Skip to main content

follow us


Jaw crusher adalah mesin penghancur batu atau material tambang lain yang keras dan biasanya ditanamkan pada suatu tempat atau proyek karena ukurannya sangat besar. Material yang akan dihancurkan dibawa langsung ke lokasi mesin agar mudah diperkecil ukurannya sebelum diangkut untuk diolah kembali.

Untuk mengenal lebih jauh tentang mesin jaw crusher 600x900 yang banyak digunakan oleh pertambangan ini, simak penjelasannya di bawah ini.

Spesifikasi Jaw crusher 600x900

Berikut spesifikasi lengkap dan penjelasan singkat:

1. Dimensi dan Berat Mesin
Mesin jaw crusher 600x900 termasuk mesin besar yang memiliki dimensi yang ukurannya mencapai 2792x2168x2250mm. Mesin ini memiliki panjang nyaris 3 meter, lebar 2 meter, dan tinggi 2 meter.

Dengan ukuran yang cukup besar ini, mesin tidak bisa dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain dengan mudah. Biasanya mesin penghancur batu ini ditanamkan di sebuah tempat permanen (planting site) untuk pengolahan bahan baku infrastruktur atau tambang.

Satu mesin memiliki berat hingga 17.6 ton. Dengan bobot yang sangat besar ini, pemindahan atau peletakan mesin pada planting site harus dibantu dengan alat berat atau penyusunan mesin dilakukan di lokasi agar lebih mudah pengangkutan serta risiko mesin rusak di jalan akan turun.

2. Kapasitas Produksi
Kapasitas produksi dari mesin adalah hal pokok yang menentukan keberhasilan dari proyek tambang atau pembangunan. Kalau kapasitas produksi penghancuran bahan mentah tidak berjalan dengan cepat dan lancar, produksi akan menurun dan memengaruhi jumlah proyek yang akan dibangun atau bahan tambang yang bisa diolah lagi menjadi produk yang berguna.

Normalnya mesin jaw crusher 600x900 mampu menghasilkan material yang lebih kecil sebanyak 56-190 ton per jam. Anda bisa membandingkan dengan Jaw Crusher 400x600.

Besar dan kecilnya kapasitas produksi ini bergantung pada besar dan kecil bahan yang dihancurkan dan kekerasannya. Semakin keras dan besar dari bahan mentah yang dihancurkan, semakin sedikit pula hasil yang akan didapatkan.

3. Input dan Output
Input atau ukuran dari bahan yang bisa diolah oleh mesin jaw crusher 600x900 sekitar 480-500 mm. Ukuran bahan mentah yang lebih besar dari itu akan sulit dihancurkan oleh dua rahang yang bergerak merapat dengan kecepatan tinggi. Batu atau bahan mentah keras yang ukurannya lebih besar dari input yang direkomendasikan bisa dipecah dahulu secara manual atau menggunakan mesin lain.

Setelah melalui proses penghancuran, bahan mentah yang sudah hancur akan disalurkan keluar dan ditampung pada wadah yang sudah disediakan. Keluaran atau output dari mesin ini mampu menghasilkan material dengan besar 75-200 mm. Material yang sudah kecil ini bisa langsung diangkut untuk diaplikasikan pada sektor infrastruktur atau diolah lagi agar siap pakai.

4. Daya yang Dibutuhkan
Dengan kapasitas produksi mencapai 56-190 ton per jam,p daya yang dibutuhkan oleh mesin ini juga sangat besar. Satu mesin penghancur batu ini membutuhkan daya sekitar 75 kw. Tambang atau kontraktor yang mengelola mesin ini harus menyediakan daya yang besar agar mesin mampu bekerja dengan maksimal.

Meski daya yang cukup besar ini, biaya operasional dari mesin ini cukup kecil sehingga cukup hemat untuk pemakaian jangka panjang. Selain itu, mesin ini juga mudah perawatannya sehingga tidak perlu membutuhkan teknisi khusus kecuali ada masalah serius.

Cara Kerja Jaw Crusher 600x900

Secara garis besar mesin ini memiliki cara kerja layaknya rahang pada manusia untuk menghancurkan makanan. Mesin ini memiliki dua buah rahang yang letaknya berhadap-hadapan. Rahang ini akan bergerak maju dan mundur secara cepat dan kuat untuk menghancurkan bahan yang dimasukkan.




Mesin jaw crusher 600x900 biasanya memiliki satu rahang yang tidak bisa digerakkan dan rahang yang bergerak terus menerus untuk menghancurkan bahan. Rahang yang bergerak bisa terletak di bagian atas atau bawah. Semakin cepat rahang bergerak kekuatan tumbukannya akan bertambah dan batu atau bahan keras lain bisa segera hancur.

Setelah bahan baku hancur akibat ditumbuk oleh dua rahang, mesin akan menyalurkannya ke saluran yang memiliki penampungan di bagian belakang. Kalau bahan yang dihasilkan belum tertumbuk menjadi lebih kecil, penumbukan bisa dilakukan hingga berkali-kali sampai ukuran yang diinginkan bisa didapatkan.

Harga Jaw Crusher 600x900

Mesin type besar ini harganya cukup mahal sehingga hanya cocok untuk industri infrastruktur atau tambang. Harga mesin jaw crusher 600x900 bervariasi dan biasanya bergantung pada merek dan fitur yang disematkan pada masing-masing produk.

Harga termurah yang bisa dibeli di pasaran sekitar Rp 250-an juta per unit. Mesin dengan harga yang cukup murah ini biasanya produk second atau dari pabrikan lokal yang belum banyak dikenal oleh industri di dalam negeri. Selanjutnya produk ini juga dibanderol dengan harga mencapai Rp 500 juta per unit.

Mesin jaw crusher 600x900 juga banyak dijual oleh produsen dari luar negeri. Harganya bervariasi dan kalau masuk ke Indonesia biasanya dikenai pajak yang cukup besar. Jadi, pertimbangkan terlebih dahulu harga, pajak, dan kualitas dari barang jika akan membeli mesin ini. Kalau kemungkinan untung yang didapatkan cukup besar sehingga bisa menutup biaya pembelian, Anda bisa membelinya.

Demikianlah uraian tentang mesin jaw crusher 600x900 beserta perkiraan harganya yang ada di Indonesia. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar