Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Merawat Mata Bor Agar Tetap Awet dan Tahan Lama

Tips Merawat Mata Bor Agar Tetap Awet
Kita perlu merawat mata bor agar dapat memperpanjang usia dalam penggunaanya. Mata bor dapat bertahan dalam kondisi baik, sehingga pekerjaan akan semakin efektif serta efisiensi dapat ditingkatkan dengan menghemat dalam pembelian mata bor baru. Berikut ini adalah tips merawat mata bor agar tetap awet dan tahan lama.

Mata bor atau bit merupakan salah satu bagian dari mesin bor listrik yang digunakan untuk membuat lubang (hole making tool). Mata bor ini memiliki gaya bekerja yang dapat dibagi menjadi dua macam yaitu gaya dorong (tekan) dan gaya putar. 

Bila anda sedang menggunakan mata bor, baik saat mengebor di mesin bor bangku, mengebor di mesin bubut atau bahkan di bor radial sekalipun anda perlu memperhatikan hal hal mendasar yang sering kali dilupakan.

Perlu anda ketaui bahwa menjaga mata bor itu sangat penting agar tidak rusak saat akan digunakan, karena bila mata bor telah rusak dan tidak tajam lagi pastinya dapat mempengaruhi kecepatan bor tersebut dalam membor objek yang anda inginkan. 

Sehingga mesin ini dapat menghabiskan waktu anda karna kerja mesin yang lambat. Itulah mengapa kita penting sekali untuk merawat mata bor agar semakin awet dan juga tahan lama.

Tips Merawat Mata Bor Agar Tetap Awet dan Tahan Lama

1. Putaran Mesin (RPM)
Cara yang pertama adalah terletak pada putaran mesin atau RPM, bila semakin besar diameter pada mata bor yang anda gunakan maka akan semakin lambat putaran yang ada, dan bila semakin kecil mata bor maka akan semakin membuat putaran bor semakin cepat. 

Itulah mengapa anda harus memilih mata bor yang tepat saat ingin melubangin suatu objek, karena dengan memilih mata bor yang dapat disesuaikan dengan tebal dan material objek yang anda ingin lubangi.

2. Material yang di Bor
Cara merawat mata bor yang kedua terletak pada material yang terdapat pada bor, kita semua pastinya telah mengerti bahwa objek apa saja yang akan kita lubangi dengan mesin bor karena semakin keras bahan yang dikerjakan semakin lambat putaran mesin yang dianjurkan. 

Bila anda sedang menebor kayu dengan mata bor 5mm contohnya, mungkin anda dapat menggunakan 800 - 1000 RPM karena kayu merupakan material yang mudah untuk dilubangi. 

Namun jika yang akan anda bor adalah material yang terbuat dari stainless steel dan anda mengebor dengan kecepatan 800 - 100 RPM mungkin sudah mengeluarkan api yang dapat membahayakan diri anda.

3. Pengasahan (penggerindaan)
Selanjutnya adalah terdapat pada pengegasan atau penggerindaan, dalam membentuk sisi potong yang kurang baik pastinya dapat menimbulkan kerusakan yang ditimbulkan seperti merasa cepat tumpul, bahanya terasa lebih keras, hasil lubang yang tidak bagus, mesin yang cepat panas dan lain lain. 

Anda perlu untuk memeriksa kembali apakah hasil asahan anda sudah tepat agar dapat membuat mata bor menjadi lebih tahan lama.

4. Pendinginan
Selanjutnya adalah terdapat pada pendinginan, perlu anda ketahui bahwa pendinginan pada mata bor tidak dapat di remehkan karena hal ini dapat membuat mata bor anda tidak dapat digunakan dalam waktu yang lama, hal ini di karenakan dalam pekerjaan yang cukup lama dan banyak mata bor juga pastinya membutuhkan suatu proses pendinginan. 

Comtohnya seperti menyembrotkan air ketika mata bor sedang melakukan pengerusan pada suatu material (biasanya metal). Namun setiap material memiliki jenis pendinginan yang berbeda.

5. Selanjutnya adalah menjaga temperatur mata bor agar tidak terlewat panas atau over heat, sehingga hal ini dapat menunda mata bor yang cepat aus dan tumpul. Selain itu menjaga temperatur mata bor dapat memperpanjang usia dalam penggunaanya. 

Mata bor yang digunakan secara terus menerus atau untuk waktu yang panjang, akan meningkat temperaturnya, maka sebaiknya berikan jeda waktu untuk berhenti sejenak hal ini bertujuan agar suhu temperaturnya turun. 

Untuk material yang keras, anda dapat memberikan pelumasan dengan minyak pelumas untuk mendinginkan mata bor.

6. Dalam merawat mata bor agar semakin awet, anda perlu membiasakan melakukan pembersian pada mata bor anda setelah digunakan. 

Karena perlu anda ketahui bahwa kerak material yang menempel pada mata bor dapat menyebabkan karat dan mengakibatkan bidang potongnya tumpul.

7. Selanjutnya adalah jika mata bor anda sudah mulai tumpul, maka anda perlu mengasah mata bor dengan menggunakan gerinda. 

Hal ini perlu dilakukan oleh keahlian khusus, anda dapat menghubungi bengkel las atau toko besi untuk mengasah mata bor milik anda yang telah tumpul.

8. Dan tips merawat merawat mata bor agar dapat digunakan dalam waktu lama yaitu simpanlah mata bor setelah dipergunakan, simpanlah di tempat yang kering dan juga jauh dari jangkauan anak anak. 

Dalam penyimpanan ini anda perlu menghindari tempat lembab yang nantinya dapat menimbulkan karat pada mata bor.

Cara Menggunakan Mata Bor yang Tepat dan Benar

Taukah anda dalam penggunaan mesin bor yang asal asalan dapat merusak mesin anda, hal ini pastinya dapat membuang wantu anda dan juga biasa anda dari segi pemeliaraan hingga pembelian mesin yang baru.

1. Material
Yang pertama adalah material, anda perlu menggunakan matabor pada material yang telah sesuai dengan benda kerja anda. Anda jua perlu memastikan mata bor anda telah sesuai dengan benda kerja yang akan anda lubangi. 

Hal ini sering kali dianggap remeh karena masih banyak yang menggunakan mata bor yang tidak sesuai. 

Contoh penggunaan bila sedang menebor kayu dengan mata bor 5 mm , mungkin anda dapat menggunakan 800 - 1000 RPM karena kayu merupakan material yang mudah untuk dilubangi. 

Namun jika yang akan anda bor adalah material yang terbuat dari stainless steel dan anda mengebor dengan kecepatan 800 - 100 RPM mungkin sudah mengeluarkan api yang dapat membahayakan diri anda.

2. Putaran Mesin (RPM)

Selanjutnya adalah putaran mesin, anda perlu sekali untuk memerhatikan jika ingin membuat suatu lubang denan diameter yang besar, maka anda dapat menggunakan mata bor yang juga besar. 

Karena hal ini berbanding terbalik dengan RPM (Rotasi Per Menit); semakin besar diameter mata bor anda maka akan semakin rendah RPM mesin yang harus digunakan.

3. Temperatur
Selanjutnya adala tempertatur, dalam pemakaian mata bor, anda perlu mengusahakan agar mata bor anda tidak kepanasan. Karena dapam pemakaian yang secara terus menerus dalam jangka yang panjang dapat menaikkan suhu mata bor secara berlebihan. 

Hal ini tak hanya dapat menyebabkan mata bor menjadi cepat tumpul sehingga mengurangi usia pakainya. Anda perlu memberikan waktu jeda dalam penggunaan anda agar temperatur mata bor turun, dan bila perlu berikan coolant pada mata bor.

4. Kebersihan
Kabersian perlu selalu di jaga, anda harus membiasakan melakukan pembersihan pada mesin bor setelah digunakan. Karena kerak material yang menempel pada mata bor dapat menyebabkan karat dan mengakibatkan bidang potongnya tumpul. 

Lalu simpan lah mata bor anda pada tempat yang aman, kering dan tidak lembab agar mata bor anda tidak berkarat.

5. Tumpul
Dan terakhir bila mata bor anda mengalami tumpul atau berkarat anda dapat mengunakan pelumas atau abbrasive untuk membersihkan karatnya. 

Bila mata bor anda tumpul anda dapat menggunakan gerinda untuk mengasahnya. Sebisa mungkin mata bor tersebut anda asah dengan hasil asahan seperti baru. 

Demikian tips merawat mata bor agar tetap awet dan tahan lama. Semoga dapat menambah wawasan kita semua, serta dapat membantu anda dalam merawat mata bor agar semakin awet.

Posting Komentar untuk "Tips Merawat Mata Bor Agar Tetap Awet dan Tahan Lama"