Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tempat Service Nozzle Mesin Diesel di Surabaya

Tempat Service Nozzle Mesin Diesel di Surabaya

Nozzel injektor diesel merupakan sebuah komponen pada mesin diesel yang memiliki fungsi sangat penting saat terjadinya proses pembakaran bahan bakar dan udara pada mesin diesel. Berikut ini adalah tempat service nozzle mesin diesel di Surabaya.

Tempat Service Nozzle Mesin Diesel di Surabaya

Berikut ini adalah daftar nama, alamat dan juga nomor telepon service nozzle mesin diesel di Surabaya. Yang dapat memudahkan anda dalam mencari alamat service saat terjadi kerusakan pada mesin anda.

Nama Alamat Telepon
Bengkel Maju Terus Service Diesel Jl. Raya Kebonsari No.26B, Kebonsari, Kec. Jambangan, Kota SBY, Jawa Timur 60233 0851-0300-9681
Sulung Diesel Mandiri Jl. R.A Kartini No.121, DR. Soetomo, Kec. Tegalsari, Kota SBY, Jawa Timur 60264 (031) 7881515
Hendrik Diesel Jl. Kedung Klinter I No.87, Kedungdoro, Kec. Tegalsari, Kota SBY, Jawa Timur 60261 (031) 5317083
CV Anugerah Diesel Jl. Gresik Gadukan Timur No.258, RT.8/RW5, Morokrembangan, Kec. Krembangan, Kota SBY, Jawa Timur 60178 (031) 7491289
Cahaya Nusantara Teknik LONTAR Jl. Raya Lontar No.137A, Lontar, Kec. Sambikerep, Kota SBY, Jawa Timur 60188 0812-3588-7787
CV. OMEGA DIESEL (Spesialis Common Rail And Injection Pump (BOSPOM) Tes Bospom Dan Nosel Jl. Pacar Kembang No.113, Pacar Kembang, Kec. Tambaksari, Kota SBY, Jawa Timur 60132 0812-3121-264
Eddy Turbo Turbocharger Specialist Jl. Kawi No.17, Sawahan, Kec. Sawahan, Kota SBY, Jawa Timur 60251 (031) 5316313
PT. HARTEKPRIMA LISTRINDO Jl. Raya Jl. Margorejo Indah No.122, Sidosermo, Wonocolo, Surabaya City, East Java 60239 (031) 8483111
Bengkel Mobil B&S Profesional Car Maintenance (Dunlop Shop) Jl. Rungkut Asri Utara XIII No.12, Kali Rungkut, Kec. Rungkut, Kota SBY, Jawa Timur 60293 (031) 8701629
Mitra Dieasel Bengkel mobil di Surabaya, Jawa Timur Jl. Raya Mastrip No.182, Jajar Tunggal, Wiyung, Kota SBY, Jawa Timur 60229 (031) 5346864
Sulung Diesel Mandiri Jl. Raya Kletek No.178, Menyanggong, Kletek, Kec. Taman, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61257 (031) 7881515
Agung Karya Diesel Test Bosch Pump Jl. Raya Bambe, RT.14/RW.05, Ngambar, Bambe, Kec. Driyorejo, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61177 0813-3169-4934
Cv. Prima Engineering Jl. Bulak Rukem Tim. 2 No.67, Bulak, Kec. Bulak, Kota SBY, Jawa Timur 60124 0813-3052-2679
GBT Laras Imbang - Raden Saleh Jl. Raden Saleh No.18-20, Bubutan, Kec. Bubutan, Kota SBY, Jawa Timur 60174 (031) 5321521
PT. Surya Sejahtera Bersama Jl. Buntaran No.8, Manukan Wetan, Kec. Tandes, Kota SBY, Jawa Timur 60185 0812-3213-893

Perlu diketahui bahwa injektor nozzle diesel memiliki fungsi yaitu untuk menyemprotkan atau menginjeksikan bahan bakar yang bertekanan tinggi yang berasal dari pompa injeksi ke dalam ruang bakar. 

Dan pada pompa injeksi atau dikenal dengan injectikn pump adalah komponen dari mesin diesel yang memiliki fungsi untuk menaikkan tekanan bahan bakar solar pada mesin bensin.

Cara Kerja Pada Nozzle Mesin Diesel

Perlu anda ketahui bahwa secara garis besar terdapat 3 langkah kera pada injektor mozzel mesin diesel konversional, yaitur langkah sebelum penginjeksian, langkah selanjutnya yaitu saat penginjeksian, dan langkah yang terakhir adalah penginjeksian bahan bakar. 

Berikut ini adalah cara kerja pada nozzel mesin diesel.  

1. Langkah sebelum penginjeksin bahan bakar
Langkah yang pertama ini adalah langkah sebelum penginjeksian bahan bakar, bahan bakar solar yang memiliki tekanan tinggi pastinya akan mengalir dari pompa injeksi melalui saluran bahan bakar pada nozzle holder. 

Yang setelah itu bahan bakar ini akan menuju pada oil pool pada bagian bawah nozzle body.

2. Langkah Saat Penginjeksian bahan bakar
Cara kerja selanjutnya adalah langkah saat penginjeksian bahan bakar. Apabila tekanan bahan bakar yang berada di oil pool ini naik, maka bahan bakar ini akan menekan permukaan ujung needle.

Dan apabila bahan bakar ini telah melebihi pada tekanan pegas maka, nozzel needle akan terdorong ke atas oleh tekanan bahan bakar sehingga nozzle needle akan terlepas dari kedudukanya (nozzle body seat). 

Dan pada kejadian tersebut akan membuat bahan bakar dapat keluar sehingga akan terjadi langkah penginjeksian atau penyemprotan bahan bakar ke dalam ruang bakar.

C. Langkah Akhir penginjeksian bahan bakar
Dan cara kerja yan terakir adalah pada saat pengineksian bahan bakar, apabila pompa injeksi telah berhenti mengalirkan bahan bakar maka, tekanan bahan bakar yang menuju pada injeksir nozzel akan menurun sehingga membuat tekanan pegas di dalam injektor nozzle akan mengembalikan nozzle needle pada posisi semula. 

Dan pada saat kejadian ini nozzel akan tertekan oleh pegas pengembali dengan kuat pada dudukannya (nozzle body seat) dan akan menutup saluran bahan bakar untuk keluar.

Dan sebagian bahan bakar yang tersisa diantara nozzel needle dengan nozzle body atau antara pressure pin dengan nozzle holder atau juga dengan yang lainnya yang terletak di dalam injektor nozzle akan dikembalikan kembali ke over flow pipe.

Komponen Injektor Nozzle

Injektor pada nozzel memiliki beberapa komponen, dan setiap masing masing komponen pastinya memiliki tugas dan fungsinya tersendiri. Berikut ini adalah komponen injektor nozzle.

1. Nozzle Holder
Nozzle hollder adalah salah satu komponen yang memiliki fungsi sebagai rumah dan juga saluran yang menghubungkan antara injektor dengan pipa tekanan tinggi. Komponen ini memiliki ulir yang digunakan untuk menghubungkan dengan pipa tekanan tinggi menggunakan baut.

2. Overflow Pipe
Komponen ini merupakan salah satu komponen yang memiliki fungsi untuk mengembalikan sisa bahan bakar yang berlebihan ketika proses injeksi sudah berlangsung. 

Dengan ini bertujuan agar bahan bakar sesuai dengan standarnya sehingga proses pembakaran akan berjalan sebagaimana mestinya dan mampu menghasilkan tenaga yang telah sesuai kebutuhan mesin diesel.

3. Adjusting Washer
Komponen ini adalah salah satu komponen yang memiliki fungsis sebagai pengatur tekanan penginjeksian. Namun tidak semua tipe injektor memiliki komponen ini. 

Ketika ketebalan, komponen ini ditambahkan maka tekanan oenginjeksian akan bertambah besar, sementara itu bila semakin kecil ketebalan komponen ini maka akan semakin kecil juga tekanan penginjeksian. 

4. Pressure Spring
Selanjutnya adalah pressure spring yaitu komponen yang memiliki fungsi untuk untuk mengembalikan tekanan penginjeksian ketika proses penginjekasian telah selesai. 

Komponen ini juga akan menekan nozzel needle agar kembali menutup saluran sehingga bahan bakar tidak ada yang mengalir ketika proses penginjeksian telah selesai.

5. Pressure Pin
Komponen ini merupakan salah sati komponen yang terdapat pada injektor nozzle dengan memiliki fungsi yaitu untuk meneruskan tekanan.

Komponen ini akan meneruskan tekanan dari bahan bakar untuk mendorong pressure spring sehingga nozzle needle dapat terbuka untuk menyalurkan bahan bakar ketika proses penginjeksian terjadi.

6. Distance Piece
Komponen ini adalah distance piece, yaitu komponen yang memiliki fungsi sebagai saluran untuk menyalurkan bahan bakar bertekanan menuru nozzel boddy.

7. Nozzle Needle
Selanjutnya adalah komponen yang memiliki fungsi untuk mengatur pola pengabutan. Nozzel needle berbentuk arum yang akan trangkat untuk membuka saluran pada saat proses penginjeksian terjadi. Dengan begitu bahan bakar bertekanan akan di kabutkan atau dispraykan.

8. Nozzle Body
Selanjutnya adalah komponen nozzle body yaitu komponen yang memiliki fungsi sebagai saluran yang berguna untuk menyalurkan bahan bakar dan lubang pengabutan. Noozle body juga berperan sebagai rumah nozzle needle.

9. Retaining Nut
Selanjutnya adalah komponen yang memiliki fungsi sebagai rumah dari berbagai komponen injektor nozzle pada bagian bawah. Oleh karena itu retaining nut juga akan melindungi berbagai komponen injektor nozzle dari kerusakan. 

Retaining nut akan dihubungkan dengan nozzle holder melalui ulir sehingga keduanya akan menjadi rumah dari berbagai komponen injektor lainnya.

Demikian tempat service nozzel mesin diesel di surabaya. Semoga dapat menambah wawasan kita semua, serta dapat membantu anda dalam mencari tempat service nozzel mesin diesel di surabaya.

Posting Komentar untuk "Tempat Service Nozzle Mesin Diesel di Surabaya"