Rabu, 29 November 2017

Mesin Penghancur Batu, Alat Pemecah Batu / Mesin Giling Batu

Mesin penghancur batu atau mesin giling batu atau biasa juga disebut dengan mesin stone crusher adalah alat pemecah batu yang sering dipakai di dunia industri. Sesuai dengan namanya, mesin ini dipakai untuk menghancurkan batu dari yang awalnya berukuran besar menjadi batu dengan bentuk lebih kecil. Informasi harga stone crusher bisa anda lihat di bagian bawah.

Agar lebih jelas, tonton dulu video mesin penghancur batu di bawah ini:


Lanjutkan baca sampai bawah agar anda lebih mengenal bermacam macam jenis dan cara kerja mesin penghancur batu (Stone Crusher) sebelum anda membelinya.

mesin penghancur batu
Stone crusher machinestonecrushermachine.blogspot.com
Batu-batu yang telah melalui pemrosesan mesin penghancur batu bisa digunakan untuk berbagai hal. Beberapa kegunaan tersebut antara lain adalah sebagai sarana recycle, bahan bangunan, atau keperluan khusus lainnya.

Karena digunakan untuk aktivitas yang berat, mesin ini pun dibuat dengan bahan yang kokoh. Biasanya, mesin giling batu dibuat dengan menggunakan bahan baja. Sementara itu, pada bagian yang berfungsi untuk memecahkan batu, terbuat dari baja mangan yang memiliki tingkat kekerasan lebih tinggi.

Sejarah Mesin Penghancur Batu (Stone Crusher)

Stone crush history – cityofmanistique.org
Mesin penghancur batu secara khusus memang banyak digunakan dalam industri pertambangan. Sebelum keberadaan mesin tersebut, manusia menggunakan cara manual untuk membentuk atau mengecilkan batu, yakni menggunakan palu dan tangan.

Namun, penggunaan bahan peledak di area pertambangan membuat proses pemecahan batu menjadi lebih sulit. Alasannya, karena batu yang dipecah memiliki ukuran lebih besar. Oleh karena itu, manusia berusaha untuk menciptakan alat yang membantu menyelesaikan masalah ini.

Pada tahun 1830, muncul paten desain mesin pemecah batu pertama. Mesin ini dibuat dengan memanfaatkan gaya gravitasi untuk menjatuhkan palu berukuran besar. Selanjutnya, muncul pula crusher stone machine berikutnya di tahun 1840. Desain mesin ini cukup berbeda, karena menggunakan silinder yang berputar dengan kecepatan tinggi, mencapai 360 rpm.

Sejak itu, berbagai desain mesin stone crusher pun muncul di pasaran, termasuk di antaranya mesin yang mampu memecah batu berukuran besar. Selain itu, ada kejadian menarik yang terkait adu performa dua mesin penghancur batu populer saat itu, yakni Blake Jaw Crusher dan Gates Gyratory Crusher.

Kedua mesin ini diadu untuk memecah batu berukuran hampir 7 meter kubik dengan kuota yang telah ditentukan. Pengaturan mesin juga diatur sepadan. Hasinya, keduanya pun berhasil menyelesaikan tugas tersebut. Hanya saja, mesin Gates Gyratory Crusher berhasil menghancurkan batu dalam waktu lebih singkat, hanya 21 menit. Sementara itu, Blake Jaw Crusher membutuhkan waktu selama 65 menit.

Menariknya lagi, meski Blake Jaw Crusher mengalami kekalahan saat dipertandingkan dengan Gates Gyratory Crusher, desain mesin pemecah batu ini masih tetap digunakan hingga saat ini. Berbagai industri berat memanfaatkan desain Blake Jaw Crusher karena kekuatannya dalam menghancurkan batu yang keras.

Fungsi Mesin Penghancur Batu (Stone Crusher)

Fungsi mesin penghancur batu – alibaba.com
Sebuah mesin penghancur batu memiliki dua fungsi yang kerap dimanfaatkan. Pertama, mesin ini berguna untuk menghancurkan batu dari yang sebelumnya berukuran besar menjadi batu dengan ukuran sesuai keinginan. Fungsi kedua, mesin ini kerap dilengkapi dengan saringan, memungkinkannya untuk memilah batu yang sesuai dengan ukuran yang telah ditentukan.

Jenis Mesin Penghancur Batu (Stone Crusher)

mesin stone crusher – alibaba.com
Berdasarkan cara memasukkan material batunya, terdapat 3 jenis mesin stone crusher yakni:

Mesin penghancur batu primer
Mesin pemecah batu primer merupakan stone crusher machine yang secara khusus ditujukan untuk memproses batu berukuran sangat besar. Karena itu, mesin ini kerap ditempatkan pada lokasi penambangan batu. Beberapa desain mesin yang masuk dalam kategori mesin primer antara lain adalah gyratory crusher, hammer mill crusher, serta jaw crusher.

Mesin penghancur batu sekunder
Dibandingkan dengan mesin penghancur batu primer, mesin pemecah batu sekunder tidak dapat memproses batu dengan ukuran besar. Ukuran batu yang masuk ke mesin ini biasanya terlebih dulu melewati penyaringan. Beberapa jenis mesin yang masuk dalam kategori mesin stone crusher sekunder antara lain adalah cone crusher, roll crusher, serta gyratory crusher.

Mesin penghancur batu tersier
Dibandingkan dengan jenis mesin lain, mesin pemecah batu tersier punya ukuran yang lebih kecil. Mesin ini tidak hanya berguna untuk memperkecil ukuran sebuah batu, tapi juga memberikan sentuhan akhir. Beberapa mesin crusher yang masuk dalam kategori ini adalah rod mill crusher, ball mill crusher, serta roll crusher.

Dalam praktiknya, tiga jenis mesin pemecah batu ini tidak dapat digunakan secara mandiri. Apalagi, ketiganya punya fungsi berbeda yang bisa saling melengkapi. Pada tahap awal, batu diproses dengan mesin primer.

Selanjutnya, batu yang telah menjalan proses pada mesin primer bisa langsung digunakan atau bisa pula harus melalui mesin sekunder. Dengan catatan, batu tersebut sudah memenuhi ukuran yang diinginkan. Kalau belum, maka batu tersebut harus diproses dengan mesin sekunder. Kalau dibutuhkan, bisa pula menggunakan mesin tersier untuk mempercantik tampilan luar batu.

Selain itu, mesin crusher stone juga dibagi menjadi 7 jenis berdasarkan cara kerjanya, yakni:

1. Jaw crusher


Jaw crusher – metallurrgist.com
Crusher jenis ini memiliki desain yang sederhana. Terdapat dua pelat vertikal yang berfungsi sebagai rahang pemecah batu pada mesin ini. Satu rahang bersifat tetap, sementara rahang yang lain bergerak—disebut swing jaw. Gerakan rahang memberikan tekanan pada batu yang selanjutnya akan membuatnya terpecah.

Di pasaran, terdapat 3 jenis mesin jaw crusher yang bisa dijumpai. Ketiganya dibagi berdasarkan penempatan swing jaw-nya. Tiga mesin tersebut adalah Blake Crusher dengan lokasi swing jaw di bagian atas, Dodge Crusher yang punya swing jaw di bagian bawah, dan Universal Crusher dengan lokasi swing jaw di bagian tengah.

2. Gyratory crusher

Gyratory crusher – alibaba.com
Gyratory crusher memiliki prinsip kerja yang hampir mirip dengan jaw crusher. Hanya saja, permukaan yang digunakan tidak berbentuk datar. Dua permukaan pada mesin stone crusher ini masing-masing berbentuk cekung dan kerucut. Bagian kerucut yang terletak di tengah mesin akan bergerak memutar untuk memberikan tekanan pada batu.


3. Cone crusher

Cone crusher – metallurrgist.com
Cone crusher memiliki bentuk mirip dengan gyratory crusher. Hanya saja, mesin ini memiliki crushing chamber yang lebih landai. Cara menggunakannya cukup mudah, tinggal memasukkan batu pada bagian feeder di atas, dan akan melewati poros berbentuk kerucut yang secara terus-menerus bergerak.


4. Roller crusher

Roller crusher – alibaba.com
Roller crusher merupakan mesin stone crusher yang menggunakan dua silinder bergerak untuk menghancurkan batu. Ruang di antara kedua silinder tersebut bisa diatur sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Seperti yang telah disebutkan, mesin ini cocok digunakan sebagai mesin tersier dan tidak sesuai untuk material abrasif.

5. Hammer crusher

Hammer crusher – alibaba.com
Hammer crusher adalah mesin penghancur batu yang menggunakan rotor yang berputar dengan kecepatan tinggi. Rotor tersebut dilengkapi dengan jumlah palu tertentu yang selanjutnya akan menghancurkan batu.

Mesin ini cocok untuk berbagai jenis batuan dengan struktur yang rapuh ataupun keras. Biasanya, mesin ini pun kerap digunakan untuk produksi industri semen, generator listrik, serta untuk produksi material bangunan.

6. Impact crusher

Impact crusher – alibaba.com
Mesin ini memiliki bentuk yang mirip dengan hammer crusher. Di dalamnya terdapat rotor yang berputar dengan kecepatan tinggi. Hanya saja, impact crusher tidak menggunakan tekanan untuk menghancurkan batu. Sesuai dengan namanya, mesin ini menggunakan benturan untuk melakukan hal tersebut.

Terdapat dua jenis impact crusher yang tersedia di pasaran, yakni horizontal shaft impactor (HSI) dan vertical shaft impactor (VSI). Perbedaan keduanya terletak pada penempatan rotor. HSI diposisikan secara horizontal, sementara VSI rotor diatur secara vertikal.

7. Mineral sizers

Mineral sizers – alpsizers.com

Terakhir adalah tipe mesin mineral sizers. Mesin ini memiliki 2 rotor bergigi besar yang memutar dengan kecepatan rendah. Sebagai gantinya, rotor ini bergerak dengan torsi tinggi yang memungkinkannya untuk menghancurkan berbagai jenis benda keras.

Mesin ini secara khusus digunakan untuk mengetahui adanya kandungan mineral tertentu pada batuan. Kekuatannya pun bisa menghancurkan berbagai jenis logam sehingga menjadi berbentuk butiran.

Beragam jenis mesin tersebut juga kerap dibentuk dalam berbagai jenis, disesuaikan dengan kondisi lapangan. Ada mesin berkapasitas besar yang secara langsung membutuhkan proses instalasi di lapangan. Ada pula mesin yang secara khusus didesain agar bisa dioperasikan di berbagai tempat.

Tips Memilih Jenis Mesin Penghancur Batu (Stone Crusher) yang Tepat

mobile stone crusher machine – maruticrusher.com

Berbagai jenis mesin pemecah batu yang beredar di pasaran tersebut memiliki fungsi berbeda. Oleh karena itu, seorang konsumen harus memiliki pertimbangan yang jelas saat membelinya. Jangan sampai mesin yang telah dibeli ternyata tidak sesuai dengan penggunaan di lapangan.

 Ada 5 hal yang bisa dijadikan patokan saat membeli sebuah mesin stone crusher, yakni:

- Perhatikan tipe batu yang ingin dihancurkan
Jenis batu yang dihancurkan harus menjadi pertimbangan pertama dalam memilih mesin pemecah batu. Tidak semua mesin berfungsi maksimal saat dipakai untuk menghancurkan berbagai jenis batu.

Misalnya, mesin tipe jaw crusher dapat digunakan untuk beragam jenis batu. Mulai dari batu yang memiliki tingkat kekerasan tinggi hingga batu yang lunak. Sementara itu, cone crusher punya tipikal untuk memproses batu dengan struktur yang agak keras hingga sangat keras.

Tidak hanya itu, sifat batu juga harus menjadi perhatian. Jaw crusher dapat memproses berbagai jenis batu. Sementara itu, mineral sizers hanya cocok untuk batu yang bersifat abrasif. Demikian pula mesin yang bertipe gyratory crusher.

Ukuran maksimal batu
Pertimbangan kedua adalah melihat ukuran maksimal batu yang bisa diproses mesin tersebut. Di waktu yang sama, konsumen juga harus memperhatikan ukuran batu setelah menjalani proses penghancuran.

Secara umum, mesin yang masuk dalam kategori mesin primer mampu memproses batu berukuran besar. Sementara itu, mesin tersier punya kemampuan memproses batu dengan ukuran paling kecil.

Selain itu, mesin juga kerap dilengkapi dengan informasi rasio antara ukuran batu awal dan ukuran batu setelah dihancurkan. Untuk mesin tipe jaw crusher, biasanya memiliki rasio antara 3:1 hingga 5:1. Sementara itu, gyratory crusher punya rasio antara 4:1 hingga 7:1.

Cara penggunaan mesin
Cara penggunaan mesin juga harus menjadi pertimbangan berikutnya. Tidak hanya terkait kemudahan atau kesulitan pemakaiannya, tapi juga melibatkan beberapa faktor lain. Faktor lain yang dimaksud adalah daya listrik yang dibutuhkan, jumlah tenaga kerja yang diperlukan untuk mengoperasikan mesin, tingkat keamanan, ataupun kemudahan dalam perawatan.

Ketahanan mesin
Mesin pemecah batu yang punya ketahanan tinggi tidak akan mudah rusak. Apalagi, ketika mesin memproses material yang tak bisa dihancurkan. Sebuah mesin yang berkualitas bagus, memiliki komponen yang tak mudah rusak saat memproses material yang keras dan sulit dihancurkan sekalipun.

Meski begitu, konsumen juga harus memperhatikan garansi serta ketersediaan suku cadang mesin tersebut. Pastikan pihak penjual menyediakan garansi dengan durasi yang cukup panjang. Di waktu yang sama, suku cadang juga harus bisa diperoleh dengan mudah. Dengan begitu, kalau terjadi hal yang tidak diinginkan, kerusakan mesin tidak akan terlalu mengganggu aktivitas perusahaan.

Efesiensi mesin
Efisiensi mesin mencakup berbagai hal. Pertama, berkaitan dengan kapasitas mesin tersebut. Setiap mesin dilengkapi dengan informasi mengenai seberapa banyak batu yang bisa diproses dalam rentang waktu tertentu.

Selanjutnya, efisiens juga berkaitan dengan biaya mesin tersebut. Biaya di sini juga mencakup berbagai jenis. Mulai dari biaya awal yang dibutuhkan untuk pengadaan mesin tersebut, hingga biaya operasional. Jangan sampai biayanya terlalu besar sehingga memberi beban terlalu berat bagi perusahaan.

Harga Mesin Penghancur Batu (Stone Crusher) Baru dan Bekas

Mesih penghancur batu – made-in-china.com
Tidak sulit untuk menemukan mesin penghancur batu di Indonesia. Bahkan, bisa pula menemukannya dalam kondisi bekas. Dengan begitu, harga mesin stone crusher tersebut relatif lebih murah.  Harga mesin pemecah batu, baik baru ataupun bekas, ditentukan oleh beberapa faktor, di antaranya adalah merek, kualitas, kapasitas, serta fitur yang dimilikinya.

Misalnya, sebuah harga mesin stone crusher mobile yang berkapasitas kecil tentu saja lebih ekonomis dibandingkan dengan mesin pemecah batu dengan kapasitas lebih besar. Namun, di waktu yang sama, mesin tersebut memberi keuntungan bisa dibawa ke berbagai tempat dengan ringkas. Selain itu, harga mesin stone crusher mobile juga bisa dilihat dengan jelas, karena tidak membutuhkan biaya instalasi.


Harga Mesin Jaw Crusher
Mesin jaw crusher menjadi tipe mesin penghancur batu yang paling mudah dijumpai di pasaran. Konsumen bisa menemukan perangkat ini dengan berbagai kapasitas, mulai dari jaw crusher mini hingga mesin yang dipakai di area pertambangan.

Mengenai harganya, jaw crusher mini yang bisa dipindah-pindah dengan mudah dipatok dengan banderol mulai dari Rp 30 juta hingga Rp 250 juta. Sementara itu, untuk jaw crusher yang dipakai di area pertambangan, harganya mencapai lebih dari Rp 1 miliar.

Harga Mesin Gyratory Crusher
Mesin tipe gyratory crusher dengan kapasitas antara 200 hingga 300 ton per jam bisa diperoleh dengan banderol sekitar Rp 150 juta. Mesin ini tersedia dalam berbagai pilihan ukuran feeding, mulai dari 400 mm hingga 650 mm.

Harga Mesin Roller Crusher
Selanjutnya, harga mesin pemecah batu tipe roller crusher dengan kapasitas antara 5-15 ton per jam bisa diperoleh dengan banderol sekitar Rp 70 juta. Mesin ini tersedia dengan opsi ukuran feeding mulai dari 50 mm sampai 150 mm.

Harga Mesin Hammer Crusher
Harga mesin stone crusher tipe hammer crusher yang menggunakan material baja dengan kapasitas mencapai 20 ton per jam berkisar di angka Rp 270 juta.

Harga Mesin Impact Crusher
Sementara itu, mesin impact crusher tipe VSI, bisa diperoleh dengan banderol sekitar Rp 175 juta. Mesin ini memiliki ukuran feeding sebesar 350 mm dengan kapasitas mencapai 280 sampai 320 ton per jam.

Harga Mesin Mineral Sizers
Selanjutnya, mineral sizers yang memiliki kapasitas antara 250 sampai 600 ton per jam, bisa diperoleh dengan banderol berkisar antara Rp 600 juta hingga Rp 2 miliar. Mesin dengan spesifikasi ini punya berat mencapai 25 ton.

Demikianlah serba-serbi informasi terkait alat pemecah batu. Mulai dari fungsi dan sejarah, hingga harga mesin penghancur batu di pasaran. Semoga membantu.
Mesin Penghancur Batu, Alat Pemecah Batu / Mesin Giling Batu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yahya

0 komentar:

Posting Komentar