Hal Hal yang Perlu Dihindari Saat Mengunakan Mesin Bubut


Hal Hal yang Perlu Dihindari Saat Mengunakan Mesin Bubut

Dalam menggunakan mesin bubut terdapat beberapa hal yang perlu anda hindari demi menjaga keselamatan saat mesin ini sedang beroperasi. Namun sebelumnya ketahui dulu apa dan bagaimana cara kerja mesin bubut.

Mesin bubut adalah mesin perkakas yang dapat digunakan untuk pemotongan benda kerja yang dilakukan dengan membuat sayatan pada benda kerja dimana pahat digerakkan secara translasi dan sejajar dengan sumbu dari benda kerja yang berputar. Mesin ini merupakan mesin perkakas yang memiliki populasi terbesar didunia dibandingkan dengan mesin perkakas lainya.

Hal Hal yang Perlu Dihindari Saat Mengunakan Mesin Bubut

Berikut ini kami akan membahas hal yang perlu dihindari saat menggunakan mesin bubut untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja pada pekerja mesin bubut.

Tata tertib bengkel pemesinan bubut

1. Setiap operator mesin bubut wajib menggunakan pakaian kerja yang sesuai dengan standar kerja, dilengkapi dengan sepatu yang aman serta kacamata pelindung.

2. Hal yang perlu diperhatikan adalah seluruh rambu dan petunjuk keselamatan kerja yang terdapat di bengkel khususnya terkait dengan pengoperasian mesin bubut.

3. Agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan maka anda harus mematuhi aturan dan instruksi dapam penggunaan seluruh mesin dan peralatan yang terdapat di bengkel.

4.Menggunakan alat bantu atau perlengkapan lainya yang sesuai dengan fungsi dan aturan pemakaian

5. Selalu menjaga kebersihan bengkel baik sebelum, selama dan setelah penggunaan mesin dan peralatan lainnya.

6. Saat telah selesai menggunakan mesin, maka anda harus mematikan kelistrikannya dan pastikan panel central juga dimatikan.

7. Saat mengoperasikan mesin maka anda dilarang bercanda.

8. Dalam menggunakan dan meminjam mesin harus sepengetahuan teknisi atau toolman yang bertugas.

Peralatan keselamatan kerja di bengkel mesin bubut

Peralatan keselamatan adalah faktor eksternal yang mesti dikelola dengan baik agar dapat mencegah kecelakaan kerja pada saat pekerjaan menggunakan mesin bubut.

1. Baju kerja

Peralatan keselamatan kerja yang harus anda gunakan adalah baju kerja, anda harus memilih baju kerja yang sederhama tetapi dapat melingdungi badan dan tidak terdapat bagian yang melambai lambai agar nantinya tidak terpelilit oleh putaran sumbu utama mesin bubut.

2. Topi atau penutup kepala

Peralatan keselamatan kerja yang harus anda gunakan adalah topi atau penutup kepala. Rabut yang dimiliki oleh operator sebaiknya pendek, namun apabila terpaksanya panjang, maka sebaiknya menggunakan topi sebagai penutup kepala agar rambut tidak terlilit putran sumbu utama mesin bubut.

3. Kacamata

Peralatan keselamatan kerja yang harus anda gunakan selanjutnya adalah kacamata. Sebaiknya anda memilih kaca mata dengan lensa bening untuk dapat melindungi mata apabila sedang bekerja dengan benda yang memiliki percikan dan bisa saja masuk ke mata.

4. Masker hidung

Peralatan keselamatan kerja yang harus anda gunakan selanjutnya adalah masker hidung. Masker hidung ini sangat diperlukan untuk melindungi hidung anda dari benda kerja yang menimbulkan serbuk dan debu atau menggunakan cairan coolant.

5. Sepatu

Selanjutnya yang harus anda gunakan adalah sepatu, yaitu sebagai alas kaki yang dapat melindungi kaki agar tidak licin. Sepatu biasanya berbahan kulit atau karet dan pastikan model sepatu dapat melindungi dari masuknya tatal atau beram panas yang bisa mengenai kaki.

