Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Mesin Cuci Bergetar Saat Pengeringan (Spin)

Apa penyebab mesin cuci bergetar hebat saat pengeringan (spin) dan bagaimana cara mengatasinya. Apakah penyebabnya karena kerusakan mesin cuci?

Masalah mesin cuci bergetar hebat saat proses pengeringan (spin) ini terkadang kita alami, mulai dari getaran yang keras bahkan lompat lompat bikin kita yang di dekatnya jadi takut dan panik, hehehe...

Penyebab mesin cuci bergetar hebat

Mesin cuci bergetar hebat ini bisa terjadi pada merk mesin cuci LG, samsung, polytron atau lainnya, baik model front loading maupun top loading, baik yang harga mesin cuci murah sampai yang mahal.

Penyebab mesin cuci bergetar hebat saat pengeringan
1. Semua mesin cuci memiliki 4 kaki, nah jika salah satu kakinya ada yang tidak nempel lantai alias agak menggantung ini tentu pada saat proses pengeringan yang membutuhkan putaran sangat tinggi akan terjadi ketidakseimbangan hingga menyebabkan getaran yang keras.

Solusinya adalah anda harus memperhatikan mana kaki yang menggantung dan tidak menempel lantai. Lalu kaki yang terbuat dari baut ulir tsb diputar sehingga seluruhnya bisa menempel rata di lantai. Perhatikan juga lantai harus datar dan tidak boleh miring.

2. Jika bukan karena penyebab diatas, mungkin yang no 2 ini yang menjadi penyebabnya, yakni karena terjadi ketidakseimbangan berat kain yang sedang dicuci dan keringkan.

Misalnya anda mencuci pakaian, tetapi anda juga memasukkan handuk ukuran besar yang tentu saja berat apalagi jika keadaan basah. Sehinggan pada saat pengeringan putarannya menjadi tidak seimbang bahkan bunyi glodak glodak.

Baca juga: Harga mesin cuci samsung

Solusinya adalah jika memungkinkan segera matikan mesin cuci sementara lalu keluarkan pakaian yang berat tsb (misalkan handuk) lalu lanjutkan proses pengeringan. Untuk handuk bisa dikeringkan belakangan.

Tetapi tidak semua mesin cuci ditengah proses pengeringan bisa dihentikan dan dibuka pintunya. Kalau mesin cuci model front loading saat mencuci bisa dihentikan tapi pintunya tetap tidak bisa dibuka.

Demikianlah penyebab mesin cuci bergetar hebat saat pengeringan (spin). Semoga tulisan dari ini bisa menjadi solusi atas permasalahan tsb.

19 komentar untuk "Penyebab Mesin Cuci Bergetar Saat Pengeringan (Spin)"

  1. Sangat membantu terimakasih semoga bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama sama...

      Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis di kolom komentar. Terima kasih

      Hapus
    2. Mesin cuci sudah ganti suspensi kaki rata kaki bagus body bagus model wd-m tetap bergetar kencang saat spin, apa ada kemungkinan ada kemiringan di spidernya

      Hapus
    3. Saat memasukkan pakaian jika bercampur pakaian ringan dan berat (selimut, handuk, dll) usahakan pakaian yang berat tsb diletakkan di tengah agar putarannya tidak berat sebelah.

      Terima kasih

      Hapus
  2. Mau tanya..
    Mesin cuci saya samsung front loading wf0702nce.
    Awalnya bermasalah disistem medulasi dan saya ganti modul yg baru.
    Modul yg baru bisa digunakan namun pada saat spin getaran luar biasa hingga lompat", shock dan bearing sdh saya ganti sekalian, segitiga tabung juga aman.
    Mhn pencerahan kenapa pada saat spin masih berputar dan bahkan bergoyang hebat, apakah ada hubungannya dengan penggantian modul baru td?
    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda sudah berusaha maksimal dengan mengganti sendiri komponen yang dicurigai sebagai penyebab mesin cuci bergetar hebat bahkan sampai lompat lompat saat pengeringan (spin), tetapi hasilnya tetap tidak ada perubahan.

      Komentar saya:
      - Saat pertama kali membeli mesin cuci type front loading ini apakah 4 baut penahan yang ada di belakang mesin cuci sudah dilepas? Karena itu juga bisa menyebabkan mesin cuci bergetar hebat saat pengeringan.

      - Teliti 4 kaki mesin cuci, apakah sudah yakin keempatnya menapak ke lantai dan tidak ada yang menggantung walaupun hanya 0,5 mm?

      Jika sudah yakin ke empat kaki menapak rapat ke lantai tetapi masih melompat lompat saat spin, tidak ada saran yang terbaik selain meminta bantuan petugas service center mesin cuci Samsung terdekat di kota anda. Terima kasih

      Hapus
    2. permasalahan nya sama dengaan yang saya alami ada solusi lain ? apa mesin cucinya sudahh teratasi bapak yg bertanya diatas?? bagi pengalaman pak.

      Hapus
  3. Maaf aku mau tanya kenapa mesin cuci bergetar keras saat spin until mesin cuci 1 tabung atas, hingga tabung untuk mengering me nyentuh bodi mesin cuci

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba atur agar pakaian yang berat seperti handuk, selimut tebal, dll posisinya diletakkan ditengah tengah agar rotasinya tidak terganggu saat putaran kencang (spin).

      Hapus
  4. Sangat brmanfaat dan membantu sekali. Trims. Pak...

    BalasHapus
  5. Mesin cuc saya merek Maspion dan pada saat pengeringan getarannya sangat hebat bahkan lompat lompat dan bergeser. Apa itu tidak apa apa.? Saya baru beli 3 hari yang lalu. Saya sudah ke tokok tp tokoknya tidak mau bantu dan saya minta tukar juga masih tetap GK mau. Sama masih awam soalnya . Masih belum paham

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya langkah penanganannya sudah saya jelaskan diatas, tetapi karena masih baru beli dan masih garansi, saran saya sebaiknya datangi service center mesin cuci maspion terdekat untuk mendapatkan bantuan oleh tenaga berpengalaman.

      Jika di kota / kabupaten setempat tidak ada service centernya maka coba datangi tempat service mesin cuci (general). Saya yakin mereka bisa memperbaikinya karena cara penanganannya hampir sama dengan mesin cuci merk lainnya.

      Demikian jawaban saya, semoga membantu...

      Hapus
  6. Pak bisa bantu jelaskan....?
    Tiga Pegas kaki motor dinamonya.apakah perlu ganti karena saya rasa sudah lemes tidak kokoh seperti saat baru.
    Shg ketika ada beban pakaian lemes dan putaran sampe nyangkut kanan kekiri , geleng-geleng.trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelum memutuskan untuk mengganti pegas kami motor, sebaiknya perhatikan isi muatan cuciannya apakah terlampau berat? Atau mungkin pakaian yang berat dan pakaian yang ringan dicampur menjadi satu sehingga putarannya menjadi tidak imbang?

      Jika sudah yakin ketidakseimbangan bukan akibat bobot cucian yang tidak merata (berat sebelah) maka silahkan ganti pegas kaki dinamonya.

      Demikian jawaban saya, semoga membantu...

      Hapus
  7. Bagai mana cara meukur tabung mesin cuci rata,soal nya saya beli shock nya yang bisa di stel

    BalasHapus
  8. Mesin cuci saya samsung bukaan depan itu saat pengeringannya bersuara keras glodak² padahal itu cuciannya tidak bnyak sedikit tp mesin cuci ini sdh berusia 9thn,,, kira² knp yaa apa ada bagian yg patah?

    BalasHapus
  9. Mesin cuci saya panasonic 1 tabung atas keadaan baru beli baru pakai 2kali,knp d saat proses spin pertama bergetar hebat,tapi d saat proses spin yg kedua biasa saja ,mohon solusinya.?

    BalasHapus
  10. Kalao milik saya ini sepin yg ke 2 ber bunyi godak" kanan kiri hax 3x yg gk bgtu keras cuman ya jadi takut baru beli 1 tabing buka atas sahap top loding..

    BalasHapus

Silahkan bertanya atau berkomentar...