Skip to main content

follow us

Mesin pemotong rumput berguna untuk memotong rumput atau gulma di sawah dan taman dengan mudah. Pengguna cukup menenteng atau mendorong mesin ini ke arah rumput yang panjang agar bisa segera ditebas hingga habis. Selain itu, mesin ini mampu bergerak dengan cepat sehingga pembersihan bisa berjalan dengan cepat.



Untuk mengenal lebih banyak tentang mesin rumput mulai dari jenis hingga harga, simak ulasannya di bawah ini.

Jenis Jenis Mesin Pemotong Rumput

Mesin pemotong rumput dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan cara penggunaan, rotasi, dan sumber daya.

1. Cara Penggunaan
Berdasarkan cara penggunaanya terbagi menjadi 3 jenis mesin.

- Mesin Gendong
Salah satu mesin yang cukup populer karena mudah digunakan dan harganya cukup terjangkau adalah mesin pemotong rumput gendong. Mesin dari alat ini terletak di bagian belakang dan digendong oleh penggunanya. Biasanya berat mesin ini cukup ringan sehingga pengguna tidak capai saat menggendong selama berjam-jam.

Mesin pemotong rumput gendong ini cocok diaplikasikan di lahan yang tidak rata. Misal taman atau kebun yang bergelombang kontur tanahnya. Pengguna bisa bergerak dan menjalankan pisau pemotong yang berputar ke arah rumput yang panjang. Kalau ada batu atau bahan keras lain, pengguna bisa menggerakkan pisau pemotong agar tidak rusak saat mengenai benda itu.

- Mesin Dorong
Mesin pemotong rumput jenis kedua adalah dorong yang biasanya digunakan untuk memotong rumput di lapangan yang luas seperti lapangan sepak bola atau golf. Mesin dorong ini memiliki roda yang bisa digerakkan untuk maju atau mundur.

Mesin jenis dorong ini tergolong teknologi baru. Pemotongannya cukup rapi dan merata. Pengguna hanya perlu mengarahkan mesin sesuai dengan keinginan untuk mendapatkan hasil yang cepat.

Oh ya, cepat dan tidaknya mesin ini bekerja tergantung pada pendorongnya. Kalau pengguna tidak bisa bergerak dengan cepat, mesin akan stagnan di satu tempat karena butuh diarahkan agar berfungsi maksimal. Mesin dorong memiliki harga jual lebih mahal ketimbang yang gendong karena efisiensi penggunaan serta kecilnya risiko yang ditimbulkan akibat pisau potong.

- Mesin Pemotong Mobil
Mesin pemotong rumput terakhir yang banyak digunakan oleh masyarakat adalah mesin pemotong mobil. Mesin ini jadi satu dengan mobil besar yang mampu bergerak dengan cepat dari satu tempat ke tempat lain.

Dari dua mesin sebelumnya, mesin pemotong mobil ini jauh lebih aman dan cepat. Mesin ini bisa digunakan untuk memotong rumput di lapangan rumput yang lebar dengan cepat. Barang kali salah satu kekurangan dari mesin ini hanyalah harganya yang cukup mahal karena termasuk mesin besar. Membeli mesin ini sama halnya membeli mobil baru.

2. Rotasi Mesin Pemotong
Berdasarkan rotasi pisau pemotongnya, mesin pemotong rumput dibagi menjadi dua jenis.

- Mesin Pemotong Silinder
Mesin pemotong silinder biasanya terdiri dari 3-7 pisau yang tersusun rapi menjadi bentuk spiral dan memutari sebuah poros. Saat mesin dihidupkan pisau akan berputar dengan kuat dan membentuk spiral sehingga dinamai demikian. Mesin ini mampu memotong rumput kecil dengan sangat rapi dan cepat sehingga cocok digunakan untuk membersihkan taman.

Mesin pemotong rumput silinder ini biasanya memiliki roda yang difungsikan pergerakan dan memudahkan navigasi. Pegangan dari mesin ini dioperasikan secara manual dan berbentuk T-handle yang kokoh sehingga pisau tidak terlepas atau putaran pisau membuat pegangan jadi goyang.

- Mesin Pemotong Rotary
Mesin pemotong rotary berputar pada sumber vertikal dengan kecepatan yang cukup tinggi. Pisau potong yang terputar dengan sempurna menghasilkan jenis potongan yang kasar dan tercabik-cabik. Pisau untuk jenis mesin ini biasanya sudah terpasang langsung ke bodi mesin sehingga pengguna hanya perlu mendorong dan mengarahkannya ke lokasi rumput yang ingin dipotong.

Berbeda dengan mesin pemotong silinder yang menggunakan dua roda dan 3-7 pisau untuk memotong. Mesin ini hanya menggunakan satu pisau untuk memotong rumput. Selanjutnya roda yang digunakan oleh mesin biasanya satu set dua bagian depan dan dua di bagian belakang.

3. Bahan Bakar Mesin
Untuk sumber daya, mesin pemotong rumput menggunakan tiga sumber energi.

- Mesin bertenaga bensin
Mesin bertenaga bensin biasanya banyak digunakan pada jenis mesin besar yang penggunaannya didorong.

- Mesin bertenaga listrik
Mesin dengan tenaga listrik biasanya m emiliki kabel yang panjang untuk pergerakannya. Jenis mesin ini hanya cocok untuk taman atau lapangan kecil karena ruang geraknya terbatas.

- Mesin bertenaga baterai
Mesin pemotong rumput ini hampir sama dengan mesin bertenaga listrik. Kalau mesin bertenaga listrik memiliki batas pada area yang bisa dibersihkan, mesin ini memiliki keterbatasan daya meski bisa bergerak dengan bebas.

Selengkapnya baca di: Harga alat mesin potong rumput dorong, gendong merk STIHL dan TASCO

Harga Mesin pemotong rumput

Harga berbeda-beda setiap jenis. Mesin jenis manual yang digerakkan dengan tangan dan digendong memiliki harga sekitar Rp 500.000 hingga Rp 1,5 juta. Selanjutnya untuk mesin dorong yang cocok untuk merapikan rumput di lapangan dibanderol mulai Rp 2,6 jutaan. Semakin bagus jeroan mesin dan efisiensi dayanya tinggi, harganya akan mengikuti.

Selanjutnya harga mesin potong rumput untuk jenis mobil yang bisa dikendarai dan digerakkan ke banyak tempat dibanderol Rp 42 juta. Bentuk mesin pemotong ini mirip sekali dengan mesin ATV yang memiliki setir, empat roda, dudukan yang nyaman dan pisau potong di bagian belakang yang ditutupi oleh bodi mobil.

Demikianlah uraian mulai dari jenis dan harganya. Semoga artikel di atas bisa membantu dalam menentukan mesin pemotong rumput mana yang sesuai dengan kebutuhan dan budget anda.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar