Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pilih Mesin Cuci 1 Tabung atau 2 Tabung? Mana yang Terbaik?

Pilih Mesin Cuci 1 Tabung atau 2 Tabung

Pilih mesin cuci 1 tabung atau 2 tabung ya? Kira-kira diantara keduanya mana jenis mesin cuci yang lebih baik? Apakah Anda juga memikirkan hal ini ketika akan membeli mesin cuci?

Apabila iya, sepertinya informasi kali ini bisa membantu karena kita akan membahas keduanya. Di bawah ini akan ada spesifikasi dari masing-masing jenis yaitu 1 tabung dan 2 tabung. Anda bisa menggunakannya sebagai bahan pertimbangan kira-kira mau memilih yang mana.

Mesin Cuci 1 Tabung

Mesin cuci satu tabung sebenarnya versi upgrade dari mesin cuci 2 tabung yang sudah otomatis. Penggunaan mesin cuci ini lebih bisa Anda tinggal-tinggal karena tidak perlu memindah baju ke tabung lain. Sepertinya lebih mudah dan efisien ya, untuk menilainya lebih jauh, silahkan simak kelebihannya di bawah ini :

Kelebihan Mesin Cuci 1 Tabung 

Seperti sudah dibicarakan di atas, mesin cuci 1 tabung lebih efisien dan praktis. Dari segi tipe, ada 2 versi yang bisa Anda pilih, yaitu mesin cuci 1 tabung Front Loading dan Top Loading. Perbedaannya ada di letak pintu tempat baju dimasukan, yaitu di depan atau di atas.

Selanjutnya mesin cuci 1 tabung terbaik juga pasti memiliki fungsi pengaturan waktu yang lengkap. Dengan begini, saat Anda mencuci bisa ditinggal sembari melakukan tugas lainnya. 

Bagi Anda yang sibuk mesin cuci 1 tabung juga sangat tepat, pasalnya metode pengeringannya bisa sampai 90%. Hal ini membuat Anda tidak perlu menunggu lama untuk baju kering, apalagi jika musim hujan. 

Kelebihan lain yang biasanya menarik hati para penggunanya adalah teknologi air yang digunakan. Pada mesin cuci 1 tabung, teknologi air sudah otomatis dan bisa menyesuaikan tekanan. Sehingga, pada tekanan air kecil mesin cuci juga tetap bisa berjalan dengan lancar.  

Kemampuan lain yang bisa diandalkan adalah ukuran tabung yang kecil namun, kokoh dan solid. Hal ini sangat bermanfaat apalagi untuk Anda yang tinggal di apartemen yang ruangannya terbatas. 

Kekurangan Mesin Cuci 1 Tabung 

Cara kerja mesin cuci 1 tabung yang mudah dan lebih efisien memang menggiurkan. Akan tetapi, jenis mesin cuci ini juga masih memiliki kekurangan yang sebaiknya juga Anda pertimbangkan. 

Salah satu kekurangan mesin cuci 1 tabung yang masih sering dialami yaitu harga perawatannya yang lebih mahal. Maklum, jenis mesin cuci ini memang belum selama 2 tabung. Jadi, wajar apabila spare part dan hal lain masih belum sebanyak 2 tabung yang menjadikan biaya perawatannya lebih mahal.

Kemudian, dari segi harga mesin cuci ini lebih mahal daripada 2 tabung. Mungkin sebagai perbandingan, ada banyak mesin cuci 2 tabung 1 jutaan namun, untuk 2 jutaan lebih sedikit. 

Mesin Cuci 2 Tabung

Mesin cuci 2 tabung, meskipun bukan teknologi baru namun, masih banyak yang menyukainya. Pengoperasiannya yang lebih mudah membuat orang tetap setiap memilih jenis mesin cuci satu ini.

Bagi Anda yang ingin lebih tahu mengenai mesin cuci 2 tabung silahkan simak kelebihan dan kekurangannya di bawah ini ya :

Kelebihan Mesin Cuci 2 Tabung 

Pengoperasian mesin cuci 2 tabung yang lebih ke manual sebenarnya juga merupakan salah satu kelebihan Pasalnya, banyak yang menemukan hal ini lebih mudah dan lebih nyaman.

Kemudian karena pengoperasiaanya yang lebih mudah, Anda jadi tidak perlu belajar bagaimana menggunakannya. Dengan pengoperasian yang mudah juga membuat kesalahan dalam penggunaan mesin cuci hampir tidak ada.

Lalu, dari segi daya mesin cuci 2 tabung lebih irit sehingga sedikit meringankan beban tagihan listrik. Terakhir, kelebihan yang biasanya jadi faktor penentu adalah kemudahan perawatan dan perbaikan.

Spare part untuk jenis ini tersedia sangat banyak di pasaran, sehingga harga perbaikan dan perawatan lebih murah. Selain itu, teknisi yang bisa memperbaikinya juga jauh lebih banyak dari mesin cuci 1 pintu. 

Kekurangan Mesin Cuci 2 Tabung 

Mesin cuci 2 pintu memang termasuk mesin cuci low watt yang hemat listrik. Sayangnya, karena hal ini tingkat pengeringan juga termasuk rendah, maksimal hanya 70% saja. 

Kemudian bagi Anda yang sibuk, tipe mesin cuci ini tidak bisa ditinggal lama saat mencuci. Anda harus memindahkan cucian secara manual ke tabung pengeringan satu persatu. Tidak bisa otomatis langsung mengeringkan seperti pada mesin cuci satu tabung.

Kekurangan lain dari versi ini adalah bodynya yang besar dan berat. Untuk Anda yang tempat tinggalnya sempit seperti apartemen akan kesulitan. Pasalnya mesin cuci sulit dipindah-pindah dan membutuhkan tempat yang luas. 

Kesimpulan

Dari kelebihan dan kekurangan mesin cuci 1 dan 2 tabung di atas, jadi harus memilih yang mana?

Jawabannya adalah pilih mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan waktu Anda. Apabila Anda orang yang sibuk dengan mobilitas tinggi, maka mesin cuci 1 tabung akan lebih baik. Akan tetapi, jika Anda lebih suka yang lebih hemat listrik maka pilih 2 tabung.

Berbagai aspek perlu diperhatikan dari kebutuhan, dana yang dimiliki, hingga perawatannya. Mesin cuci merupakan salah satu peralatan rumah tangga yang digunakan dalam jangka panjang bukan? Jadi, lebih berhati-hati dalam memilih mana yang tepat akan lebih baik. 

Rekomendasi Mesin Cuci 1 Tabung dan 2 Tabung 

Apabila Anda sudah menentukan mana mesin cuci yang akan dipilih, di bawah ini sudah disiapkan rekomendasinya. Ada beberapa rekomendasi untuk mesin cuci 1 dan 2 tabung yang bisa Anda lihat, silahkan disimak :

Aqua FQW-1010QD 

Harga mesin cuci 1 tabung front loading dari Aqua ini memang cukup mahal yaitu Rp 4.500.000. Akan tetapi, fitur yang disediakan juga sepadan dengan harga yang ditawarkan Aqua. 

Pada seri ini Aqua memberikan fitur Express Wash yang bisa mencuci sekaligus mengeringkan pakaian hanya dalam 15 menit saja. Sebuah fitur yang sangat membantu jika Anda sibuk dan tidak memiliki banyak waktu luang.

Kemudian dari segi penggunaan air, ada sebuah fitur yang membuat penggunaan air menjadi lebih hemat. Selain itu, fitur ini juga membuat mesin cuci tetap bekerja meskipun tekanan air kecil.

Sharp ES-T1490WA-RD 

Sharp memiliki mesin cuci 2 tabung terbaik dengan pulsator yang canggih. Seri ini memiliki kapasitas 14 Kg dan dilengkapi dengan fitur Low Wattage yang membuat penggunaan daya irit.
Kemampuan lain yang patut dilirik adalah Super Aquamagic Filter yang membuat baju bebas dari bakteri.  Harga mesin cuci ini hanya seharga Rp 3.190.000 saja loh, murah bukan?

Samsung Wa10M5120 

Samsung mengeluarkan mesin cuci 1 tabung terbaik dengan kapasitas 10 Kg yang cukup murah. Seri ini bisa Anda bawa pulang hanya dengan menebusnya seharga Rp 3.499.000 saja.

Fitur unggulan dari produk ini yang tidak dimiliki jenis lain adalah Air Fall yang menjaga semprotan air tetap kuat. Fitur ini juga membuat deterjen tersebar merata dan tidak menggumpal dalam air.  

Sanken TW-883EPK

Untuk Anda yang ingin mesin cuci murah namun, kualitasnya bagus dan dari merk ternama maka Sanken TW-883EPK yang tepat. Mesin cuci ini hanya dihargai R[ 1.780.000 saja loh, masih di bawah 2 jutaan. 

Selain itu fitur Super Spin Dry membuat pengeringan jauh lebih cepat. Fitur ini masih ditambah dengan X Tor Technology untuk putaran mesin yang kuat. Fitur Silver Ion Filternya juga tidak kalah bagus karena mencegah bakteri serta kuman menempel pada pakaian. 

Itu dia informasi yang membantu Anda untuk Pilih mesin cuci 1 tabung atau 2 tabung.  Kelebihan serta kekurangan masing-masing jenis sudah dijelaskan dengan lengkap di atas. Jadi, kini tinggal Anda menentukan sendiri mana yang paling tepat dan menjadi pilihan.

Posting Komentar untuk " Pilih Mesin Cuci 1 Tabung atau 2 Tabung? Mana yang Terbaik?"