Skip to main content

follow us


Mesin hammer mill adalah alat yang digunakan untuk menghancurkan bahan keras menjadi butiran yang lebih halus atau tepung. Mesin ini mampu menghancurkan bahan seperti butiran jagung, cangkang, tulang ikan, hingga gaplek kering yang akan dibuat menjadi tepung. Lebih lanjut, mesin ini juga bisa digunakan untuk mencampur bahan dengan baik agar bisa segera digunakan.

Untuk mengenal lebih jauh tentang mesin hammer mill berserta spesifikasi lengkapnya, simak uraian di bawah ini.

Spesifikasi Mesin Hammer Mill

Berikut spesifikasi dari mesin hammer mill yang banyak beredar di pasaran selengkapnya.

1. Bahan Penyusun
Hampir semua bahan penyusun mesin pemecah ini adalah logam. Mesin standar yang digunakan untuk memecah bahan yang tidak dikonsumsi oleh manusia menggunakan besi biasa. Sementara itu, mesin yang digunakan untuk memecah bahan yang akan diolah menjadi makanan seperti tepung atau jagung, digunakan bahan stainless steel.

Dua bahan yang digunakan untuk mesin ini sama-sama bermanfaat meski secara harga yang terbuat dari stainless steel jauh lebih mahal. Baja anti karat yang digunakan oleh mesin ini terletak pada bagian mulut untuk memasukkan bahan, saluran ke palu, palu untuk memukul bahan, dan saluran setelah menjadi bahan halus.

2. Pemukul
Komponen utama dari mesin ini adalah palu atau pemukul yang digunakan untuk menghaluskan bahan. Masing-masing mesin memilik pemukul yang jumlahnya berbeda-beda. Normalnya, satu mesin penghalus bahan ini menggunakan pemukul 30 buah agar hasil yang didapatkan maksimal dan halusnya merata sehingga tidak perlu melakukan proses penghalusan 2 kali. Jumlah pemukul terbanyak dari jenis mesin ini sekitar 42 buah.

3. Kapasitas Produksi
Kapasitas produksi adalah hal paling penting dari mesin ini. Semakin besar jumlah produksi yang dihasilkan, mesin akan semakin ekonomis dan bisa digunakan untuk bisnis skala kecil dan menengah.
Satu mesin hammer mill kategori kecil biasanya mampu memproduksi tepung atau produk halus lain hingga 50 kg per jam. Kalau mesin digunakan untuk bekerja sama 6 jam satu hari, pengguna bisa menghasilkan bahan halus hingga 300 kg.

Jumlah produksi akan meningkat jika mesin yang digunakan memiliki dimensi yang besar. Mesin hammer mill untuk ukuran besar mampu memproduksi 300 kg per jam. Dalam satu hari, mesin ini mampu memproduksi 1-2 ton bahan tepung untuk industri.

4. Dimensi Mesin
Mesin hammer mill termasuk mesin kecil yang bisa digunakan oleh satu orang saja. Ukuran panjang, lebar, dan tinggi dari mesin ini sekitar 100 cm saja. Mesin terbesar yang mampu memproduksi bahan halus hingga 300 kg, panjang mesin hanya 142 cm, lebar 92 cm, dan tinggi 140 cm saja.

Selain dimensi mesin secara menyeluruh, bagian penting dari mesin ini adalah mulut yang digunakan untuk menerima bahan dan mengeluarkan bahan yang sudah jadi. Dimensi biasanya berbentuk kubus dengan ukuran 30-45 cm.

5. Mesin dan Tenaga
Untuk menjalankan pemukul dan menyalurkan bahan yang sudah halus ke luar, mesin ini menggunakan tenaga diesel. Mesin terbesar menggunakan diesel dengan kekuatan 26 HP. Mesin terkecil yang mampu menghasilkan 50 kg bahan halus menggunakan diesel dengan tenaga 8 HP.
Untuk menjalankan mesin bahan bakar yang digunakan adalah solar. Mesin kecil dengan 8 HP kemungkinan hanya membutuhkan 1 liter solar untuk kerja kontinu 2-3 jam. Semakin besar mesin yang digunakan semakin banyak pula solar yang digunakan untuk penggeraknya.

Harga Mesin Hammer Mill

Harga bergantung pada dimensi mesin, jenis mesin, dan kapasitas output yang dihasilkan. Semakin besar mesin dan dimensi, harganya akan semakin mahal. Pembeli mesin hammer mill biasanya menggunakan output sebagai acuan untuk membeli mesin.

Satu unit mesin pemukul ini sekitar Rp 25-75 juta. Harga dari mesin bisa semakin mahal jika produsen memberikan fitur tambahan seperti ada monitor yang bisa digunakan untuk mengatur tingkat kehalusan bahan yang sedang dihancurkan.

Kelebihan Mesin Hammer Mill

Beberapa kelebihan yang bisa digunakan sebagai acuan sebelum memutuskan untuk membeli.

1. Konstruksi Mesin Sederhana
Kelebihan pertama dari mesin pemukul ini adalah konstruksinya yang sederhana. Anda bisa menempatkan mesin ini di ruangan yang tidak terlalu lebar untuk melakukan produksi bahan halus seperti tepung.

Selanjutnya kalau Anda ingin memindahkan mesin dari satu ruangan ke ruangan lain tidak perlu susah saat membawanya. Dengan dimensi tidak sebesar stone crusher, Anda bisa membawa mesin ini dengan beberapa orang saja.

2. Bisa Mengatur Tingkat Kehalusan Bahan
Mesin ini sudah dilengkapi dengan fitur pengaturan kelembutan bahan yang dihasilkan. Anda bisa mengatur kecepatan putaran martil dan durasi waktunya. Kalau Anda ingin butiran jagung yang tidak halus untuk makan ternak bisa menggunakan tumbukan tidak keras dan waktu tumbuh yang tidak lama.

3. Mampu Mengaduk Banyak Bahan
Mesin hammer mill ini mampu mengaduk beberapa bahan yang kasar menjadi satu dengan merata. Kita ambil contoh sederhana, misal Anda ingin membuat sambal pecel yang memiliki bahan kacang tanah, cabai, gula merah, cabai, dan bahan lainnya. Mesin ini akan mampu menghancurkan semua bahan dan mengaduknya menjadi satu sehingga setelah keluar bisa segera dikonsumsi.

4. Terjangkau dan Awet
Dibandingkan dengan mesin yang lain, mesin hammer mill ini cenderung lebih terjangkau. Selain itu, dengan penggunaan normal, mesin akan awet hingga bisa digunakan lebih dari 10 tahun.

Demikianlah uraian tentang mesin hammer mill yang bisa menghancurkan bahan keras menjadi tepung. Semoga bermanfaat!

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar