Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab dan Cara Mencegah Membran RO Mampet

Cara Mencegah Membran RO Mampet

Reverse Osmosis (RO) merupakan suatu teknologi pemurnian air yang sangat modern, mesin ini menggunakan semipermeable membran. Bila mesin ini mampet, pastinya cara kerjanya semakin menurun. Berikut ini adalah penyebab dan cara mencegah membran RO mampet.

Membran RO atau membran reverse osmosis merupakan sebuah media pengolahan air yang sekarang banyak digunakan oleh para pengusaha depo isi ulang air. Kemampuannya untuk menurunkan kadar zat padat dalam air atau TDS (Total Dissolved Solids) yang tidak perlu diragukan lagi.

Penyebab dan Cara Mencegah Membran RO Mampet

Mengapa membran RO mampet dapat terjadi ?. Perlu diketahui bahwa semakin rendah kualitas air baku maka semakin berat pula kerja dari membran RO, sehingga mengakibatkan buntunya membran RO itu sendiri. 

Maka solusi yang perlu anda perhatikan adalah bagaimana kualitas air (tingkat adalah kekeruhan, TDS, zat besi, kapur, dll). Jika kualitas air Anda cukup rendah, sebaiknya perbanyaklah penyaringan filter cartridge, resin softener atau media lainnya sebelum masuk ke unit RO Anda.

Penyebab membran RO mampet adalah : 

- Penyebab membran RO mampet yang pertama adalah dikarenakan adanya debu halus dann partikel lainya. Hal ini dapat menyumbat membran RO karena terlambat mengganti spun 2 mikron, atau menggunakan spun lain dengan harga yang murah, sehingga kotoran tetap lolos dan mengenai membran. 

- Penyebab membran RO mampet yang kedua yaitu kandungan besi dan yang lainya cukup signifikan jumlahnya 

- Penyebab membran RO mampet selanjutnya yaitu terdapat kapur / kesadahan / CaCo3 . Hal ini dapat menyumbat karena membran RO tidak dilengkapi Filter Media Ion Exchange yang besar dan kurang rutinnya pemeliharaan filter ini.

Solusi membran mampet adalah dengan cara menambahkan filter media carbon untuk menyaring besi dan partikel logam lainnya. Selain itu, Anda juga perlu menambahkan filter media resin / ion exchange untuk untuk menyaring kapur / kesadahan / CaCo3. 

Selain itu anda juga tidak boleh lupa dengan menyediakan sedimen 1 mikron yang berfungsi untuk menyaring debu halus, pasir dan kotoran lain.

Cara Membersihkan Membran RO Macet atau tersumbat

Langkah yang terbaik dalam membersihkan membran RO yaitu dengan menganti membran yang baru, tetapi terdapat solusi yang dapat digunakan untuk memperlama pemakain membran yaitu dengan cara dicuci. 

Pencucian membran ini menggunakan cairan khusus yang berupa asam atau basa, tergantung faktor pengotor yang melewati membran. Biasanya jika kualitas air baku yang digunakan kurang bagus maka umur membran akan pendek.

Langkah langkah dalam mencuci membran RO yang dapat anda lakukan adalah sebagai berikut: 

1. Untuk membran kapasitas di bawah 2000 gpd
Langkah yang dapat anda lakukan dalam mencuci membran kapasitas di bawah 2000 gpd yaitu dengan, mengeluarkan membran RO dari housing dan rendam dengan cairan pencuci asam / basa, posisi membran harus terkena semua bagianya selama beberapa jam. 

Bersihkan dengan air mengalir menggunakan air hasil RO dan lakukan perendaman kembali menggunakan cairan pencuci.

2. Untuk membran kapasitas 2000 gpd ke atas
Langkah yang dapat anda lakukan dalam mencuci membran kapasitas 2000 gpd ke atas yaitu dengan. 

Dalam pencucian membran kapasitas ini, anda tidak perlu melepas membran dari housing, anda hanya perlu mengalirkan cairan pencuci dengan cara mengidupkan mesin tetapi input air baku diganti dengan cairan pencuci.

