Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Merk dan Type Kawat Las Listrik yang Perlu Diketahui

Merk dan Type Kawat Las Listrik

Kawat las listrik merupakan bahan utama yang digunakan pada proses pengelasan SMAW sebagai bahan tambah saat proses mengelas. Sehingga dalam proses pengelasan pastinya membutuhkan kawat las listrik. Berikut ini adalah daftar merk dan type kawat las listrik yang perlu diketahui.

Kawat las listrik ini akan mencair dengan base metal pada saat proses pengelasan sedang berlangsung. Kawat ini banyak sekali terdapat pada perusahaan yang memproduksikanya. 

Namun perlu anda ketahhui bahwa kawat las listrik yang paling umum adalah kawat dengan merk ESAB, Kawat las Nikko Steel, Kawat Las Multipro, kawat las Kobe Steel dan beberapa merek lainnya.

Merk dan Type Kawat Las Listrik yang Perlu Diketahui

Berikut ini adalah daftar dari merk dan type kawat las listrik yang perlu di ketahui beserta dengan harganya mulai dari harga terendah hingga harga tertinggi. Agar dapat memudahkan anda dalam mencarinya.

Merk dan Type Harga*
Kawat Las Listrik ATLANTIC CHE58-1 (E7018) 3.2 mm - 5 kg Rp 25.300
Kawat Las Listrik ELLPRO ukuran 2 mm x 300 mm Rp 28.500
Kawat Las Listrik / Elektroda ELLPRO 2 mm x 300 Rp 28.500
Kawat Las Listrik Elektroda Nikko RD 260 size 2.6 x 350 mm Rp 29.500
Kawat Las Listrik 2MM NIKKO STEEL RD260 / KAWAT LAS RD-260 2MILI Rp 33.500
Kawat Las Listrik Nikko Steel RD-260 2 mm x 300 mm Rp 35.000
Kawat Las ESAB Weld 6013 – 2.5mm Rp. 55.000
Kawat las Nikko RD 2,0 Rp 65.000
Kawat Las Listrik ukuran 2 mm Nikko Steel 2 KG 1 dus Rp 67.000
Kawat Las Listrik / Elektroda Nikko RD 260 size 2.0x300mm Rp 70.000
Kawat las KOBE steel 2.6 mm lb 5218 listrik pengelasan besi baja perkg Rp 110.000
Kawat Las Listrik RB-26 3,2 / Kawat las listrik / Kawat las welding electrodes Rp 120.000
Kawat Las Besi E6013 3.2 mm - 3.2-mm Listrik Stick - Wizcore We60 Rp 164.000
Kawat Las ESAB Weld 6013 – 3.2mm Rp. 175.000
Kawat Las Nikko Steel NSN 308 – 2.0mm Kawat Las Elektroda Stainless Steel Rp 429.000

*Harga kisaran. setiap masing masing toko memiliki harga yang berbeda beda.

Perlu anda ketahui bahwa kawat las listrik memiliki ukuran yang berbeda beda, anda dapat memilih ukuran kawat yang sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Kawat las listrik tersebut memiliki beberapa ukuran diameter yaitu, diameter 2,0 2,6 3,2 4,0 dan 5,0 mm.

 Kawat ini juga memiliki jenis pada materialnya, hal ini dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan yang anda inginkan. 

Apabila anda akan mengelas material dengan bahan yang terbuat dari baja, maka anda dapat menggunakan elektroda yang memang telah dikhususkan untuk mengelas baja, dan bila anda ingin pengelasan material aluminium makan anda juga harus memakai kawat las yang memang untuk mengelas material alumunium.

Dan untuk spesifikasi lengkapnya anda dapat melihat pada katalog atau box dari kawat las listrik tersebut. 

Mengenal Kawat Las Listrik Lebih Jelas

Banyak dari masyarakat masih belum memiliki pemahaman yang mendalam tentang dunia mengelasan, pastinya tidak banyak masyarakat mengetahui bahwa sebenarnya ada berbagai jenis kawat las yang digunakan untuk melakukan pengelasan untuk jenis material yang berbeda. 

Perbedaan yang terdapat diantara berbagai jenis kawat las listrik atau yang sering juga disebut elektroda ini terletak pada berbagai hal termasuk juga besaran arus listrik yang akan dipergunakan dalam proses pengelasan. 

Material yang berbeda pastinya membutuhkan besaran arus listrik yang berbeda juga, untuk memberikan hasil las yang paling sesuai dengan kebutuhan yang ada.

Standar Lawat Las Listrik
Terdapat standar yang dapat digunakan oleh para pelaku industri pengelasan untuk dapat menentukan elektroda yang akan digunakan dan besaran arus listrik yang di perlakukan. 

Standar yang umum di gunakan adalah standar yang telah ditenrulan oleh American Welding Society (AWS), yang merupakan badan pengelasan resmi dari di Amerika Serikat.

