Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Mesin Bor Listrik yang Tepat Sesuai Kebutuhan

Cara Memilih Mesin Bor Listrik yang Tepat
Kini mesin bor listrik telah memiliki fungsi yang semakin lengkap, yang membuatnya kini wajib untuk ada disetiap rumah. Pastikan anda memiliki mesin bor yang tepat karena terdapat banyak sekali pilihan yang bisa ditemukan di pasaran. Berikut ini adalah cara memilih mesin bor listrik yang tepat sesuai kebutuhan.

Cara Memilih Mesin Bor Listrik yang Tepat Sesuai Kebutuhan

Mempertimbangkan Mesin Bor Berdasar Kebutuhan
Mesin bor listrik memiliki merk yang banyak dan juga cukup terkenal di pasaran yaitu : Makita, Bosch ataupun Black & Decker yang ditawarkan bagi para profesional bahkan bagi pemula sekalipun. 

Karena banyaknya tipe dan merk yang terdapat pada mesin bor listrik, membuat tak jarang orang yang masih awam kebingungan ketika akan membeli bor. 

Karena hal ini untuk kebutuhan rumah tangga, mengerjakan kerajinan atau untuk keperluan industri, karena masing masing industri memerlukan tipe bor khusus agar mendapatkan hasil maksimal.

Pertimbangkan Kekuatan
Cara memilih mesin bor selanjutnya adalah mempertimbangkan kekuatan mesin, perlu anda ketahui bahwa bor yang berkualitas, memiliki kekuatan yang konstan dan stabil dari awal sampai akhir penggunaan. 

Pada dayanya bor listrik modern terdiri dari bor portabel (baterai) dan bor berkabel. Makin besar watt ataupun volt yang telah tertera pada spesifikasi, maka semakin kuat juga bor listrik tersebut . 

Dan pada bor portabel memiliki kekuatan juga ditentukan oleh daya yang tersisa pada baterai. 

Kekuatan Daya Baterai
Selanjutnya anda perlu memerhatikan kekuatan daya baterai, berbeda dari bor listrik yang menggunakan baterai. Bor portabel memiliki baterai yang memiliki besaran dengan skala milliampere hour (mAh) pada tabel spesifikasinya. 

Semakin besar nilai mAh, maka akan semakin lama juga baterai tersebut menghidupi mesin bor. Anda perlu diingat juga bahwa baterai ini akan mengalami peurunan kualitas selama masa kerjanya. 

Selanjutnya anda pelru memerahtikan juga jenis material baterai dimana bahan lithium ion dianggap lebih baik dibanding bahan nickel cadmium.

Faktor Penggunaan
Cara selanjutnya adalah perlu anda ketahui bahwa bor yang berkualitas seharusnya mudah dalam digunakan pada berbagai kondisi pekerjaan. 

Bentuk dari mesin bor listrik ini sendiri sebenarnya juga tidak banyak berbeda dan yang membedakan hanyalah posisi tombol saja. Terdapat pula fitur modern lain yang juga akan membantu seperti lampu. 

Contoh pada lampu karena dengan adanya lampu dapat memberikan menerangan pada arah mata bor, yang dapat membuat proses pengerjaan akan menjadi lebih mudah dalam kondisi kurang cahaya atau bahkan gelap sekalipun. 

Selain itu mesin ini memiliki juga kelengkapan mata bor yang juga perlu untuk dipertimbangkan. Terdapat beberapa mesin bor yang dapat dijual mesinnya saja atau juga telah dilengkapi dengan set mata bor yang memiliki fungsi tertentu. 

Perlu anda ketahui bahwa memilih mata bor yang lengkap tentunya menjadi investasi yang baik untuk kemungkinan pekerjaan di masa mendatang. 

Karena bor tersebut dapat digunakan untuk melubangi sesuatu, sebagai obeng mekanis atau bahkan untuk menghaluskan bahan kayu dengan mata sanding drum.

Mesin bor memiliki jenis dan juga ragam yang banyak dan tentunya berfungsi untuk semakin memudahkan berbagai macam pekerjaan. 

Mesin ini merupakan peralatan wajib yang terdapat di dalam gudang, dan alat ini juga dapat dijadikan sebagai peralatan yang wajib dimiliki pada berbagai industri yang juga memerlukan fungsionalitas suatu bor. 

Itulah yang dapat membuat banyak produsen yang sangat bersaing untuk menciptakan perangkat bor dalam berbagai varian di pasaran.

Cara Merawat Mesin Bor Listrik Agar Semakin Awet dan Tahan Lama

Anda perlu merawat mesin bor anda agar semakin awet dan juga tahan lama, sehingga mesin anda dapat terus digunakan tanpa mengalaami kendala kerusakan pada mesin anda. Berikut ini adalah cara merawat mesin bor listrik agar semakin awet dan tahan lama. 

Lepas dan Bersihkan Akaesoris Pada Mesin Bor
1. Hal pertama yang perlu anda perhatikan dalam merawat mesin bor yang benar yaitu dengan melepas aksesoris, aksesoris ini dapat berupa mata bor, socket, dan yang lain lain. 

Perlu anda ketahui bahwa melepas aksesoris pada saat mesin bor anda tidak sedang digunakan dapat menghindari terjadinya kerusakan pada drill chuck anda karena posisinya yang terus mengcengkram aksesoris tersebut. 

Apalagi bila aksesoris pada mesin bor anda berkarar, maka drill chuck anda bisa terkontaminasi dengan karat tersebut, karena besi yang telah berkarat maka secara otomatis akan menyebar dan akan cepat rusak. 

Jadi sebaiknya anda perlu melepas aksesoris pada mesin bor anda bila mesin telah selesai digunakan.

2.Hal selanjutnya anda dapat membersihkan aksesoris dan juga drill chuck anda dengan menggunakan cairan anti karat dengan tujuan agar besi tetap terawat. 

Bila anda telah melakukan secapa rutin pembersihan pada alat bor dan juga asesoris bor dengan menggunakan cairan anti karat, pastinya anda akan memiliki alat alat dengan kualitas yang tetap terjaga. 

Hal seperti ini sifatnya tidak permanen karena karat tetap dapat mengkontaminasi besi anda melalui udara dan cairan. Tapi dengan melakukan cara ini dapat memperlambat terjadinya pengaratan pada besi mesin bor dan aksesoris mesin bor anda.

Bersihkan Bagian Dalam Pada Mesin Bor
Selanjutnya anda dapat melakukan perawatan dengan membersihkan bor anda pada bagian dalam mesin. 

Dengan membersihkan bagian dalam, hal ini berfungsi untuk menghindari debu debu atau pasir dan juga serbuk kayu yang bisa menyumbat atau menghambat putaran mesin serta keluarnya angin dari dalam mesin. 

Karena pada saat bagian dalam mesin bor anda kotor, hal ini dapat menghambat kinerja mesin anda sehingga mesin cepat panas, serta pada saat sirkulasi tidak lancar mesin dalam mesin bor anda dapat terbakar.

Sehingga hal ini tentunya sangat vital bila sampai terjadi tidak melakukan pembersihan pada bagian dalam mesin bor anda. Pastikan anda-rajin untuk membersihkan mesin bor kalian ya dirumah, biar mesin bor kalian awet.

Bersihkan Komutator Dengan Amplas Halus
Selanjutnya anda dapat melakukan cara yang ketiga, yaitu melakukan perawatan dengan membersihkan komutator dengan menggunakan amplas halus secara rutin. 

Serara rutin namun anda tidak perlu melakukan nya secara terus menerus, bila komutator pada mesin bor anda telah kotor dan jua kasar maka anda perlu melakukan pembersihan dengan amplas secukupnya. 

Mesin memiliki beberapa kasus yaitu dengan mengeluarkan percikan api pada bagian dalam bodynya dan juga kasus suara mesin bor anda juga menjadi lebih kasar dari kondisi normalnya. Perlu anda ketahui bahwa kasus tersebut berkaitan dengan komutator pada mesin bor. 

Ganti Grease atau Gemuk Secara Berkala.
Cara berikutnya melakukan pembersihan dengan menanti grease atau gemuk secara  berkala. Grease ini memiliki funsi sebaai untuk melumasin baian bagian pada bor yang terdiri dari gerigi gerigi gear yang saling berputar. 

Anda dapat memikirkan sebuah rantai motor yang mana bila anda tidak rajin memberi pelumas pada rantai motor anda, tentunya akan mempercepat gear rantai tersebut aus dan bahkan dapat memutuskan rantai motor anda sendiri, hal tersebut sama halnya dengan gear pada mesin bor anda

Saat grease pada mesin bor anda tetap terjaga, maka gesekan antar gear akan semakin berkurang sehingga keausan pada gear mesin bor anda akan terjaga.

Ganti Carbon Brush Mesin Bor Sebelum Habis
Mengganti carbon brus pada mesin bor sebelum abis ini adalah salah satu cara yan bisa dilakukan untuk merawat mesin bor anda. 

Carbon brush memiliki fungsi yang penting pada mesin bor dan alat alat power tools lainnya, sehingga bila carbon brush anda telah habis maka komutator atau anchor mesin bor anda akan mengalami kelainan kerja. Sehingga dapat merusak mesin dalam mesin bor anda sedikit demi sedikit. 

Dan hal ini juga dapat membuat mesin bor anda mati dan tidak dapat menyala, sehingga anda perlu mengganti spare part mesin bor anda. 

Dan perlu anda ketahui hal yang lebih parah adalah mesin bor anda sudah benar benar tidak bisa digunakan lagi, sehingga anda harus mengganti mesin bor dengan yang baru.

Demikian cara memilihmesin bor listrik yang tepat sesuai kebutuhan. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam memilih bor listrik yang sesuai kebutuhan, serta dapat menambah wawasan kita semua.

Posting Komentar untuk "Cara Memilih Mesin Bor Listrik yang Tepat Sesuai Kebutuhan"