Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis dan Ukuran Mata Bor Listrik yang Perlu Diketahui

Jenis dan Ukuran Mata Bor Listrik yang Perlu Diketahui
Mata bor adalah salah satu alat yang berfungsi sebagai pembuat lubang pada kayu, plastik, dinding, besi, logam dan kaca. Banyak jenis dan ukuran lubang yang terdapat pada mesin bor. Berikut ini adalah jenis dan ukuran mata bor listrik yang perlu diketahui. 

Mata bor memiliki gaya yang dapat bekerja pada bit dan dibagi menjadi dua macam yaitu gaya dorong (tekan) dan gaya putar. 

Jenis dan Ukuran Mata Bor Listrik yang Perlu Diketahui

Setiap bahan yang ingin di lubangi dengan mengggunakan mesin bor listrik, pastinya memiliki kekuatan material yang berbeda beda. Dan hal ini tentu saja dapat dilakukan dengan mesin bor yang sama, namun menggunakan mata bor yang berbeda beda. 

1. Twist Bits
Jenis mata bor yang pertama ini adalah twist bits, mata bor jenis ini merupakan jenis yang paling banyak dan sering digunakan. 

Karena jenis ini dapat digunakan pada mesin bor tangan dan mesin bor dudu, baik digunakan secara horizontal maupun vertikal. Selain itu jenis ini jua dapat diunakan untuk melubangi kayu, plastik dan logam. 

Ukuran mata bor jenis ini berdiameter mulai dari 0,002 sampai 3,5 in, atau mulai dari 0,051 sampai 88,9 mm. Sedankan untuk panjangnya matabor jenis ini sendiri bisa mencapai 25,5 in (650 mm).

2. Masonry Bits
Jenis selanjutnya adalah masonry bits, yaitu jenis mata bor yang biasa digunakan untuk melubangi tembok, beton dan batu. Jenis ini memiliki mata bor yang pada ujungnya dilankapi dengan mata pisau. 

Selain itu masonry bits ini terbuat dari bahan yang memiliki tekstur sangat keras karena penggunaan mata bor ini selain berputar namun juga memukul. Pada jenis ini tersedia mata bor dengan ukuran 4 hingga 15 mm. 

Mata bor jenis ini sangat cocok diunakan untuk memasang kabel dan pipa air keran di rumah atau gedung.

3. Spur Bits
Selanjutnya adalah jenis spur bits, jenis ini sering di kenal dengan sebutan mata bor kayu. Hal ini di karenakan mata bor ini memiliki bagian ujung yang runcing, dan juga pada bagian kelilingnya terdapat pisau pengiris. 

Perlu anda ketahui bahwa ujung yang runcing pada mata bor ini bertujuan untuk menjaga mata agar tetap lurus sehingga lubang yang dihasilkan presisi. Mata bor ini tersedia dalam ukuran yaitu 6 hingga 15 mm.

4. Countersink Bits
Mata bor berikutnya ini adalah countersink bits, yaitu mata bor yang digunakan untuk melubangi kayu untuk kepala sekrup yang bertujuan agar permukaan sama rata. 

Mata bor ini memiliki bagian ujung yang bersudut 90 derajat, hal ini berfungsi untuk membuat lubang 45 derajat terhadap permukaan kayu.

5. Forster Bit
Forster bit adalah mata bor yang biasanya diunakan untuk membuat lubang pada engsel sendok. Bila anda ingin menggunakan mata bor ini sebaiknya gunakan dengan mesin bor duduk agar lebih stabil. 

Jika anda menggunakannya dengan mesin bor tangan maka akan sangat sulit mengendalikan kestabilan posisi mata bor dan lubang yang dihasilkan pun menjadi kurang berkualitas.

6. Hole Saw Bits
Hole saw bits merupakan jenis mata bor yang sering dikenal sebagai gergaji lubang karena mata bor ini memiliki bentuk seperti gergaji dengan diameter yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda. Mata bor ini memiliki derdiameter sekitar 25 hingga 60 mm.

