Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Mesin Genset yang Tepat Sesuai Dengan Kebutuhan

Tips Memilih Mesin Genset yang Tepat
Generator set atau genset adalah mesin yang digunakan sebagai penyedia listrik, yang menjadi kebutuhan utama saat ini untuk beberapa sektor usaha yang membutuhkan daya listrik yang besar. Berikut ini adalah tips memilih mesin genset yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, genset memiliki fungsi yaitu dengan dapat menyimpan daya listrik sehinga anda dapat mengunakan listrik ketika pasokan listrik dari PLN mati membuat kebutuhan genset juga mulai diminati pada kalangan pengusaha UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), minimarket, bahkan untuk kebutuhan rumah tanga sekalipun.

Tips Memilih Mesin Genset yang Tepat Sesuai Dengan Kebutuhan

Berikut ini adalah beberapa tips memilih mesin genset yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan, sangat cocok bagi anda yang mencari produk genset terbaik dan sesuai kebutuhan anda.

1. Mencari Genset Sesuai dengan Kebutuhan Daya Listrik yang Digunakan.
Tips pertama yang perlu anda perhatikan dalam memilih mesin genset yaitu, anda perlu memastikan sudah menetahui berapa besar kapasitas daya listrik yang akan anda gunakan. 

Karena jangan sampai anda memilih mesin genset yang memiliki daya listrik yang lebih rendah dari jumlah daya listrik yang kita gunakan. Perlu anda ketahui bahwa idealnya daya listrik genset harus lebih besar 30% dari total daya listrik kebutuhan kita.

Menapa harus ada daya listrik yang lebih besar?, Pertama, anda perlu menghindari jika terjadi kesalahan perhitungan pemakaian daya listrik yang bisa mengakibatkan genset tidak berfungsi dengan maksimal. 

Yang kedua, untuk persiapan jika nantinya kita menambah pengunan alat listrik yang berefek terhadap peningkatan daya listrik yang kita gunakan. 

2. Hitung Kebutuhan Daya Listrik
Tips kedua yang perlu anda lalukan adalah memastikan bahwa dasar hitungan daya listrik bukanlah yang tertera persis seperti yang terpasang di rumah anda.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya anda harus mempersiapkan apabila kedepannya terjadi hal hal darurat yang berkaitan dengan kebutuhan mesin. 

Mungkin saja anda biasa mengadakan pesta kecil atau pun besar, maupun dari hal hal kecil seperti penambahan peralatan rumah tangga seperti kulkas, TV, AC dan lain sebagainya. 

Oleh karena itu, demi kelancaran kebutuhan listrik yang anda gunakan, sebaiknya anda melebihkan daya genset yang akan anda pilih. Paling tidak 20% hingga 30% agar ketersediaan listrik tetap terpenuhi. 

Lebih jelasnya, marilah kita kalkulasikan hitungan daya yang anda butuhkan jika ada beberapa barang ataupun ketika daya listrik sudah anda ketahui. Hal yang perlu diluruskan adalah mengenai satuan KVA (Kilo Volt Ampere). 

Banyak yang telah beranggapan bahwa 1 KVA itu sama dengan 1000 watt. Padahal, 1 KVA pada kenyataanya 800 watt atau setara dengan 0,8 KW. Maka, ketika daya listrik yang terpasang di rumah anda itu mencapai 5 .000 watt, maka tinggal dibagi dengan 800 watt. Jadi, 5.000/800 hasilnya 6.25 KVA.

3. Pilih Bahan Bakar yang Sesuai
Tips selanjutnya yang perlu anda ketahui dalam memilih mesin genset yang sesuai dengan kebutuhan yaitu memilih bahan bakar yang sesuai untuk digunakan pada mesin anda. 

Tips ini sangat penting karena demi mempermudah pengoperasian genset anda nantinya. Tentu saja yang diharapkan adalah bahan bakar yang mudah ditemukan dan sangat terjangkau. 

Kini terdapat beberapa tipe genset yang menggunakan bahan bakar yang berbeda beda. Ada genset yang menggunakan bahan bakar bensin, solar, dan gas. 

Nah, bila seandainya genset yang anda miliki adalah genset yang bisa menggunakan bahan bakar yang mudah tentu itu lebih baik karena akan mempermudah kinerja anda dalam menggunakan mesin genset.

