Inilah Penyebab Pompa Submersible Mati dan Tidak Keluar Air

Pompa satelit atau pompa submersible banyak menjadi pilihan untuk mengeluarkan air dari dalam tanah. Tapi apa penyebab pompa submersible mati dan tidak keluar air? Simak ulasannya

penyebab pompa submersible mati dan tidak keluar air

Sebelumnya perlu diketahui istilah lain di Indonesia untuk penamaan pompa air submersible adalah pompa satelit, pompa celup, pompa sibel dan pompa rendam. Istilahnya banyak tetapi barangnya sama.

Penyebab pompa submersible mati dan tidak keluar air

Untuk mencari penyebabnya, cobalah sedekat mungkin ke lubang sumur bor dan peganglah pipa out dari pompa submersible yang keluar dari sumur bor, apakah bergetar atau tidak bergetar?

1. Jika pipa bergetar tetapi air tidak keluar.
Inilah beberapa penyebab dan solusinya: 

- Impeller macet
Fungsi dari impeller adalah mendorong air untuk naik ke permukaan. Pompa satelit memiliki 2 model impeller, yakni model kipas dan model spiral.

Penyebab impeller macet tidak mau berputar umumnya karena tersangkut lumpur atau pasir. Walaupun mungkin pasirnya sedikit tetapi bisa mengakibatkan impeller tidak mau berputar.

Solusi: Angkat pompa dan bersihkan lumpur atau pasir dengan cara disemprot dengan air.  Sebelum dimasukkan kembali ke dalam sumur bor sebaiknya test dulu pompa nya di luar, pastikan kalau impellernya sudah bisa berputar normal.

- Impeller sudah aus
Karena pompa sudah dipakai bertahun tahun dan impellernya sudah aus akibat gesekan dengan pasir. Sehingga walaupun pompa hidup tetapi air tidak mampu naik ke permukaan.

Solusi: Angkat pompa dan ganti kipas impeller mana yang rusak. Jika impellernya berbentuk spiral stainless perhatikan apakah spiralnya ada yang cuil atau terkikis parah? Jika IYA sebaiknya ganti saja dengan yang baru.

Sangat direkomendasikan beli spare part yang asli agar awet untuk pemakaian jangka panjang.

- Putaran dinamo lemah
Pompa sudah dipakai bertahun tahun, jadi walaupun dinamo berputar tetapi sudah mulai lemah.

Solusi: Angkat pompa dan bawa ke tukang gulung dinamo. Jika selisih biaya gulung dinamo tidak berbeda jauh dengan harga pompa submersible baru maka sebaiknya beli saja pompa baru.

Baca juga:
- Harga pompa air shimizu
- Penyebab pompa air tidak menghisap
- Pompa submersible untuk pipa casing 2 inch

2. Jika pipa dipegang tidak bergetar
Ini berarti pompa submersible di dalam sumur tidak bekerja dan tentu impeller juga tidak berputar.

Ada beberapa kemungkinan:

- Tombol switch protector naik / njeglek
Fungsi switch protector adalah sebagai pengaman pompa satelit terhadap tegangan listrik jika terjadi tegangan naik / turun maka switch protector akan njeglek.

Solusinya hanyalah dengan menekan tombol switch protector yang biasanya berwarna hitam. Letak tombol ini biasanya di dekat tombol ON/OFF.

- Penurunan ketinggian air dalam tanah
Permukaan air dalam tanah mengalami penurunan sehingga pompa tidak terendam air dan otomatis pompa tidak mau hidup.

Untuk diketahui, sebagian besar pompa air yang ada di pasaran memiliki sistem pengamanan untuk mematikan pompa secara otomatis jika tidak terendam air. Pompa akan otomatis hidup jika sudah terendam air lagi.

- Kabel putus di dalam
Serabut tembaga kabel putus di dalam sehingga tidak tampak dari luar. Tetapi ini jarang terjadi dan sangat kecil kemungkinannya.

Untuk semua permasalahan diatas jika tidak bisa mengatasi sendiri sebaiknya panggil tukang sumur bor yang biasanya juga mengerti permasalahan pompa submersible.

Atau datangi service center pompa submersible sesuai merk pompa air yang anda beli dan ceritakan permasalahan yang dialami.

Demikian yang bisa saya tuliskan tentang penyebab pompa submersible mati dan tidak keluar air. Semoga tulisan ini bermanfaat...

0 Response to "Inilah Penyebab Pompa Submersible Mati dan Tidak Keluar Air"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel