Jumat, 08 Desember 2017

Harga Mesin Pemecah Batu Mini / Gilingan Batu

Mesin Pemecah Batu Mini / Gilingan Batu - Dalam dunia pembangunan, peran pecahan batu atau koral sangat besar. Material ini akan digunakan untuk campuran adonan beton bersama dengan pasir serta semen. Tanpa pecahan batu, kualitas beton yang dibuat akan menurun sehingga bangunan cepat rusak atau tidak sesuai dengan standar.


Untuk mencukupi kebutuhan koral di dunia pembangunan, dibuatlah mesin stone crusher/pemecah batu mini. Dengan mesin ini, batu kali atau batu besar lain bisa dipecah menjadi kecil dan mudah diangkut ke daerah pembangunan.

Mesin Pemecah Batu Mini dan Mahalnya Transportasi

Koral atau pecahan batu yang jumlahnya banyak membuat biaya angkutnya akan naik. Hal ini akan lebih parah kalau lokasi konstruksinya berada di daerah terpencil. Kontraktor tidak mungkin membeli koral terus-menerus karena akan membebani biaya operasional secara menyeluruh.

Untuk mengatasi permasalahan ini, kontraktor akhirnya memilih untuk memiliki mesin penghancur batu sendiri. Dengan mesin ini, mereka bisa memecah baru sendiri dalam jumlah yang cukup banyak dan menghemat biaya operasional karena mesin bisa digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Spesifikasi Mesin Pemecah Batu Mini (Stone Crusher Mini)

Mesin stone crusher mini memiliki beberapa spesifikasi umum yang membuat mesin ini cocok untuk kontraktor atau pelaku usaha pembangunan skala kecil yang dikelola UMKM atau kelompok masyarakat. Berikut spesifikasi mesin pemecah batu mini yang bisa dikelola masyarakat.

1. Ukuran Mesin
Karena mesin pemecah batu mini ini digunakan untuk usaha kecil dan menengah, ukurannya tidak akan besar. Secara dimensi, mesin ini memiliki ukuran panjang sekitar 4000-6000 mm, lebar1600-2000 mm, dan tinggi 1900-2100 mm. Dengan ukuran yang tidak teralu besar ini, mesin bisa dioperasikan oleh 5-6 orang.

Beberapa tipe dari mesin pemecah batu ini memiliki roda yang ukurannya cukup besar. Roda ini akan memudahkan pergerakan dari mesin untuk berpindah. Pengelola bisa memindahkan mesin pemecah batu ini dari satu tempat ke tempat yang lain tanpa kesulitan.

Berat dari mesin pemecah batu mini ini sekitar 1500-5000 kg. Untuk pemindahan mesin diperlukan alat besar. Selanjutnya setelah sampai di daerah pembangunan, mesin bisa diletakkan di dekat lokasi pengadukan luluh atau adonan beton agar mudah diangkut kan dicampur dengan bahan lainnya.

2. Kapasitas Produksi
Kapasitas produksi mesin pemecah batu mini berbeda-beda setiap jenisnya. Untuk jenis terkecil, pengguna bisa menghasilkan 5 ton pecahan batu atau koral per jam. Untuk mesin yang ukurannya lebih besar, pecahan batu yang dihasilkan mencapai 15 ton per jam atau kalau dalam sehari digunakan selama 6-8 jam, batu koral yang dihasilkan mencapai 90-120 ton.

3. Ukuran Masukan Batu
Ukuran masukan atau input batu sekitar 250x180 mm untuk ukuran terkecil dan 400x250 mm untuk ukuran terbesar. Dengan input yang cukup besar ini, pengguna tidak perlu memecahkan batu besar agar bisa masuk ke dalam mesin yang dihancurkan. Bongkahan batu gunung atau batu kali bisa segera dihancurkan dan menghasilkan koral dengan ukuran 0,5 cm, 1-2 cm, 2-3 cm, 3 cm, dan 5 cm.

4. Tenaga dan Fitur Tambahan
Mesin stone crusher menggunakan tenaga diesel untuk menjalankan semua fungsinya. Pengguna hanya perlu menyiapkan solar sebagai bahan bakar selama mesin digunakan untuk membuat koral. Selanjutnya, mesin juga memiliki pendingin dengan suplai air. Fitur ini digunakan untuk mendinginkan mesin secara otomatis saat digunakan selama berjam-jam setiap hari.

Harga Mesin Pemecah Batu Mini

Harga mesin stone crusher / pemecah batu mini bervariasi dan bergantung pada ukuran dan fitur yang disematkan. Semakin besar ukuran dari mesin, harganya akan bertambah. Selain itu, kalau kapasitas produksinya besar, mesin juga akan dihargai cukup tinggi karena mampu menghasilkan produk yang banyak dan lebih ekonomis untuk pelaku usaha kecil.

Secara umum harga dari mesin pemecah batu mini ini sekitar Rp88-150 juta per unit. Dengan harga yang cukup masuk akal ini, pengguna bisa memanfaatkan mesin selama bertahun-tahun hingga keuntungan yang didapatkan bisa menutupi modal untuk pembelian mesin.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Mesin Pemecah Batu Mini

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli mesin pemecah batu mini, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa hal di bawah ini.

1. Kualitas dari Produk
Jangan terkecoh dengan harga dari mesin pemecah batu yang murah, tapi kualitasnya biasa atau bahkan rendah. Sebelum membeli cari tahu terlebih dahulu jenis mesin pemecah batu yang baik itu merek apa dan bagaimana spesifikasinya.

Kualitas dari mesin pemecah batu terletak pada alat pemecahnya. Kalau alat pemecahnya mudah rusak saat menghancurkan batu, Anda akan merugi karena harus menggantinya. Selanjutnya perhatikan mesin dan juga konsumsi bahan bakar yang digunakan. Mesin yang berkualitas menggunakan bahan bakar yang efisien, tapi hasilnya maksimal.

2. Permintaan Batu Koral
Sehebat-hebatnya mesin pemecah batu yang Anda miliki kalau akhirnya tidak laku karena sepi peminat akan membuat Anda rugi. Jadi, pastikan terlebih dahulu permintaan batu koralnya banyak atau tidak. Kalau permintaan koral untuk pembangunan banyak dan stabil setiap harinya, membeli mesin ini adalah investasi. Namun, kalau sebaliknya, pembelian mesin akan membuat anggaran jadi membengkak.

3. Ketersediaan Bahan Baku
Bahan baku yang diolah oleh mesin penghancur besi ini adalah batuan gunung atau batu kali yang besar. Sebelum membeli mesin pemecah batu ini pastikan dahulu Anda memiliki sumber bahan baku yang melimpah, misal punya penyuplai. Nah, kalau Anda kesulitan mendapatkan penyuplai, produksi koral tidak bisa dilakukan.

Demikianlah uraian tentang mesin pemecah batu mini / gilingan batu ini. Semoga bisa menambah pengetahuan Anda.
Harga Mesin Pemecah Batu Mini / Gilingan Batu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yahya

0 komentar:

Posting Komentar