4. Pilih Tempat dan Penjual Genset yang Memiliki Produk dan Pelayanan Terbaik
Sebelum anda memutuskan untuk membeli mesin genset yang sesuai dengan kebutuhan, anda perlu memastikan bahwa pelayanan dari penjual genset sangat baik dan juga jujur. 

Adapun karakteristik yang dimiliki pelayanan yang baik penjual genset pada pembeli yaitu pelayanan yang ramah, standby menerima tanya jawab seputar cari genset, jual genset, menyediakan garansi sesuai spesifikasi produk dan memiliki tim teknis tersendiri. 

Perlu anda ketahui mengapa hal tersebut harus ada pada setiap pembelian mesin genset?. 

Karena penjual genset adalah pihan yang merekomendasikannya kelayakan mesin genset, dengan demikian penjual genset akan lebih mengerti dan memahami terkait produk jual genset dan seluk beluk mesin genset.

5. Tipe dan Karakteristik dari Genset yang Dipilih
Umumnya genset terbagi menjadi dua jenis, yaitu model open serta silent. Model open adalah model yang bisa gidunakan pada tempat sepi seperti semacam gudang maupun pabrik terpencil yang sunyi tidak apa apa asal tidak mengganggu dan membuat polusi udara. 

Sedangkan pada model silent biasanya digunakan saat lokasi keramaian yang menghindari kebisingan suara mesin, seperti di fasilitas umum pada rumah sakit, sekolah dan universitas, perhotelan juga bisnis properti serta perkantoran. 

Kualitas dan karakteristik produk barang yang akan anda beli tentunya juga harus sesuai dengan harga yang harus dibayarkan. Jangan sampai anda tergiur oleh harga yang tidak sesuai dengan kualitas serta ketahanan yang dimiliki oleh mesin genset itu sendiri. 

6. Pastikan Genset Pilihan Anda Irit dalam Penggunaan
Sebelum anda memutuskan untuk membeli mesin genset yang sesuai dengan kebutuhan, anda perlu memastikan bahwa genset yang anda pilih merupakan mesin yang irit dalam penggunaannya. 

Ini merupakan topik yang bersangkutan dengan efisiensi atau kinerja genset dalam kehidupan sehari hari, apabila saat pemakaian lama hingga bertahun tahun dan tidak terasa dalam pemakaian bahan bakar maupun servis rutinnya, maka sudah sangat dipastikan pemilihan mesin genset anda sudah tepat. 

Selain irit, genset yang harus anda pilih adalah awet dalam penggunaan serta operasional kebutuhan bisnis. Apabila harga mesin genset murah namun seringkali mengalami macet dan juga kerusakan, tentu biaya reparasi malah yang akan membengkak dan tidak sesuai dengan pemasukan. 

Jenis jenis Mesin Genset yang Perlu Diketahui

Listrik merupakan suatu hal yang sangat penting di gunakan di berbagai kehidupan terutama listrik merupakan kebutuhan pokok yang di gunakan untuk produksi perusahaan. 

Genset sangat memiliki peran penting digunakan sebagai alternatif apabila listrik sedang padam, itulah mengapa anda perlu mengenal dan memahami jenis jenis yang dimiliki oleh genset. 

Yang bertujuan agar anda tidak salah membeli untuk keperluan perusahaan ataupun pribadi anda. Berikut ini adalah jenis jenis mesin genset yang perlu di ketahui. 

1. Genset Turbin
Jenis mesin genset yang pertama adalah genset turbin, genset turbin merupakan salah satu mesin yang menggunakan penggerak turbin. Turbin ini biasanya digerakkan dengan berbagai sumber daya yang ada. 

Sebagai contoh, yaitu tipe genset turbin air (sumber daya penggeraknya adalah air), genset turbin angin (sumber daya pengeraknya adalah angin), genset turbin uap ( sumber daya penggeraknya adalah uap) dan masi banyak jenis genset turbin lainnya.

2. Genset Tenaga Surya
Jenis genset selanjutnya adalah genset tenaga surya, genset jenis ini merupakan salah satu sebuah solusi untuk mendapatkan energi yang terbarukan karena energi surya merupakan salah satu energi yang sangat ramah lingkungan dan tentunya tidak merugikan. 