7. Metal Standar
Metal standar ini merupakan mata bor yang biasa digunakan untuk melakukan pengeboran pada plat besi, kuningan, alumunium, dan akrilik. Mata bor ini memiliki dua jenis yang tersedia di pasaran yaitu High Speed Steel (HSS) dan juga HSS-Co ( Cobalt ). 

Pada jenis HSS-Co memiliki keunggulan yang lebih keras dari HSS, sehingga hal ini menyebabkan dalam penggunaan HSS-Co lebih awet dan memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan HSS. 

8. Auger Bit
Mata bor ini biasanya digunakan untuk melubangi beraneka ragam jenis kayu maupun material lunak yang lainya. Jenis auger bit ini memiliki ukuran yang lebih besar bila dibandingkan dengan mata bor kayu standar pada umumnya. 

Selain itu mata bor jenis ini memiliki bentuk ulir tunggal atau single flute dan biasa digunakan untuk mesin bor dengan putaran rendah.

9. Flat Bit
Flat bit ini adalah mata bor yang memiliki keguaan sama dengan Auger Bit yaitu untuk melubangi beraneka ragam jenis kayu maupun material lunak yang lainya. 

Namun pada jenis ini memiliki bentuk yang lebih pipih rata (flat). Selain itu jenis ini biasanya digunakan dengan bor tangan manual yang memiliki putaran mesin sangat rendah, dan tidak disarankan untuk menggunakan bor tangan listrik.

10. Hinge Borring Bit
Selanjutnya adalah jenis hinge borring bit, jenis ini biasa digunakan untuk melubangi kayu atau juga material yang lunak lainnya. 

Selain itu jenis ini juga digunakan untuk membuat lubang dengan ukuran cukup besar yang mana sudah tidak ada lagi kurang diameter pada mata bor kayu standar.

11. Chisel Bit
Mata bor chisel bit ini biasanya digunakan untuk membuat lubang yang memiliki bentuk kotak pada material kayu. dan digunakan pada mesin Hollow Chisel Mortiser.

12. Mortiser Bit
Selanjutnya adalah kenis mortiser bit, jenis ini biasannya diunakan untuk membuat lubang geser pada kayu, dan digunakan pada mesin Mortising.

13. Router Bit
Jenis mata bor router bit ini dapat digunakan untuk membuat beraneka bentuk profile pada kayu atau material lunak lainnya, mata bor jenis ini jua dapat dioperasikan dengan mengggunakan mesin Router atau Trimmer.

14. Mata Bor Kaca
Selanjutnta mata bor kaca, jenis ini dapat digunakan untuk melubanggi kaca. Jenis ini memiliki bentuk yang berbentuk seperti tombak sehingga mata bor ini sering disebut sebagai mata bor tombak.

15. Hole Saw Metal
Selanjutnya adalah jenis hole saw metal, jenis ini biasanya digunakan untuk membuat lubang pada metal dengan diameter tertentu, biasanya untuk diameter yang cukup besar.

16. Core Drill Bit
Dan yang paling terakir adalah jenis core drill bit, jenis ini sama dengan  dengan mata bor Core Drill Bit, hanya saja digunakan untuk membuat lubang pada beton, dinding, marmer, granit dan jenis batuan lainnya dengan ukuran tertentu, biasanya digunakan pada ukuran yang cukup besar.

Pastikan sebelum anda melubangi kayu atau logam dan lain sebagainya, pastikan anda telah melubanginya terlebih dahulu dengan menggunakan paku, hal ini bertujuan agar dapat mengarahkan mata bor supaya dapat menghasilkan lubang yang anda inginkan.

Bila anda sedang menggunakan mata bor, baik saat mengebor di mesin bor bangku, mengebor di mesin bubut atau bahkan di bor radial sekalipun anda perlu memperhatikan hal hal mendasar yang sering kali dilupakan.

Demikian jenis dan ukuran mata bor listrik yang perlu diketahui. Semoa artikel ini dapat menamba wawasan kita semua, serta dapat membantu anda dalam mengenal jenis dan ukuran mata bor listrik.

Posting Komentar untuk "Jenis dan Ukuran Mata Bor Listrik yang Perlu Diketahui"