Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Merk dan Jenis Mesin Las Listrik Portable

Merk dan Jenis Mesin Las Listrik Portable

Pengelasan adalah salah satu kebutuhan vital pada bidang industri, terutama pada bidang industri yang material utamanya menggunakan bahan logam. Sekarang ini banyak mesin las listrik dengan bermacam macam jenis dari berbagai merk. Berikut ini adalah merk dan jenis mesin las listrik portable.

Merk dan Jenis Mesin Las Listrik Portable

Berikut ini adalah daftar harga beserta merk dan jenis mesin las listrik portable, yang pastinya akan memudahkan anda dalam mencari mesin las listrik portable.

Merk Type Harga*
MULTIPRO MULTIPRO Expert EG 120A-SC Rp 624.500
Rhino Rhino Inverter MMA 120A Rp 700.000
Rhino Rhino Inverter MMA 130A Rp 735.000
Morris Morris IGBT 120i Rp 950.000
Lakoni Lakoni Falcon 120E 120A Rp 969.000
Morris Morris IGBT 160i Rp 990.000
MULTIPRO MULTIPRO Expert EG120A-KR Rp 990.000
WIPRO WIPRO MMA Welder TIS 120S Rp 1.025.000
RILON RILON ARC 120 Rp 1.150.000
KENTARO KENTARO 120A IGBT Inverter DC Rp  1.170.000
STAHLWERK STAHLWERK ARC 120 Rp 1.200.000
Lakoni Lakoni Falcon 121GE Rp 1.231.000
Lakoni Lakoni Falcon 141GE Rp 1.250.000
TEKIRO TEKIRO RYU IGBT RII 120A Rp 1.280.000
MULTIPRO MULTIPRO Expert EG160 Rp 1.545.000
KENTARO KENTARO 160A KTR-225 Rp 1.599.000
Lakoni Lakoni Falcon 160E Rp 1.606.000
Rhino Rhino Inverter MMA 160A Rp 1.680.000
MULTIPRO MULTIPRO Expert EG200A Rp 1.680.000
TEKIRO TEKIRO RYU IGBT RII 200A Rp 1.770.000
STAHLWERK STAHLWERK ARC 200 IGBT Rp 1.800.000
STAHLWERK STAHLWERK ARC 140 Rp 1.850.000
Lakoni Lakoni Falcon 161GE Rp 1.950.000
Rhino Rhino Inverter MMA 200A Rp 1.990.000

*)Harga kisaran. Setiap toko masing masing memiliki harga yang berbeda beda.

Mesin las listrik memiliki banyak jenis dan juga model, ada yang model inverter atau portable dan ada juga yang berukuran besar. Sebelum anda memilih sebuah mesin las, pastikan terlebih dahulu yang sesuai dengan kebutuhan anda. 

Bila anda hanya ingin mengelas plat plat yang tipis saja, maka anda tidak perlu membeli mesin las dengan ampere yang besar. Sehingga, cukup memilih untuk menggunakan tipe yang mempunyai ampere kecil saja.

Yang Parlu Diperhatikan Sebelum Memilih Mesin Las Listrik

1. Budget
Yang perlu anda perhatikan sebelum memilih mesin las listrik yang pertama adalah budget. Budget adalah jumlah dana yang perlu anda siapkan, dan jumlah minimal bila anda ingin membeli yang termurah yaitu dengan menyiapkan dana sekitar tujuh ratus keatas. 

Dan pastikan anda memilih mesin yang sesuai dengan keuganan anda.

2. Durasi Pemakaian

Dan yang perlu anda perhatikan sebelum memilih mesin las listrik selanjutnya adalah durasi dalam pemakaian. Durasi pemakaian adalah, saat akan menggunakan mesin trafo las listrik ini untuk jangka lama, contohnya 8 jam atau hanya sekedar untuk pemasangan saja. 

Ada hadirnya mesin las dengan 900 watt yang biasanya sering digunakan dalam jangka waktu yang singkat, dan mesin ini dalam pemasangan saja yang umumnya memakan waktu kisaran 2 hingga 4 jam. 

Dalam pemilian mesin, yang dapat digunakan hingga seharian penuh, anda sangat dianjurkan untuk memilih pada jenis yang memiliki daya 1500 watt keatas. Karena mesin dengan daya 1500 watt keatas lebih tahan untuk digunakan hingga seharian penuh.

3. Fitur bisa Genset
Selanjutnya anda perlu memeratikan fitur bisa genset, karena kendala bagi para jasa las listrik yakni bila di daerah yang akan dipasang tidak ada listrik, atau listrik yang ada di daerah tujuan tidak mencukupi. 

Anda dapat mencegahnya dengan menggunakan generator set atau genset, namun yang perlu anda ketahui yaitu tidak semua jenis pada mesin las listrik 900 watt menunjang penggunaan mengaplikasikan genset ini, mengingat voltase pada genset akan berubah naik turun dalam penggunaan pengelasan.

Hal ini sudah jelas karena dapat mempengaruhi bagian bagian elektronik yang terdapat di dalam mesin trafo las listrik ini. Sebelum anda memilih mesin dengan merk apapun, pastikan anda telah konsultasi terlebih dahulu. 

Sebut saja mesin las listrik dengan daya 900 watt yang telah didukung dengan penggunaan genset atau tidak. Untuk mesin trafo inverter daya 1500 watt keatas biasanya telah memberikan penggunaan dengan Genset.

Perlu anda ketahui bahwa pada mesin trafo las listrik dengan teknologi inverter dengan daya 900 watt merupakan produk terbaik dengan memilihi harga yang sangat terjangkau bahkan telah menjadi pilihan paling favorit bagi para pengusaha bengkel las sebagai peralatan kerjanya. 

Meski memiliki harga yang terjangkau, mesin dengan jenis las listrik 900 watt ini tidak bisa dikatakan murahan karena selama ini telah benar benar teruji kehebatanya untuk menjalankan berbagai variasi teknik pengelasan besi dan baja.

Dan tidak hanya itu, type ini juga sangat laris terjual di pasaran karena telah di anggap paling hemat dalam penggunaan daya listrik serta mempunyai dimensi yang cukup ringan serta mudah dalam menggunakanya ketika digunakan pada lokasi di ketinggian maupun medan kerja kompleks lainnya.

Tips Memilih Mesin Las Terbaik
Bila anda menggunakan sumber daya listrik dari PLN sebaiknya, anda membeli mesin las dengan jenis interver karena mesin dengan jenis ini lebih hemat dalam menggunakan daya listrik. 

Mesin las listrik terbaik adalah mesin las yang memiliki Duty Cycle sampai dengan 100%, akan tetapi mesin yang seperti ini sekarang sedikit susah untuk ditemukan dipasaran. 

Sekalinya ada pasti harganya sedikit cukup mahal. Biasanya mesin las yang sering ditemui dipasaran pada umum yang memiliki  Duty Cycle kisaran 30% hingga 60% saja.

Dan hal yang paling penting dan juga paling vital yang perlu anda pertimbangkan sebelum membeli mesin las listrik yaitu after sales servicenya. 

Apakah toko yang akan anda beli produknya ini adalah after salesnya baik, karena sangat banyak merk merk yang telah memberikan fasilitas garansi yang menarik akan namun pada  kenyataannya untuk proses garansinya benar benar susah maupun terlalu ribet. 

Jadi anda perlu menanyakan secara detail kepada penjual mengenai proses after sales service.

Cara Merawat Mesin trafo las inverter agar awet

Mesin trafo las perlu di rawat agar selalu dalam keadaan baik dan mampu bertahan lama. Berikut ini adalah cara merawat mesin trafo las interver agar lebih awet dan juga tahan lama.

1. Perlu anda ketahui sebelumnya bahwa teknologi terbaru pada umumnya pada mesin las interver telah dilengkapi dengan perangkat thermostat sebagai pengaman ketika mesin mengalami overheat. 

Namun thermostat tidak akan mampu menjamin sepenuhnya dapat melindungi mesin dari overheat tanpa adanya pendinginan alami seperti sirkulasi udara yang baik serta fungsi kipas yang optimal.

2. Cara merawat mesin trafo las interver selanjutnya dengan menjaga kebersihan, kebersihan pada unit sangat perlu di perhatikan, terutama bahaya pada serbuk besi yang masuk kedalam unit mesin dapat memicu terjadinya induksi atau konsleting. 

Kebersihan perlu dijaga sebisa mungkin karena mesin las listrik sangat perlu terhindar dari segala tipe cairan. Rangkaian elektronik didalam unitnya sangat sensitif bila terkena dengan zat cair yang dapat menyebabkan hubungan singkat.

3. Selanjutnya yang perlu dilakukan dalam merawat mesin trafo las interver yaitu anda perlu memastikan sumber listrik terpasang pada sumber listrik yang stabil. 

Dan bila anda menggunakan generator set atau genset, maka semestinya yang telah memiliki penyetabil tegangan supaya regulator anda tidak cepat rusak.

4. Selanjutnya anda perlu menggunakan kawat elektroda las yang sesuai dengan spesifikasi atau kemampuan mesin. 

Hal ini bertujuan agar hasil pengelasan dapat sempurna dan performa mesin tetap terjaga kondisinya. Sehingga anda bisa mendapatkan jenis mesin las listrik terbaik sesuai dengan keinginan.

5. Perlu anda ketahui bahwa mesin las yang canggih belum tentu dapat dikatakan mesin tersebut terbaik, karena banyak faktor yang perlu diperhatikan. 

Selain itu untuk hasil lasan yang berkualitas tidak hanya dipengaruhi oleh merk mesin lasnya, namun juga dari kualitas kompetensi welder tersebut.

Demikian merk dan jenis mesin las listrik portable. Semoga dapat menambah wawasan kita semua, serta dapat membantu nada dalam memilih mesin las listrik yang sesuai kebutuhan dan juga budget anda.

Posting Komentar untuk "Merk dan Jenis Mesin Las Listrik Portable"