Penyebab Mesin Cuci Bergetar Saat Pengeringan (Spin)

Apa penyebab mesin cuci bergetar hebat saat pengeringan (spin) dan bagaimana cara mengatasinya. Apakah penyebabnya karena kerusakan mesin cuci?

Masalah mesin cuci bergetar hebat saat proses pengeringan (spin) ini terkadang kita alami, mulai dari getaran yang keras bahkan lompat lompat bikin kita yang di dekatnya jadi takut dan panik, hehehe...

Penyebab mesin cuci bergetar hebat

Mesin cuci bergetar hebat ini bisa terjadi pada merk mesin cuci LG, samsung, polytron atau lainnya, baik model front loading maupun top loading, baik yang harga mesin cuci murah sampai yang mahal.

Penyebab mesin cuci bergetar hebat saat pengeringan
1. Semua mesin cuci memiliki 4 kaki, nah jika salah satu kakinya ada yang tidak nempel lantai alias agak menggantung ini tentu pada saat proses pengeringan yang membutuhkan putaran sangat tinggi akan terjadi ketidakseimbangan hingga menyebabkan getaran yang keras.

Solusinya adalah anda harus memperhatikan mana kaki yang menggantung dan tidak menempel lantai. Lalu kaki yang terbuat dari baut ulir tsb diputar sehingga seluruhnya bisa menempel rata di lantai. Perhatikan juga lantai harus datar dan tidak boleh miring.

2. Jika bukan karena penyebab diatas, mungkin yang no 2 ini yang menjadi penyebabnya, yakni karena terjadi ketidakseimbangan berat kain yang sedang dicuci dan keringkan.

Misalnya anda mencuci pakaian, tetapi anda juga memasukkan handuk ukuran besar yang tentu saja berat apalagi jika keadaan basah. Sehinggan pada saat pengeringan putarannya menjadi tidak seimbang bahkan bunyi glodak glodak.

Baca juga: Harga mesin cuci samsung

Solusinya adalah jika memungkinkan segera matikan mesin cuci sementara lalu keluarkan pakaian yang berat tsb (misalkan handuk) lalu lanjutkan proses pengeringan. Untuk handuk bisa dikeringkan belakangan.

Tetapi tidak semua mesin cuci ditengah proses pengeringan bisa dihentikan dan dibuka pintunya. Kalau mesin cuci model front loading saat mencuci bisa dihentikan tapi pintunya tetap tidak bisa dibuka.

Demikianlah penyebab mesin cuci bergetar hebat saat pengeringan (spin). Semoga tulisan dari ini bisa menjadi solusi atas permasalahan tsb.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel