Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Masalah yang Sering Terjadi Pada Bor Listrik dan Cara Menanganinya

Masalah yang Sering Terjadi Pada Bor Listrik

Sebagai salah satu alat yang sering digunakan khususnya dalam bidang industri, perawatan dan cara perbaikan cukup penting untuk dipelajari dan juga diperhatikan. Berikut ini adalah masalah yang sering terjadi pada bor listrik dan cara menanganinya.

Pada peralatan yang mengunakan listrik dan memiliki fungsi bergerak pastinya telah dibekali dengan sebagian komponen dan bagian di dalamnya, biasanya pada komponen ini dapat di ganto dan di perbaiki bila menalami kerusakan untuk mengoptimalkan alat hal yang demikian ketika di pakai.

Pada mesin bor listrik memiliki sebagian bagian inti pada komponen di dalamnya seperti : Carbon, Brush, Armature, Lager, dan Saklar dan pada komponen luarnya terdiri dari sebagian komponen seperti pegangan, mata bor, pengunci saklar, pengukur kedalaman dan Chuck Drill.

Setelah anda mengenal bagian dan juga komponen yang dimiliki oleh bor listrik anda dapat mengetahui apa saja yang perlu di perbaiki bila mesin bor listrik anda sewaktu waktu mengalami kerusakan atau kendala yang dapat menyebabkan bor listrik kau macet atau tak berfungsi sebagaimana mestinya.

Masalah yang Sering Terjadi Pada Bor Listrik dan Cara Menanganinya

Apabila mesin anda mengalami kerusakan maka jangan perlu khawatir dan tidak perlu terburu buru membawanya ke daerah servis karna dapat saja kendala pada bor listrik hal yang demikian bisa anda atasi dengan memperhatikan dan mencontohkan beberapa tips tips di bawah ini :  

1. Memeriksa Saklar Pada Bor Lisrik
Apa bila anda tidak menemukan situasi sulit pada kabel yang terhubung pada saklar, maka anda perlu untuk memeriksa saklarnya karena bisajadi saklar menjadi sumber situasi sulit pada bor listrik anda. 

Anda dapat melakukan perbaikan dengan mengganti saklar yang telah tidak berfungsi dan hal yang demikian mengaplikasikan saklar yang baru dan berfungsi dengan bagus.

2. Periksa Kabel Pada Bor Listrik
selanjutnya apabila mesin bor listrik anda telah mengalami kendala saat digunakan, maka anda tidak perlu terburu buru dan jangan panik. 

Cobalah untuk memeriksa kabel yang terhubung pada saklar setelah itu anda mencari tahu apa situasi sulit yang membikin bor listrik kau tak berfungsi sebagai mestinya.

Dan apabila situasi sulit ini di dapatkan pada sebuah kabel saklar, yang perlu anda lakukan adalah mengganti dan mengoreksinya kemudian bor listrik kau akan berfungsi dengan sebagai mana mestinya.

3. Memeriksa Armature
Selanjutnya anda perlu untuk memeriksa armature, armature adalah lilitan pada dinamo bor dengan sistem memeriksa komponen hal yang demikian apakah ada yang konslet atau terputus, bila anda merasa suit untuk menggantikan komponen ini maka anda dapat minta jasa tukang servis yang dapat memperbaikinya.

Kemudian apabila anda telah mengerti mengenai ilmu elektronik maka anda dapat mengganti lilitan hal yang demikian dengan sistem mengungkap dinamo dan mengganti lilitan hal yang demikian dengan kabel kuningan yang baru, kalau telah berfungsi dengan bagus berarti anda telah berhasil dalam melakukan perbaikan. 

4. Memeriksa Carbon Brush
Selanjutnya adalah memeriksa carbon brush, dilema sering kali terjadi dan diperoleh pada mesin bor listrik adalah carbon brush yang telah tidak berfungsi dengan baik. 

Pada sebuah komponen yang tidak berfungsi dengan baik tentunya dapat memberi pengaruh daya kerja pada bor listrik yang anda gunakan, itulah mengapa anda perlu untuk segera mengganti Carbon Brush yang lama dengan yang baru, hal ini bertujuan agar daya kerja bor listrik ketika di pakai bisa berprofesi secara optimal.

Pastinya sesekali sebagian orang merasa lupa untuk memeriksa bagian ini, karena Carbon Brush telah mesti di ganti bor listrik konsisten dapat digunakan, tetapi daya kerjanya akan mempunyai sebagian kendala.

Terkecuali kendala pada mesin bor listrik diatas memiliki dan merawat mesin bor listrik juga perlu memandang perawatan luar seperti mata bor listrik dan pengunci bornya, karna harusnya sebagian orang sungguh tak memandang hal ini.

Perlu selalu anda ingat untuk memeriksa medan dan juga menyesuaikan mata bor yang akan di lubangi  dan di gunakan oleh bor listrik kau, jangan terlalu untuk memaksakan mengebor sebuah medan yang keras dan susah dengan mengaplikasikan mata bor yang salah yang bisa menyebabkan kerusakan pada mata bor itu sendiri.

Terakhir yang perlu anda lihat adalah kesanggupan pada bor listrik yang akan kau gunakan, bila diterapkan di medan yang susah maka anda perlu mengganti bor listrik hal yang demikian dengan ukuran dan juga kekuatan yang lebih kuat agar dapat digunakan, karena bila di paksakan bukan tidak mungkin bor listrik anda akan rusak.

Bagian Bagian Utama yang Terdapat Pada Mesin Bor

Drilling Machine sering disebut dengan mesin bor adalah suatu alat industri yang digunakani untuk melakukan pengeboran atau pelubangan pada lembaran kerja dengan menggunakan alat pemotong yang berputar atau yang biasa disebut bor. 

Anda perlu menetahui bagian bagian mesin bor listrik, saat ini terdapat beberapa jenis mesin bor, ada mesin bor duduk ada juga mesin bor tangan. Akan tetapi fungsi dan bagian utama kedua bor tersebut kurang lebih sama. Berikut ini adalah bagian bagian utama yang terdapat pada mesin bor. 

1. Base atau Dudukan
Bagian utama pada mesin bor listrik yang pertama adalah base atau dudukan, bagian ini merupakan penopang dari seluruh komponen mesin bor. 

Bagian ini terletak pada di paling bawah. Pemasangan bagian ini perlu kuat karena akan berpengaruh terhadap keakuratan pengeboran.

2. Column atau Tiang
Bagian selanjutnya adalah column atau tiang, bagian ini biasanya digunakan sebagai penyangga pada saat proses pengeboran berlangsung. 

Bagian ini memiliki bentuk silinder yang memiliki alur atau rel yang berguna untuk jalur gerak vertikal dari meja kerja.

3. Table atau Meja
Bagian ini biasanya digunakan untuk menaruh benda yang ingin di bor. Meja ini dapat disesuaikan secara vertikal agar anda dapat mengakomodasi ketinggian pekerjaan yang berbeda maupun dapat berputar ke kiri serta ke kanan dengan sumbu poros pada ujung yang menempel pada tiang. 

Pada bagian ini telah dilengkapi dengan pengunci atau Table Clamp yang berfungsi untuk menjaga meja supaya sesuai dengan posisi yang diinginkan.

4. Drill atau Mata Bor
Drill atau mata bor ini dapat digunakan untuk membuat lubang. Mata bor yang sering digunakan ialah mata bor spiral karena daya hantar mata bor spiral sangat baik, serta bidang potongnya dapat diasah tanpa harus mengubah diameter bor. 

5. Spindle
Bagian ini dapat menggerakkan chuck atau pencekam, bagian ini yang memegang atau mencekam mata bor.

6. Spindle Head
Selanjutnya adalah spindle head, baggian ini merupakan rumah dari konstruksi spindle yang digerakkan oleh motor dengan sambungan berupa belt dan diatur oleh drill feed handle.

7. Drill Feed Handle

Drill feed handle, bagian ini dapat berfunsi untuk menurunkan atau menekankan spindle dan mata bor ke benda kerja.

8. Kelistrikan
Kelistrkan merupakan penggerak yang paling utama pada mesin bor listrik. Untuk kelengkapannya dimulai dari kabel Power, kabel penghubung, sekring, lampu indicator, serta sakelar.

Demikian masalah yang sering terjadi pada bor listrik dan cara menanganinya. Semoga dapat menambah pengetahuan kita semua, serta dapat membantu anda dalam menangani masalah yang terjadi pada mesin bor listrik.

Posting Komentar untuk "Masalah yang Sering Terjadi Pada Bor Listrik dan Cara Menanganinya"