus. Sambung kembali dengan kabel apabila ada jalur pcb yang putus.

Tips Menghindari Kerusakan Pada Penanak Nasi / Magic Jar

1. Keringkan Penanak Nasi / Magic Jar Sebelum Digunakan
Hal pertama yang perlu dilakukan adala meneringkan penanak nasi anda sebelum digunakan. Setelah anda mencuci panci, maka perlu dikerinkan secara maksimal terutama pada bagian luar panci. 

Hal yang sering diabaikan ini dapat berdampak serius karena dapat menyebablan kerusakan pada dinding pemanas pada penanak nasi. Jadi diamkan terlebih dahulu setelah mencuci panci agar tak terlalu susah mengeringkannya.

2. Cuci Beras Menggunakan Tempat Khusus
Selanjutnya adalah mencuci beras dengan menggunakan tempat khusus karena anda sangat tidak disarankan untuk menggunakan panci penanak nasi. Meski memiliki lapisan yang kuat, namun jika terus menerus dilakukan pencucian beras pastinya akan merusak lapisan di area dalam penanak nasi. 

3. Gunakan Spatula Khusus rice cooker
Setelah itu anda dapat menggunakan spatula khusus yan terdapat pada penanak nasi. Hal ini dilakukan karena aggar tidak menyebabkan cacat pada area panci. Jika anda ingin menggunakan spatula lain, maka anda dapat menggunakan dari bahan kayu yang lebih lembut pada area panci.

4. Masak Dengan Takaran yang Tepat
Pastinya anda terbiasa dengan memasak nasi pada takaran yang tidak tepat. Sebaiknya anda menghilangkan kebiasaan buruk anda dengan memasak pada takaran yang tepat agar penanak nasi anda dapat berfungsi optimal ketika proses memasak dilakukan.

5. Menghangatkan Nasi Tidak Lebih Dari 12 Jam
Perlu anda ketahui bahwa menghangatkan nasi lebih dari 12 jam dapat membuat nasi menjadi kuning, dan menghangatkan nasi dalam kondisi penanak yang terhubung dengan listrik selama 12 jam berpotensi merusak penanak nasi. Kerak nasi akan semakin sulit dibersihkan. 

6. Boleh Masak Bahan Lain Namun Tidak Dalam Jangka Lama
Penanak nasi dapat digunakan sebagai alat masak bahan lainnya, contohnya seperti tumis maupun memasak telur. Namun sebenarnya memasak bahan lain ini tidak baik dilakukan dalam jangka lama. Karena proses menggoreng bisa merusak lapisan logam pada rice cooker.

7. Hindari Menghangatkan Nasi yang Sudah Dingin
Dan yang palingg terakhir dapat anda hindari menghangatkan nasi yang sudah dingin, karena tentunya telah memiliki cita rasa yang kurang enak. Menghangatkan nasi membuat rice cooker tidak berfungsi dengan baik jika digunakan terus menerus sehingga mengakibatkan kerusakan permanen. 

Demikian penyebab penanak nasi / megic jar tidak mau panas dan solusinya. Semoga dapat membantu anda dalam menyelesaikan masalah yang terjadi pada penanak nasi / megic jar anda.

Posting Komentar untuk "Penyebab Penanak Nasi / Magic Jar Tidak Mau Panas dan Solusinya"