Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Pompa Air Shimizu Setelah Memasang Ratusan Unit

Kali ini saya ingin mereview kelebihan dan kekurangan pompa air Shimizu khususnya untuk sumur dangkal setelah saya dan team teknisi telah memasang lebih dari 300 unit pompa air Shimizu PS-130 BIT, PS-135 E, PS-128 BIT dan PS-230 BIT.

Sebenarnya banyak merk dan type pompa air lainnya yang telah kami pasang, tetapi review ini saya fokuskan ke 4 type pompa air Shimizu itu saja.

Sebelumnya untuk diketahui, profesi saya adalah jasa pemasangan filter air dan seputar pengolahan air minum dan air bersih, sehingga sangat "akrab" dengan pompa air merk apapun, salah satunya adalah mesin pompa air Shimizu.

Spesifikasi Pompa Air Shimizu

Sebelumnya kita lihat dulu spesifikasi dan harga pompa air Shimizu PS-130 BIT, PS-135 E, PS-128 BIT dan PS-230 BIT.

Shimizu PS-130 BIT

Shimizu ps 130 bit
Spesifikasi Shimizu PS-130 BIT
Output: 125 W
Input: 0.3 kW
Daya Hisap Max: 9 m
Total Head Max: 35 m
Kapasitas Max: 30 L/min
Head: 10 | 22
Kapasitas: 18 | 10
Pipa Hisap: 1 inch
Pipa Dorong: 1 inch
Berat: 10 Kg
Harga sekitar Rp 650.000-an

Shimizu PS-135 E

shimizu PS-135 E
 

Spesifikasi Shimizu PS-135E
Output: 125 W
Input: 0.3 kW
Daya Hisap Max: 9 m
Total Head Max: 30 m
Kapasitas Max: 31 L/min
Head:  5 | 20
Kapasitas: 28 | 10
Pipa Hisap: 1 inch
Pipa Dorong: 1 inch
Berat: 9 Kg
Harga sekitar Rp 550.000-an

Shimizu PS-230 BIT

Shimizu PS 230 BIT
Spesifikasi Shimizu PS-230 BIT
Output: 200 W
Input: 0.5 kW
Daya Hisap Max: 9 m
Total Head Max: 36 m
Kapasitas Max: 50 L/min
Head: 10 | 29
Kapasitas: 28 | 11
Pipa Hisap: 1 inch
Pipa Dorong: 1 inch
Berat: 16.5 Kg
Harga sekitar Rp 1.200.000-an

Untuk harga pompa air merk lainnya silahkan baca di halaman harga pompa air .

Review Pompa Air Shimizu

Setelah kami memasang lebih dari 300 unit pompa air Shimizu tsb secara umum bisa saya katakan mesin pompa air Shimizu kualitasnya bagus dan mesin nya bandel dan juga tahan dihidupan 24 jam.

Pompa Shimizu aman digunakan untuk air PDAM, air sungai dan air sumur bor dengan kondisi pH air rendah, air keruh, berpasir, berkapur dan air yang mengandung zat besi tinggi.

Kami tidak pernah memasang pompa air ini untuk air kondisi hangat, panas, sangat panas ataupun air sedingin es, jadinya tidak bisa berkomentar untuk bisa atau tidaknya digunakan untuk kondisi air tsb.

Soal daya hisap dan daya dorong cukup kuat, bahkan air bisa mengalir ke rumah 2 lantai. Jika untuk rumah 3 lantai maka yang dipakai Shimizu yang type PS-230 BIT.

Soal masa pakai atau daya tahan pompa air Shimizu ini bervariasi antara 5 tahun bahkan ada yang sudah dipakai lebih 10 tahun tapi masih bagus.

Jika ditaruh di teras atau samping rumah hingga terkena panas matahari dan cipratan air hujan maka pompa air ini bisa berkarat dan warna catnya jadi buram, tetapi mesinnya baik baik saja dan tidak ada kerusakan pada dinamo. Soal ini pompa merk lainnya pun akan mengalami hal yang sama.

Dari 300 unit tsb ada kurang dari 10 unit yang mengalami trouble saat pompa baru dipasang. Trouble yang dimaksud adalah kebocoran air pada body head pompa, pada seal penutup impeller dan ada juga kebocoran di tabung angin pressure.

Terkadang juga ada trouble pompa air tidak mau hidup karena kapasitornya agak error.

Tetapi semua trouble tsb cepat ditangani dengan baik oleh service center Shimizu di kota saya tanpa ada biaya apapun karena masih garansi.

Soal otomatis pompa air Shimizu

Automatic pressure switch pompa air Shimizu ini terbilang cukup bagus dan jarang ada trouble. Dari 300 unit pompa air tsb hanya beberapa yang melaporkan trouble pada otomatis pompa, itupun bagi yang sudah dipakai diatas 3 tahun.

Solusinya adalah dengan mengganti otomatis pompa tsb dengan yang baru dan barang yang original. Kalau menggantinya dengan barang bukan original alias barang KW biasanya hanya hitungan hari akan rusak.

Gunakan selalu suku cadang yang asli, harga otomatis pompa air Shimizu juga terjangkau tidak sampai Rp 100.000.

Demikian review mesin pompa air Shimizu yang bisa saya tuliskan. Untuk diketahui, tulisan ini adalah inisiatif saya pribadi dan saya tidak mendapat imbalan apapun dari pihak pompa air Shimizu. Jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar.

Posting Komentar untuk "Review Pompa Air Shimizu Setelah Memasang Ratusan Unit"