Tips Memilih Mesin RO Sesuai Kebutuhan

Bisnis pengisian air minum isi ulang maupun air RO pastinya sudah sangat menjamur hampir di seluruh kota di indonesia. 

Bisnis ini dulunya telah di anggap remeh namun kini dapat memberikan pendapatan yang cukup bagi setiap pelaku bisnisnya, dikatakan cukup yang sangat menggiurkan ini dapat menyentuh angka puluhan juta rupiah. 

Hal ini dikarenakan kebutuhan air minum yang sehat di dalam masyarakat kian meningkat, seiring dengan pertumbuhan penduduk. 

Bila anda ingin memanfaatkan peluang bisnis yang tidak ada matinya ini dengan mendirikan Depot Air RO (Reverse Osmosis), maka anda harus memperhatikan beberapa hal yang ada di bawah ini sebelum memilih untuk membeli alat pengolahan air minum.

1. Pahami Spesifikasi Mesin RO
Hal pertama yang perlu anda perhatikan adalah memahami spesifikasi pada mesin Ro, sebelum anda melihat harga mesin ini anda harus memahami spesifikasinya terlebih dahulu. 

Mungkin pada beberapa orang masih belum terlalu mengenal dunia mesin sehingga membuat sebagian orang masih bingung saat memilih mesin RO tersebut. 

Tapi bila melihat spesifikasi motor yang dimaksud disini adalah anda harus memilih peralatan mesin RO yang sesuai kebutuhan anda. 

Sebagai contoh, sumber air yang akan anda gunakan untuk bahan baku berasal dari daerah pegunungan, lalu menggunakan gunung dari mesin pengolahan air reverse osmosis. Tapi jika anda berpikir air anda keruh, gunakan mesin RO khusus untuk perawatan air keruh.

2. Memilih Penjual yang Sangat Terpercaya
Hal selanjutnya yang perlu anda perhatikan adalah memilih penjual yang sangat terpercaya, dengan melihat semakin banyaknya orang yang ingin mencoba bisnis yang mampu memberikan pendapatan cukup. 

Pastinya membuat semakin banyak juga pemasok yang menjual mesin pengolahan air minum RO. Dan untuk memilih penjual yang sangat terpercaya sekarang caranya sangat mudah. 

Anda hanya perlu memanfaatkan google untuk membuka dan melihat website penyedia mesin tersebut, selain itu anda juga dapat melihat review atau komentar dari pelanggan yang sudah menggunakan produk tersebut. 

Selain itu anda juga bisa meminta rekomendasi dari teman, saudara dan tetangga mengenai penjual mesin RO yang bisa dipercaya.

3. Survey Harga
Hal selanjutnya yang perlu anda perhatikan adalah survey harga, banyak orang berkata bahwa "ada harga ada kualitas". Ungkapan ini telah berlaku juga dalam memiliih mesin pengolahan air minum RO.

Harga yang relatif murah ini menjadi tawaran untung besar tersendiri. Hal inilah yang membuat orang tertarik untuk membangun usaha jenis depo air minum isi ulang.

Mesin RO terbagus dengan teknologi yang sangat maju, pastinya memiliki harga yang tetntunya akan lebih mahal, karena terdapat beberapa tambahan teknologi khusus. 

Perlu di ketahui bahwa biasanya mesin dengan harga yang mahal pada umumnya memiliki umur yang lama dalam pemakaian yang relatif lama dengan dukungan service dan bantuan yang berkelanjutan. 

Sehingga secara tidak langsung hal ini menjadi infestasi jangka panjang anda. Untuk melakukan survey harga anda bisa membandingkan beberapa harga mesin pengolahan air minum RO dengan spesifikasi yang sama.

4. Lebih Rentan Terhadap Bahaya Kuman dan Bakteri
Hal selanjutnya yang perlu anda perhatikan adalah lebih rentan terhadap bahaya kuman dan bakteri, ini adahal hal yang sangat perlu anda perhatikan karena air minum isi ulang harus memberikan kesehatan yang baik untuk tubuh. 

Dan banyak air minum isi ulang yang telah disetujui dsn disterilkan dan membeli teknologi terbaru. 

