Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Merawat Magic Com dan Rice Cooker Agar Tidak Mudah Rusak

Tips Merawat Magic Com dan Rice Cooker
Pastinya anda membeli magic com dan rice cooker dengan kualitas terbaik, dan tentu anda perlu merawat kedua alat ini dengan cara yang tepat agar tidak mudah rusak. Berikut ini adalah tips merawat magic com dan rice cooker agar tidak mudah rusak.

Tips Merawat Magic Com dan Rice Cooker Agar Tidak Mudah Rusak

1. Hindari Mencuci Beras Menggunakan Panci Magic Com
Anda perlu menindari pencucian beras dengan menggunakan panci maic com, karena al ini merupakan kesalahan terbesar yang banyak dilakukan oleh para pengguna. 

Sebaiknya anda perlu menghentikan kebiasaan buruk anda tersebut, karena hal ini dapat mengikis lapisan anti lengket yang ada pada panci, sehingga dengan begitu ketika memasak nasi kemungkinan besar akan menjadi lengket.

2. Masak Nasi Sesuai Kapasitas Magic Com
Tips selanjutnya anda perlu memasak nasi yang sesuai dengan kapasitas magic com itu sendiri sesuai dengan petunjuk yan tela diberikan, hal ini bertujuan sehingga alat penanak nasi anda tidak cepat rusak atau lebih tahan lama. 

Sebaiknya anda tidak berlebihan dalam memasak nasi dengan menggunakan alat penanak nasi, karena hal ini dapat menyebabkan nasi susah matang serta tekeluar, dan tentunya hal itu akan membuat magic jar menjadi cepat rusak.

3. Cuci Panci Magic Com dengan Baik dan Benar
Pada saat anda mencuci panci alat penanak nasi ini pastikan anda mencucinya denan cara yang baik dan juga benar tentunya dengan hati hati. 

Karena hal ini bertujuan untuk membuat atau menjaga agar lapisan anti lengketnya tidak terkelupas dan rusak.

Anda dapat melakukan pencucian panci alat penanak nasi dengan cara yang baik dan juga benar yaitu, menyiapkan  air hangat secukupnya. 

Dan selanjutnya merendam panci penanak nasi yang akan kamu bersihkan di dalam air hangat tersebut. Diamkan beberapa saat hingga sisa nasi yang menempel pada permukaan dalam menjadi lunak.

Lalu anda dapat menggunakan spons yang lembut untuk membersihkan panci tersebut. Bila tela selesai, anda dapat langsung mengeringkannya dengan menggunakan kain lap.

4. Bersihkan Badan Magic Com
Selanjutnya anda dapat melakukan pembersihan pada badan alat penanak nasi, karena selain bagian dalam yang harus dibersihkan anda juga harus membersihkan bagian luar. 

Anda dapat membersihkanya dengan menggunakan lap basah untuk membersihkan debu dan segala kotoran yang menempel.

Lalu anda dapat mengeringkanya dengan menggunakan tisu kering agar badan alat penanak nasi bersih dengan sempurna. 

5. Biasakan Selalu Cek Penampung Uap Air
Membersihkan dan memeriksa penampungan uap air, merupakan suatu kegiatan yang sering kali di remehkan. 

Pastikan anda selalu memeriksa penampung uap air yang terdapat pada alat penanak nasi, bila terdapat air di dalamnya maka segeralah untuk membuangnya. 

Karena hal ini bila dibiarkan berhari hari dapat menyebabkan dan menimbulkan bau yang tidak sedap sehingga nasi yang anda masak kelezatannya akan berkurang.

6. Cabut atau Lepaskan Stop Kontak Jika Magic Com Tidak Digunakan
Hal terakhir yang perlu anda lakukan dalam perawatan magic com dan rice cooker adalah mencabut stop kontak jika alat penanak nasi tidak digunakan. 

Dan bila anda sedang melakukan pembersihan terhadap alat ini pastikan anda telah mencabut stop kontak tersebut, lalu pastikan magic com dan rice cooker dalam keadaan dingin atau tidak panas.

7. Keringkan Magic Com dan Rice Cooker Sebelum Digunakan
Tips dalam merawat selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah meneringkan penanak nasi anda sebelum digunakan. Setelah anda mencuci panci, maka perlu dikerinkan secara maksimal terutama pada bagian luar panci.

Hal yang sering diabaikan ini dapat berdampak serius karena dapat menyebablan kerusakan pada dinding pemanas pada penanak nasi. Jadi diamkan terlebih dahulu setelah mencuci panci agar tak terlalu susah mengeringkannya.

8. Gunakan Spatula Khusus Magic Com dan Rice Cooker
Setelah itu anda dapat menggunakan spatula khusus yang terdapat pada penanak nasi. Hal ini dilakukan karena agar tidak menyebabkan cacat pada area panci. 

Jika anda ingin menggunakan spatula lain, maka anda dapat menggunakan dari bahan kayu yang lebih lembut pada area panci.

Kelebihan dan Kekurangan Bila Menggunakan Rice Cooker

Memasak nasi merupakan kegiatan yang dilakukan setiap hari oleh masyarakat indonesia khususnya. Dan kebanyakan telah menggunakan rice cooker, dan sebagian dari masyarakat masih anda yang menggunakan alat masak tradisional saat memasak nasi. 

Perlu anda ketahui kelebihan dan juga kekurangan dari menggunakan rice cooker seperti berikut ini.  

1. Hemat Waktu
Kelebihan yang pertama dimiliki adalah lebih menghemat waktu, bila anda memasak dengan menggunakan rice cooker anda dapat menghemat waktu dan pastinya lebih praktis. 

Anda hanya perlu memasukkan beras yang telah dicuci hingga bersih dan air dengan takaran tertentu ke dalam panci penanak nasi, memasukkan panci tersebut ke dalam body rice cooker, kemudian menekan tombol tertentu.

Dan setelah itu anda hanya perlu menunggu hingga nasinya matang, bila nasi telah biasanya telah ditandai dengan notifikasi bahwa proses masak telah selesai. 

Dengan menggunakan alat ini pastinya waktu anda menjadi efisien karena selama proses pemasakan, anda dapat melakukan aktivitas lain tanpa merasa khawatir nasi menjadi gosong.

Menjadi efisien sehingga menggunakan rice cooker sangat berbeda jika anda memasak nasi dilakukan menggunakan kompor karena setiap beberapa saat harus diperiksa, diaduk, bahkan ada juga yang harus mengganti panci masaknya.

2. Nasi Lebih Tahan Lama
Kelebihan selanjutnya yang akan didapatkan bila menggunakan rice cooker adalah nasi menjadi lebih tahan lama. Karena setelah proses masak selesai, rice cooker secara otomatis akan melanjutkan pekerjaan dengan proses penghangatan nasi. 

Dengan proses pemasakan yang dilanjutkan dengan penghangatan tersebut, nasi akan tetap hangat dan menjadi lebih tahan lama.

Dan bila anda memasak nasi yan dilakukan dengan cara tradisional menggunakan kompor, setelah masak tentunya nasi harus dipindahkan ke tempat tertentu agar nasi tetap terjaga kehangatannya, misalnya ke termos nasi.

3. Bisa Masak Aneka Resep
Selanjutnya adalah dengan menggunakan rice cooker anda dapat memasak beraneka resep makanan lainya. 

Pada rice cooker modern dan terkhusus pada rice cooker digital, alat ini telah dibekali dengan fitur yan sangat modern, dan di antaranya adalah kemampuan memasak berbagai macam olahan nasi.

Dengan menggunakan rice cooker anda dapat memasak seperti sup, bubur, nasi liwet, bahkan nasi goreng pastinya sangat bermanfaat. Selain itu alat penanak nasi modern ini pada umumnya memiliki kemampuan mengukus.

Bila anda mulai merasa bosan dengan masakan anda yang sepeti itu itu saja, anda dapat mencoba masakan lainya dengan menu berbeda beda menggunakan rice cooker.

Dan bila anda menggunakan peralatan masak tradisional, pastinya anda menggunakan beberapa alat untuk bisa memasak berbagai macam menu tersebut, dan mencuci alat alat tersebut setelah menggunakanya. 

Selain itu, dibutuhkan juga kemahiran memasak yang tentunya tidak bisa didapat dalam sekejap.

4. Relatif Lebih Boros Listrik
Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki oleh rice cooker, alat ini memiliki kelemahan yaitu relatif lebih boros dalam penggunaan listrik. 

Dan bila anda memasak nasi menggunakan cara tradisional melalui kompor pastinya membutuhkan bahan bakar juga, seperti gas LGP. 

Dari berbagai kalkulasi, relatif banyak yang mengatakan penggunaan gas untuk memasak nasi relatif lebih irit dibandingkan dengan listrik.

Dan dengann menggunakan rice cooker biasanya setelah proses masak, alat penanak nasi ini akan tetap terus menyala karena digunakan untuk menghangatkan nasi. 

Bila anda telah memilih untuk menggunakan rice cooker, sebaiknya anda dapat menggunakanya dengan hemat, seperti memasak secukupnya agar segera habis dan tidak perlu menghangatkan terlalu lama.

5. Perlu Perawatan Khusus
Dan selanjutnya bila anda menggunakan rice cooker pastinya membutuhkan perawatan khusus. 

Karena sebagai sebuah alat elektronik tentunya membutuhkan perawatan khusus agar awet dan juga lebih tahan lama, dan rice cooker membutuhkan sedikit lebih kompleks dalam perawatanya.

Alat penanak nasi ini menggunakan panci khusus yang harus dijaga dan dirawat, agar panci khusus alat ini tidak mengelupas karena diduga teflon yang terkelupas dapat menyebabkan kanker.

Dan bila anda memasak nasi secara tradisional pastinya relatif lebih aman dari sisi kesehatan karena alat alat masak tradisional umumnya tidak mengandung bahan bahan kimiawi yang berbahaya.

Demikian tips merawat magic com dan rice cooker agar tidak mudah rusak. Semoga dapat membantu anda dan juga dapat menambah wawasan kita semua dalam merawat alat penanak nasi agar lebih tahan lama.

Posting Komentar untuk "Tips Merawat Magic Com dan Rice Cooker Agar Tidak Mudah Rusak"