6. Lampu

Selanjutnya yang harus anda gunakan adalah lampu sebagai penerangan, dibuat memadai baik untuk bekerja di siang, malam ataupun saat mendung.

7. Alat pembersih 

Jangan lupakan alat pembersih, seperti sapu kain pel. Alat pembersih digunakan untuk membersihkan lantan dari kotoran disekitar mesin yang dapat membuat operator mesin bubut terpeleset

Prosedur keselamatan kerja pada proses pembubutan.

Prosedur keselamatan kerja pada saat proses pembubutan adalah hal yang sangat penting untuk dikuasai oleh operaror mesin, dalam mencegah kecelakaan pada pekerja mesin bubut. Berikut ini adalah prosedur keselamatan kerja pada proses pembubutan.

1. Pastikan kelistrikan pada mesin yang digunakan dalam keadaan aman, khususnya pada kotak sekering harus tertutup untuk menghindari kontak dengan serpihan kayu yang menggulung panjang panjang.

2. Terlebih dahulu anda harus memeriksa tuas tuas pengatur dan masing masing eretan dapat bergerak dengan sebagaimana mestinya.

3. Anda harus mencoba putaran spindel terlebih dahulu dan pastikan spindel dapat berputar normal sebelum memasang benda kerja yang akan dikerjakan.

4. Apabila anda memerlukan penggantian roda gigi, maka pastikan tidak ada orang lain yang mengaktifkan pada tuas on off motor utama dan saklar on off pengaman pada rumah transmisi. Ini adalah hal yangdapat menyebabkan jari tangan tergilas roda gigi.

5.  Letakan perlatan bantu kerja lainnya seperti center kepala lepas, jangka sorong, ganjal pahat pada posisi aman dan tidak mengganggu putaran spindel. Hal yang haruss anda perhatikan pada saat mesin menyala :

(1) kunci cekam bubut sudah dilepas dari cekam, supaya tidak terpelanting atau membentur bed mesin bubut pada saat cekam diputar, (2) tidak ada pakaian atau bagian lainya yang tergerai dipakai oleh operator yang bisa terlilit bersamaan dengan putaran cekam atau benda kerja, seperti tangan baju panjang, gelang, kalung, dan rambut, (3) Benda kerja yang akan dibubut pastikan agar tidak bengkok mengenai kepala operator, (4) Benda kerja panjang dan mudah melenting dibubut menggunakan penyangga (steady).

6.Pastikan bahwa pengoperasian mesin bubut mengikuti parameter pemesinan yang sudah ditentukan dan tidak menggunakan parameter yang melebihi standar perhitungan.  

7. Dilarang menyentuh chuch pada saat mesin bubut sedang bekerja ataupun menghentikan spindel dengan tangan.

8. Sebelum melakukan pemeriksan atau pengukuran benda yang masih terpasang pada cekam, anda harus memastikan putaran spindel sudah berhenti total.

9. Hal terakhir anda harus memeriksa keadaan lantai, lantai harus selalu bersih jangan sampai terdapat tumpahan oli atau tumpahan yang lainya. Untuk menghindari kondisi yang membahayakan operator, seperti terpeleset.

Kami akan mengenalkan anda dengan mesin bubut mini dan juga mesin bubut cnc. Mesin bubut mini adalah mesin yang memiliki ukuran lebih kecil sesuai dengan namanya, sedangkan mesin bubut CNC mesin perkakas yang pengoperasian proses pemotongan benda kerja oleh alat potong dibantu dengan kontrol numerik dengan menggunakan komputer.

Soal harga mesin bubut mini lebih murah jika dibandingkan dengan harga mesin bubut cnc.


Demikian hal hal yang perlu dihindari saat menggunakan mesin bubut. Semoga dapat menambah wawasan kita semua serta dapat membantu anda.