Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Mesin Injeksi Plastik, Mesin Cetak Plastik / Injection Molding

Mesin Injeksi Plastik / Injection Molding merupakan mesin yang digunakan untuk membuat wadah plastik berdinding tipis seperti botol air mineral, botol shampo, ataupun galon. Mesin blowing plastik ini bekerja dengan cara meniupkan udara panas ke dalam material plastik hingga mengikuti bentuk cetakan yang diinginkan.

mesin injeksi plastik

Pertama, material plastik atau thermosplastic dipanaskan sampai meleleh. Selanjutnya, lelehan plastik tersebut akan diekstruksi melalui die head hingga membentuk tabung berongga yang biasa disebut parison.

Parison kemudian dijatuhkan diantara dua bagian cetakan yang melingkar dan digelembungkan dengan fluida pendorong yang berupa gas atau udara. Setelah digelembungkan sesuai bentuk yang diinginkan, lelehan plastik tersebut kemudian akan mengeras karena proses pendinginan yang diberikan oleh dinding cetakan.

Selanjutnya, setelah tercapai waktu pendinginan optimum, cetakan atau mold akan terbuka dan melepaskan produk akhir yang sudah jadi.

Perbedaan Blow Molding Kaca dan Blow Molding Plastik

Metode blow molding yang digunakan untuk membentuk wadah plastik dan kaca sebenarnya tidak jauh berbeda. Hanya saja, perbedaan sifat material kaca dengan plastik membuat mesin blow molding kaca tidak bisa digunakan untuk mencetak wadah yang berbahan dasar plastik. Selain itu, cara kerja blow mold kaca umumnya dimulai dengan setetes kaca cair, sedangkan blow molding plastik menggunakan tabung plastik cair yang disebut parison.

Jenis-Jenis Mesin Injeksi Plastik dan Cara Kerjanya

mesin injection molding
Gambar dari http://myplasticinjectionmolind.blogspot.co.id
Perlu Anda ketahui, mesin ini memiliki beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan metode pencetakan dan bahan plastik yang digunakan. Nah, berikut adalah beberapa jenis mesin injeksi plastik (blow molding) dan juga cara kerja dari mesin tersebut:

Injection Blow Molding

Injection blow molding adalah jenis mesin blow molding yang bekerja dengan cara menginjeksikan terlebih dahulu material plastik yang akan ditiup atau digelembungkan.

Mesin ini umumnya digunakan untuk membuat botol yang memiliki bentuk ulir pada bagian lehernya. Pada proses kerjanya, pertama-tama material plastik akan dipanaskan dengan suhu udara yang sangat tinggi. Setelah plastik telah meleleh, lelehan plastik kemudian diinjeksikan ke dalam cetakan parison.

Jika sudah, plastik selanjutnya dipindahkan ke cetakan blowing dan ditupkan udara hingga mengembang sesuai bentuk cetakan. Ketika sudah mencapai suhu optimum, cetakan kemudian akan membuka dan mengeluarkan hasil akhir. Demikian seterusnya sampai proses diberhentikan.

Extrusion Blow Molding

Extrusion blow molding merupakan jenis mesin blow molding yang bekerja dengan cara meneteskan material plastik yang akan dicetak dari extruder. Komponen utama pada jenis extrusion ini adalah extruder dan blow.

Metode extrusion ini umumnya digunakan untuk mencetak wadah plastik dengan bentuk dan ukuran yang bervariasi. Adapun jenis plastik yang digunakan biasanya adalah jenis plastic PVC, HDEP, PC, PP, dan PETG.

Cara kerjanya, pertama-tama lelehan plastik dikeluarkan dari extruder dan dimasukkan ke cetakan blow dengan pengarah lubang. Setelah lubang tertutup, pengarah lubang kemudian mengalirkan udara untuk mendorong lelehan plastik hingga menekan ke dinding-dinding cetakan. Setelah suhu sudah menurun, cetakan kemudian akan terbuka dan mengeluarkan produk.

Stretch Blow Molding

Stretch blow molding merupakan proses pembentukan wadah plastik dengan cara merentangkan plastik sampai tercapai ukuran yang diinginkan dengan mempertimbangkan ketebalan plastik. Metode ini sangat baik digunakan untuk mengolah material plastik yang berjenis PET. Komponen utamanya adalah injeksi, stretcher, serta blow.

Cara kerjanya, pertama material plastik yang dalam keadaan meleleh diinjeksikan ke dalam kaviti dalam bentuk bakalan atau parison. Selanjutnya, plastik diregangkan sesuai dengan dimensi yang diperlukan. Jika sudah, udara akan ditiupkan hingga plastik mengembang dan menempel sesuai bentuk cetakan. Setelah suhu sudah menurun, cetakan akan membuka dan mengeluarkan hasil akhir yang sudah jadi.

Harga Mesin Injeksi Plastik (Injection Molding)

Saat ini, material plastik merupakan bahan yang paling banyak digunakan untuk membuat kemasan produk. Mulai dari botol air mineral, shampo, sabun, deterjen, hingga kosmetik, semuanya berbahan plastik. Untuk itu, bagi Anda yang bergerak di bidang industri yang membutuhkan wadah plastik sebagai kemasan produknya, mesin blow molding ini bisa menjadi solusi yang tepat untuk menghemat biaya pengeluaran Anda.

Produsen botol plastick umumnya menjual cetakan dalam partai besar dengan harga mulai dari Rp20 juta sampai Rp25 juta, dan Anda harus menunggu sekitar dua sampai tiga bulan sampai permintaan Anda dipenuhi. Itupun dengan risiko pesanan tidak diproduksi.

Apabila mitra utama mereka sedang membutuhkan banyak stok, bisa jadi pesanan Anda akan dinomor sekiankan. Kemungkinan terburuknya bahkan bisa saja ditolak. Terlebih lagi jika Anda berada di luar Pulau Jawa. Pengiriman partai besar ke luar pulau pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Dengan memiliki mesin blow molding sendiri, maka Anda bisa menghemat puluhan juta untuk sekali pengiriman dan mengurangi kekecewaan Anda apabila produsen botol plastik menolak pesanan Anda. Pertanyaannya, berapakah harga dari mesin blow molding?

Untuk mesin blow molding tipe standar yang mampu memproduksi 850 botol setiap jam dengan satu cetakan yang berisi dua botol ukuran 0.05 – 1.5 L, harganya sekitar Rp 330 juta.

Sementara untuk mesin yang dapat mencetak 90 buah galon setiap jam, harganya sekitar Rp 385 juta. Jika ingin yang lebih cepat proses produksinya, ada mesin blow molding full otomatis yang mampu memproduksi 600 sampai 1300 botol per jam dalam berbagai ukuran harganya sekitar Rp 525 juta.

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai jenis dan harga Mesin Injeksi Plastik / Injection Molding. Semoga bermanfaat!

5 komentar untuk "Harga Mesin Injeksi Plastik, Mesin Cetak Plastik / Injection Molding"

  1. Konten yang sangat menarik dan bermanfaat, tertarik dengan Plastic Injection Molding klik website kami untuk mendapatkan info lebih lanjut 👇

    https://www.marketdecipher.com/report/plastic-injection-molding-for-medical-device-market

    BalasHapus
  2. Bagi penjual mesin injeksi plastik / mesin cetak plastik / mesin cetak galon / mesin cetak tutup galon / injection molding diperbolehkan promosi disini.

    Akan lebih baik lagi jika memberi data lebih lengkap meliputi nama perusahaan penjual mesin, alamat lengkap dan nomor telepon.

    Soal harga mesin boleh dicantumkan, boleh juga tidak dicantumkan.

    Terima kasih
    Admin Blog

    BalasHapus
  3. Saya tertarik dng mesin injection moulding plastik. Apakah bisa utk cetak toples plastik.. mohon info kontak yg bisa dihubungi..trimakasih

    BalasHapus
  4. Kalau untuk mencetak toples plastik bisa pakai mesin cetak blow stretch untuk toples plastik.

    Toples plastik yang dimaksud disini adalah toples yang biasa digunakan untuk permen, makanan ringan, rempah rempah dan kue.

    Bagi distributor / importir / penjual mesin pembuat toples plastik bahan PET atau PC diperbolehkan promosi disini, sebaiknya juga mencantumkan nomor telepon yang bisa dihubungi.

    Terima kasih

    BalasHapus
  5. PT. FAN BENUA EXPRESSUMUM, TRADING, SUPPLIER, DISTRIBUTOR & SERVICES

    Kepada Yth : PT. / CV.
    Pimpinan Import / Purchasing : Mr. / Mrs. 

    Perkenalkan saya tyo nugraha dari PT. Fan Benua Express, kami adalah perusahaan yang bergerak di bidang Trading dan jasa freight forwading, jasa PPJK dan jasa Export-Import dengan standart pelayanan terbaik dan harga sangat kompotitif.

    Staf perusahaan kami merupakan satu tim yang energik yang sangat berkominmen dalam bekerja sesuai prosedur mutu yang sangat terjamin, untuk memastikan bahwa setiap pelanggan mendapat pelayanan pribadi yang sangat memuaskan dan penuh tanggung jawab.

    Adapun projek kerja-sama kami sebagai berikut:
    - Air dan Sea Freight (LCL & FCL).
    - Bondet Warehousing.
    - Customs Brokerage – Customs Claerance.
    - Door To Door Service.
    - Under Name.
    - Import Sea Freight & Air Freight Service.
    - Export Sea Freight & Air Freight Service.
    - Import Consulidation.
    - Customs Claerance ( All-In).
    - Second Of Machine Import.

    Kami juga melayani import undername dimana kami menyediakan legelitas import, ini adalah solusi yang kami berikan kepada perusahaan yang ingin import akan tetapi belum memiliki legelitas / surat Izin.

    Note: Perusahaan kami juga bisa mengeluarkan Mobil, Motor dan Cairan cukup dengan syarat yang diperlukan untuk data barang hanya MSDS, Midical, Invoice dan Packing List.

    Note: Jika ada barang import yang tertahan di Bea Cukai, kita bisa membantu proses penguluaranya).

    Demikianlah penawaran perkenalan kami ajukan, dan besar harapan kami agar terjalin hubungan kerjasama yang baik, atas perkenalan ini kami ucapkan terima kasih...

    Hormat Kami,
    PT. FAN BENUA EXPRESS
          Mr. Tyo Nugraha
         (Manager Import)
    0812 1314 4541 TLP / WA

    PT. FAN BENUA EXPRESS
    Office: Jl. Keahlian No.1 Lantai 2 Ruang B9, Jati Cempaka, Pondok Gede, Jawa Barat 17411Mail : info.fanbenuaexpress@gmail.com
    Web : www.fanexpres.com

    BalasHapus

Silahkan bertanya atau berkomentar...