Banyak para penjual depot air minum isi ulang yang mungkin sesuai dengan kualitas dan standar air minum, namun anda mesti berhati hati karena tidak sedikit juga yang tidak dapat menjamin kebersihan. 

Misalnya, anda dapat melihat sikat pembersih galon yang juga digunakan untuk membersihkan galon lainnya. Hal ini tentu saja akan membuat kuman dan bakteri dari galon sebelumnya tercampur.

5. Lihat Lokasi Depot dan Sumber Air
Hal terakhir yang perlu anda perhatikan adalah melihat lokasi depot dan sumber air, lokasi depot air minum tergantung pada sisi jalan yang tentu saja berisiko, debu, dan berbagai bakteri dan kuman mudah.

Hal ini tentu saja akan menambah pertanyaan lagi tentang kebersihan depot air minum. Selain itu, cobalah anda mencari tahu dari mana sumber air itu, apakah itu dibutuhkan dari kemasan air bermerek atau sebaliknya dari pabrik yang tidak dapat diakses untuk kebersihan dan sterilitas. 

Cara Kerja Mesin RO
Secara sistem, mesin ini bekerja sebagai penjernihan air oleh qwater dilakukan secara bertahap, dimana air dialirkan melalui kombinasi sejumlah filter sebagai berikut :

1. Filter Sedimen 5 Mikron
Filter dengan ukuran ini sangat efektif untuk menyingkirkan kotoran, karat dan partikel pasir, yang mempengaruhi rasa, bau dan warna air.

2. Filter Sedimen 1 Mikron
Penggunaan  filter ini adalah guna melindungi membran Reverse Osmosis dan secara efektif mening-katkan kemampuannya dalam menyingkirkan/ menolak  95 % TDS (Total Disolve Solids).

3. Filter Granular/Block Activated Carbon
Ini adalah filter yang mampu untuk menyingkirkan  99%  chlorine dan  bahan kimia yang bersifat organik. Juga berfungsi baik dalam mengurangi rasa, bau dan warna yang mengganggu. 

Menyingkirkan  fungisida, pestisida, in-sectisida, dan herbisida.

4. Membran Reverse Osmosis
Berupa membran  Thin Film Composite (TFC), membran berkualitas tinggi yang mampu mengalirkan 50 galon air minum berkualitas per hari. 

Membran ini mampu menyingkirkan kontaminan berbahaya seperti lead, cooper, barium, chromium, mercury, sodium, cadnium, fluoride, nitrite, nitrate, dan selenium. Menyingkirkan bakteria, E.Coli, giardia, cryptosporodium, dan lain-lain.

5. Post Carbon Filter
Ini adalah filter yang berfungsi untuk membuang semua rasa dan bau yang tidak diinginkan dan meningkatkan kualitas air minum yang dihasilkan. 

6. Filter Ultra-Violet Water Sterilizer
UV yang merupakan bagian alamiah dari matahari secara luas diterima sebagai meto-da disinfeksi air yang handal, efisien, dan akrab lingkungan. 

Lampu UV ini meng-gunakan panjang gelombang 254 nm yang menyebabkan pembasmian secara cepat atas mikro-organisme dan mencegah kemampuan mereka untuk bereproduksi. Sinar UV membasmi 99.99% bakteria dan virus.

7. Filter Infra-Red
Ini adalah filter yang berfungsi untuk mengaktifkan molekul air dan memperbaiki tingkat oksigen dalam tubuh, menghangatkan dan mengeliminir lemak, bahan kimia dan racun dari dalam darah sehingga memperlancar jalannya darah, mengurangi tingkat keasaman di dalam tubuh, memperbaiki fungsi sistim syaraf.

8. Filter Mineral
Ini adalah filter yang berfungsi untuk memperbaiki kualitas air minum yang dihasilkan dengan menambahkan mineral yang penting untuk pertumbuhan dan kesehatan, seperti calsium, magnesium, sodium, dan potassium yang umum ditemui pada air murni dari alam.

Demikian penyebab dan cara mencegah membran RO mampet. Semoga dapat menambah wawasan kita semua serta dapat membantu anda dalam memperbaiki membran mesin RO anda yang sedang mampet.

Posting Komentar untuk "Penyebab dan Cara Mencegah Membran RO Mampet"