Selasa, 05 Desember 2017

Harga Mesin Ball Mill, Spesifikasi dan Cara Kerja

Mesin ball mill merupakan sejenis mesin penggiling yang berfungsi untuk menghancurkan bahan material besar agar menjadi bubuk yang sangat halus. Mesin ini umumnya digunakan oleh industri-industri besar yang memproduksi bahan-bahan bangunan seperti keramik, semen, cat, kaca, porselen, bahan tahan api, dan lain-lain.



Meski begitu, beberapa industri kecil atau menengah juga ada yang menggunaan mesin penghancur ini, dan biasanya jenis yang digunakan adalah planetary ball mill.


Spesifikasi Mesin Ball Mill

Bagi Anda yang bergerak di industri pengolahan material batuan tambang atau logam pasti sudah tidak asing lagi dengan mesin yang satu ini. Mesin ball mill memiliki bentuk tabung dengan dua tempat penyimpanan dalam posisi horisontal yang akan berputar pada porosnya masing-masing saat mesin berjalan.

Tabung penampungan tersebut terbuat dari bahan besi berkualitas terbaik dengan volume yang berbeda-beda, tergantung dari jenis mesin dan kegunaannya. Di dalam tabung, terdapat beberapa butir bola besar dan keras yang terbuat dari baja tempa, baja karbon tinggi, atau baja paduan yang masing-masing memiliki berat antara 0.1 sampai 1 kilogram. Keberadaan bola-bola inilah yang membuat mesin ini disebut dengan ball mill.

Adapun pengisian bola-bola logam tersebut umumnya dilakukan sebanyak 40 sampai 50 persen dari volume silinder yang digunakan untuk menampung material, dan sekitar 40 persen sisanya adalah ruang kosong yang digunakan sebagai ruang udara.


Cara Kerja Mesin Ball Mill

Bekerja dengan cara memutar kedua tabung penyimpanan yang ada di dalam mesin. Ketika tabung pertama berputar, gaya sentrifugal yang tercipta membuat bola-bola baja yang ada di dalam juga ikut menggelinding, menghancurkan, dan menggiling seluruh material yang ada didalam tabung sampai menjadi halus.

Setelah proses penggilingan di tabung pertama selesai, bahan-bahan material kemudian akan masuk ke tabung penyimpanan yang kedua. Di dalam tabung kedua ini, material yang masing setengah halus akan menjalani proses penggilingan yang sama seperti sebelumnya. Hasil akhir dari proses penggilingan di tabung kedua ini adalah material yang sudah dalam bentuk bubuk dan halus.

Aspek Penting yang Perlu Anda Perhatikan


Ada beberapa aspek penting yang perlu Anda perhatikan agar mesin dapat bekerja secara optimal. Apa saja? Berikut adalah di antaranya.

Komposisi Material
Saat menggiling beberapa material dengan komposisi yang berbeda, pada beberapa kasus sering timbul reaksi kimia yang dapat menyebabkan korosi, ledakan, pembentukan residu, dan lain sebagainya. Untuk itu, keseimbangan komposisi material yang ingin dihaluskan perlu Anda perhatikan dengan seksama.

Ukuran Material
Mesin ball mill juga harus sesuai dengan ukuran material yang ingin Anda olah. Jika Anda ingin menghancurkan bongkahan material berukuran sangat besar agar menjadi partikel-partikel kecil yang sangat halus, maka Anda membutuhkan mesin dengan bola-bola penghancur yang juga berukuran besar. Jika ukuran bola-bola ball mill kecil, proses penghancuran tentu tidak akan tidak merata.

Kepadatan dan Kekerasan Material
Semakin keras material yang ingin dihaluskan, proses penggilingan tentunya juga akan semakin berat dan lama. Oleh karena itu, kepadatan dan kekerasan material juga menjadi aspek penting yang perlu Anda perhatikan sebelum menggunakan mesin ini. Jika Anda ingin menghancurkan material yang berukuran besar dan keras, maka gunakan mesin ball mill dengan tingkat kekuatan yang tinggi agar mampu mengatasi kerasnya material yang diproses.

Jenis Mesin
Berdasarkan proses penggilingannya, mesin ini dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu untuk digunakan dengan sistem kering dan sistem basah. Sementara, jika dilihat dari segi peruntukannya juga dapat dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu mesin ball mill besar dan kecil.

Mesin ball mill besar umumnya digunakan di industri atau pabrik untuk menghancurkan material bahan baku agar menjadi halus, sedangkan mesin ball mill kecil biasanya digunakan di industri kecil dan menengah untuk menggerus material yang ukurannya tidak begitu besar atau di laboratorium-laboratoium untuk melakukan pengujian hasil grinding.

Keuntungan Menggunakan Mesin Ball Mill


Banyaknya pabrik atau perusahaan yang menggunakan mesin jumlah banyak tentu bukan tanpa alasan. Berikut adalah beberapa keuntungan yang akan Anda peroleh dengan menggunakan mesin ini.
▪ Biaya instalasi lebih murah
▪ Daya listrik yang diperlukan untuk mengoperasikan mesin relatif rendah
▪ Sangat cocok digunakan oleh perusahaan dengan sistem produksi yang harus beroperasi secara terus menerus
▪ Cocok digunakan sebagai alat penggilingan di daerah terbuka
▪ Dapat digunakan untuk segala jenis material

Harga

Nah, soal harga harga cukup bervariasi, tergantung dari kekuatan dan kelebihan dari masing-masing model. Mesin Ball Mill yang berukuran kecil dengan kapasitas ruang penyimpanan 100 kilogram harganya mulai dari Rp 20 juta. Sementara untuk mesin yang berukuran lebih besar, harganya sekitar Rp 129 juta.

Semakin tinggi kemampuan mesin, maka akan semakin mahal pula harganya. Mesin yang dapat memproses hingga 1000 kilogram material per jam harganya bisa mencapai Rp 175 juta.

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai spesifikasi, cara kerja, hingga harga mesin ball mill. Semoga dapat menjadi referensi bagi Anda yang sedang mencari mesin penghancur material berjenis ball mill.
Harga Mesin Ball Mill, Spesifikasi dan Cara Kerja Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yahya

1 komentar:

  1. Hello, dimanakah saya bisa membeli mesin ballmill? Apakah ada referensi? Mohon info ke saya di 08127582228 ataupun di tomatofly1@gmail.com

    BalasHapus