Genset tenaga surya ini biasanya terdapat dalam bentuk  portabel ataupun juga terdapat dalam ukuran yang lebih  bersar. Genset jenis ini tersambung secara teknis dengan panel surya untuk menangkap energi dari surya atau panas matahari.

3. Genset dengan bahan bakar gas
Jenis pada mesin genset yang selanjutnya adalah genset yang memiliki bahan bakar gas, mesin genset ini bisa menggunakan (LPG) yang memiliki singkatan dari liquefied petroleum gas. 

Selain itu anda juga bisa menggunakan Compressed natural gas yang memiliki singkatan dari (CNG), sebagai pengganti alternatif bahan bakar gas yang tidak terbarukan. 

CNG merupakan gas yang menggunakan gas dengan bahan bakar kotoran hewan ataupun lainnya yang dapat membuat pengeluaran keuangan anda lebih sedikit.

4. Genset dengan bahan bakar Bensin
Selanjutnya adalah jenis bensin dengan bahan bakar bensin, genset ini merupakan sebuah mesin yang biasanya dapat menghasilkan daya kecil tidak sama dengan genset genset diesel. Itulah yang menyebabkan genset jenis ini memiliki bentuk portabel dan sangat mudah untuk dibawa bawa. 

Dapat dilihat dari segi kegunaanya, genset yang memiliki bahan bakar bensin ini hanya dapat digunakan pada lingkungan yang kecil seperti untuk keperluan rumah tangga ataupun kantor yang lingkupnya kecil.

5. Genset dengan bahan bakar Diesel
Selanjutnya adalah jenis genset dengan bahan bakar diesel, mesin genset ini merupakan jenis yang paling sering digunakan, dan menjadi salah satu mesin yang sangat favorit di kelasnya genset ini mulai dengan daya 500 watt hingga 2.000.000 watt. 

Dan mesin genset ini memiliki jenis yang sangat banyak, ataupun tipe merk genset dengan bahan bakar diesel ini. Karena kebanyakan orang beranggapan bahwa mesin diesel ini merupakan salah satu jenis mesin yang memiliki perawatan mudah dan juga lebih hemat dalam proses penggunaanya. 

Bahan bakar dieselpun kini telah terdapat energi alternatif yang terbarukan dengan menggunakan energi bio diesel yang semakin banyak variannya.

Cara Menggunakan Mesin Genset Bagi Pemula


1. Pastikan Bahan Bakar
Tapat paling pertama yaitu memeriksa tersedianya bahan bakar, kecuali generator anda jenis batteray yang tidak menggunakan bahan bakar. Untuk jenis generator portable biasanya menggunakan bahan bakar premium. Apabila bahan bakar habis, anda dapat mengisi secukupnya.

2. Pastikan Oli Mesin
Cara selanjutnta anda harus memastikan oli mesin terisi penuh sesuai dengan kapasitas yang di butuhkan. 

Oli tidak boleh melebihi kapasitas karena dapat menyebabkan genset anda berjalan tidak normal. Untuk tipe oli mesin dapat menggunakan sesuai bawaan mesin atau anda ingin mengantikannya dengan merk lain tetapi harus sesuai dengan tipe oli bawaannya.

3. Pastikan Kondisi Accu

Selanjutnya anda anda perlu memastikan kondisi accu, pastikan accu dapat berfungsi dengan baik. 

Untuk mengetahuinya pada saat anda menghidupkan generator dengan starter, jika mesin langsung hidup berarti accu nya berfungsi dengan baik, dan bila di Starter berkali-kali tidak menyala berarti accu mengalami masalah.

4. Pastikan Ohm saklar sudah dipindahkan

Sebelum menyalakan generator pastikan Ohm Saklar untuk arus PLN nya sudah OFF dan untuk Arus Generatornya sudah pada posisi ON. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadi kecelakaan kerja.

5. Genset dapat dinyalakan

Setelah anda melakukan beberapa tahap diatas dan sudah dipastikan dalam kondisi baik. Anda sudah bisa untuk menyalakan generator.

Demikian tips memilih mesin genset yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Semoga dapat membantu anda dalam memilih mesin genset, serta dapat menambah wawasan kita semua.

Posting Komentar untuk "Tips Memilih Mesin Genset yang Tepat Sesuai Dengan Kebutuhan"