Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Memilih Mesin Bubut Mini

Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Memilih Mesin Bubut Mini

Mesin bubut mini adalah mesin dengan ukuran mini yang dapat menyederhanakan prinsip kerja mesin bubut yang besar. Mesin ini dapat digunakan untuk membubut bahan lignin plastic, soft metal, acrylic, plastic dan lainnya. Berikut ini adalah hal yang perlu dilakukan sebelum memilih mesin bubut mini.

Mesin bubut merupakan sebuah perkakas yang memiliki fungsi penting dalam pembentukan atau pemotongan setiap bahan ini sangat sering digunakan. 

Dipasaran mesin ini banyak sekali dijualkan dan mesin ini memiliki banyak sekali jenis yang dapat digunakan sesuai kebutuhan bagi para para pekerja atau usaha industri.

Salah satu dari jenis mesin bubut adalah mesin bubut mini yang sangat umum digunakan pada beberapa proses dalam pengerjaan bahan bahan yang berukuran kecil atau mini. Dapat dicontohkan seperti logam, kayu, batu ataupun bahan lainnya yang dibutuhkan.

Dari sistem pengerjaanya mesin bubut terbagi menjadi dua jenis yaitu mesin bubut yang digunakan secara manual dan ada juga mesin yang digunakan dengan menggunakan bantuan operator atau tenaga oleh para pekerja. 

Mesin bubut memiliki prinsip kerja yaitu secara memutar, hal ini membuat mesin bubut terdapat beberapa bagian yang harus melakukan kerja sama sehingga dapat menghasilkan benda seperti apa yang diinginkan. 

Perlu anda ketahui bahwa setiap bahan baku memiliki kebutuhan alat atau mesin dengan jenis yang berbeda - beda, sehingga dapat anda sesuaikan dengan sendirinya.

Karena mesin bubut ini memiliki fungsi yang sangat penting, dan dikarenakan bahan dari pembuatan mesin pembuatan yang berkualitas dan memiliki cara kerja yang baik membuat harga dari sebuah mesin bubut tergolong sangat mahal. 

Dari mulai jutaan rupiah sampai dengan ratusan juta rupiah tergantung seri mesin atau kemampuannya. Sehingga hal ini membuat banyak orang atau para pengguna yang lebih memilih membeli mesin bekas yang berkualitas.

Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Memilih Mesin Bubut Mini

Bagi anda yang ingin membeli mesin bubut mini, baik secara bekas maupun baru anda pastinya perlu memerhatikan beberapa hal. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dilakukan dalam memilih mesin bubut mini. 

1. Mengenal Penjual
Hal yang pertama perlu untuk anda perhatikan adalah penjual, mengenal penjual sangat penting untuk anda lakukan. 

Hal ini dikarenakan setiap penjual pastinya tidak berbeda dengan penjual pada umumnya, ada yang memang benar benar jujur dan ada juga yang hanya mencari keuntungan semata. 

Sebelumnya dalam memilih mesin bubut mini anda sanat diperlukan untuk memahami setiap perbedaan harga dari masing masin mesin. 

Jangan sampai anda mendapatkan harga mesin bubut mini yang sama dengan harga mesin bubut lainya. Hal ini dilakukan bertujuan agar anda tidak menjadi salah satu korban penipuan dari para penjual mesin bekas yang nakal.

2. Memeriksa Mesin Secara Keseluruhan
Hal selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah sama seperti melakukan pembelian mobil, anda pastinya perlu memeriksa mesin secara keseluruhan terlebih dahulu atau komponen yang terdapat pada mesin tersebut. 

Mesin adalah perangkat yang terdiri dari beberapa item atau komponen yang saling bekerja sama, sehingga bila terdapat salah satu saja yang hilang pasti mesin bubut anda akan mengalami kendala saat digunakan.

3. Lakukan Tes Mesin

Selanjutnya hal yang perlu anda lakukan adalah melakukan tes pada mesin, hal ini sangat penting untuk dilakukan. 

Hal ini agar anda lebih paham dalam sistem kerja mesin, dan juga masalah apa yang akan terjadi dan apa saja yang dapat menjadi kendala pada saat mesin tersebut sedang digunakan. 

Sehingga anda dapat mengetahui kondisi mesin yang akan anda pilih, pastikan anda melakukan tes dengan benar agar mendapatkan mesin yanf memang benar benar memiliki kualitias baik.

4. Memeriksa Gear dan Bearing Pada Mesin
Selanjutnya anda juga sangat perlu untuk melakukan pemeriksaan terhadap gaer dan juga bearing pada mesin. 

Hal ini dikarenakan kedua komponen pada mesin bubut ini memiliki peran yang sangat penting, sehingga anda sangat diperlukan untuk memeriksa agar mesin bubut anda tidak terjadi masalah kedepannya. 

Dan memang bila mesin anda telah mengalami kendala dapat beresiko buruk, bahkan proyek yang sedang anda kerjakan tidak bisa sesuai dengan harapan. 

Selain itu anda juga perlu untuk memeriksa pada bagian penggerak secara otomatis apakah masih berfungsi baik atau tidak.

Karena pada dasarnya sebelum membeli sesuatu mesin baik itu baru maupun bekas, anda sangat perlu untuk memeriksa keadaan mesin dalam pengecekan disetiap kmponen yang dimiliki mesin tersebut. 

Ukuran yang Dimiliki Mesin Bubut

Mesin bubut tentunya memiliki ukuran yang telah ditentukan oleh bagian terbesar dari stok yang bisa digerakkan. 

Sehingga hal ini membuat bila sebelum anda mengerjakan benda kerja, pengukuran berikut yang harus anda perhatikan adalah : diameter pekerjaan terhadap bed dan panjang antara pusat bubut.

Mesin ini memiliki sedikit perbedaan yang dapat memudahkan anda dalam mengelompokannya yang terbagi menjadi tuga katagori yaitu : mesin bubut ringan, mesin bubut alat presisi, dan mesin bubut gap, yang juga sering dikenal sebagai mesin bubut tipe ekstensi. 

1. Mesin Bubut Ringan
Ukuran yang pertama adalah mesin bubut ringan, mesin ini pada umumnya memiliki memiliki ayunan kurang lebih 10 inci, yang dapat di letakkan atau di pasang di atas bangku dan juga meja. 

Mesin bubut ringan ini dapat menyelesaikan sebagian besar pekerjaan pemesinan, namun mungkin terbatas yang dikarenakan mesin ini memiliki ukuran material yang bisa diputar.

 2. Mesin Bubut Presisi (standar)
Selanjutnya adalah mesin bubut standar atau presisi, mesin ini sering dikenal dengan mesin bubut mutrafaktur standar dan mesin ini dapat digunakan untuk semua oprasi bubut. 

Hal ini berarti mesin dapat digunakan pada oprasi bubut seperti berputar, membosankan, pengeboran, reaming, menghasilkan benang sekrup, lancip, knurling, dan radius forming, dan dapat disesuaikan untuk operasi penggilingan khusus, hal ini juga harus di sesuaikan dengan perlengkapan yang sesuai. 

Mesin bubut standar ini merupakan jenis yang dapat menangani benda kerja yang memiliki ukuran hingga 25 inci dan memiliki panjang hingga 200 inci.

Namun pada ukuran umumnya adalah sekitar ayunan 15 inci dengan 36 sampai 48 inci di antara pusat pusat. Dan mesin bubut ini sangat banyak untuk memproduksi  alat - alat khusus karena memiliki keakuratan mesin yang tinggi.

 3. Mesin Bubut Tipe GAP
Dan yang ketiga adalah mesin bubut dengan tipe GAP, mesin ini sangat mirip dengan mesin jam tangan, dan mesin bubut ini dapat disesuaikan dengan diameter mesin yang lebih besar dan benda kerja yang lebih panjang. 

Para pengguna dapat meningkatkan ayunan dengan menggerakkan bed jarak dari headstock yang dapat dilakukan dengan satu atau dua kaki. Dengan menggeser tempat tidur dari headstock, celah bubut dapat digunakan untuk mengubah benda kerja yang sangat panjang di antara pusat center.

Demikian hal yang perlu dilakukan sebelum memilih mesin bubut mini. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam memilih mesin bubut agar mendapatkan mesin yang berkualitas, serta dapat menambah wawasan kita semua.

Posting Komentar untuk "Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Memilih Mesin Bubut Mini"