Standar yang telah ditetapkan oleh AWS ini telah diakui secara luas dan dipergunakan sebagai standar pengelasan di berbagai negara. AWS ini telah mengeluarkan standar yang telah dinyatakan dengan tanda EXXXX.

1.  Tanda E: Tanda ini merujuk pada keterangan kawat las listrik

2.  Tanda XX : Tanda ini dua angka pertama yang menuju pada kekuaran tarikan dari kawat las listrik tersebut yang telah di nyatakan dalam datuan kilo pund square inch atau Ksi. Satuan ini juga sering dinyatakan dalam lb/in².

3.  Tanda X : Merupakan tanda dari angka ketiga yang menuju pada posisi pengelasan yang bisa dilakukan dengan kawat las tersebut. 

Angka 1 menunjukkan penggunaan pada semua posisi, angka 2 menunjukkan bahwa kawat las tersebut dapat dipakai pada posisi datar dan horizontal dan angka 3 menunjukkan bahwa kawat las tersebut hanya dapat dipakai pada posisi flat saja.

4.  Tanda X : Tanda ini adalah tanda keempat yang menuju pada jenis pelapis dan arus yang dipergunakan pada kawat las listrik tersebut.

Spesifikasi ini telah berlaku untuk penggunaan pengelasan pada Mild Steel sementara untuk spesifikasi atau standar untuk proses pengelasan yang lain seperti untuk Low Alloy Steel dan juga untuk Stainless Steel yang memiliki berbagai kode tambahan lagi di belakang kode standar yang telah disebutkan. 

Para pelaku industri pengelasan wajib mengetahui dengan persis apa yang telah tertera pada kotak kemasan kawat las listrik yang akan anda beli sehingga anda dapat mengetahui kegunaan yang spesifik dari elektroda tersebut.

Kawat Las Listrik Baja
Pada kawat las listrik yang akan digunakan untuk pengelasan baja lunak sendiri terdiri atas berbagai jenis tergantung dari material yang dipergunakan. Berikut ini adalah beberapa contoh yang terdapat diantaranya. :

1. Kawat listrik yang digunakan untuk proses pengelasan besi tuang yang terbagi lagi atas beberapa jenis kawat las listrik yaitu kawat las listrik baja, kawat las listrik nikel, kawat las listrik perunggu dan kawat las listrik dengan hydrogen rendah.

2. Kawat las listrik yang khusus digunakan pada aluminium.

3. Kawat las listrik yang khusus digunakan untuk pelapis keras yang bertujuan untuk memberikan lapisan yang keras pada material yang dilas sehingga material tersebut bisa lebih tahan terhadap berbagai hal. 

Kawat las listrik pada jenis ini sendiri terbagi atas 3 macam yaitu kawat las tahan aus, kawat las tahan pukulan dan kawat las tahan kikisan.

Jenis Kawat Las
Berdasarkan pada selaput pelindungnya, kawat las listrik ini dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu:
- kawat listrik polos
- kawat las listrik berselaput

Pada kawat las listrik berselaput terdiri dari dua bagian yang memiliki fungsi berbeda, yaitu:

1. Bagian inti pada kawat las ini berfungsi :
- Sebagai penghantar arus listrik  dari tang kawat las ke busur yang terbentuk, setelah bersentuhan dengan benda kerja.
- Sebagai bahan tambah

Sedangkan untuk baham inti pada kawat las listrik ini terbuat dari bahan logam ferro dan non ferro, seperti baja karbon, baja paduan, aluminium, kuningan dan lain lain.

2. Bagian salutan pada kawat las listrik yang berfungsi :
- Berfungsi untuk memberikan gas pelindung pada logam yang dilas, melindungi kontaminasi udara pada waktu logam dalam keadaan cair.

- Dapat membentuk lapisan terak, yang bertujuan untuk melapisi hasil pengelasan dari oksidasi udara selama proses pendinginan.

- Dapat menghindari proses pendinginan agar tidak terlalu cepat.

- Dapat emudahkan penyalaan.

- Berfungsi sebagai pengontrol stabilitas busur.

Saluran yang terdapat pada kawat las listrik yang telah terlepas atau terbuka dari bungkusanya, harus segera disimpan di dalam kabiner pemanas atau oven dengan suhu 15 derajat lebih tinggi dari suhu udara luar, sebab lapisan tersebut sangat peka terhadap kelembaban.

Apabila dibiarkan lembab, maka akan menyebabkan hal- hal yang tidak dinginkan seperti berikut : 

- Salutan mudah untuk  terkupas, sehingga sulit untuk dihidupkan
- Percikan yang berlebihan
-Busur tidak stabil
- Asap yang berlebihan

Demikian merk dan type kawat las listrik yan perlu diketahui. Semogaa dapat menambah wawasan kita semua serta dapat membantu anda dalam memilih kawat las listrik yang diinginkan.

Posting Komentar untuk "Merk dan Type Kawat Las Listrik yang Perlu Diketahui"