Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Masalah Umum yang Terjadi Pada Genset Diesel dan Solusinya

Masalah Umum yang Terjadi Pada Genset Diesel

Bila anda memiliki sebuah genset, pastinya anda harus mengetahui masalah umum atau kerusakan yang terjadi pada mesin genset diesel. 

Sehingga anda akan semakin mudah dalam melakukan perawatan dan perbaikannya. Berikut ini adalah masalah umum yang terjadi pada mesin genset diesel.

Masalah Umum yang Terjadi Pada Genset Diesel dan Solusinya

1. Mesin Genset Sulit Dihidupkan
Mesin pada genset yang sulit dihidupkan merupakan masalah yang terbilang sangat fatal, fatal karena mesin ini tidak bisa digunakan. 

Meski mesin telah dinyalakan berulang kali namun tetap saja mesin gensetnya tidak bisa hidup. Masalah ini disebabkan karena kondisi yang lemah ataupun sudah mati, hal ini menyebabkan genset anda sangat sulit untuk dihidupkan.

Anda dapat mengatasinya dengan cara mengganti baterai yang lama dengan yang baru. Penyebab yang lainya dapat juga dikarenakan kawat yang putus atau dalam kondisi kendor, itulah yang menyebabkan genset sulit di hidupkan. 

Untuk itulah anda perlu mengganti kawat atau juga mengencangkan kawat yang kendor. Dengan demikian genset dapat kembali bisa dinyalakan.  

2. Mesin Genset Mendadak Mati
Genset anda bisa saja terlihat tidak memiliki masalah, sehingga akan tetap dapat menyala saat dihidupkan. 

Namun saat dalam digunakan mesin mendadak mati, kondisi seperti ini pastinya membuat anda merasa bingung dan sangat repot dalam menanganinya. 

Dan masalah seperti ini dapat disebabkan dengan beberapa faktor. Faktor utama adalah mesinnya yang terlalu banyak terisi air, ketika mesin hidup air yang berada didalam tangki bahan bakar dapat berpindah tempat. 

Dan untuk mengatasinya anda dapat membuang udara dan juga airnya di dalam pipanya. Dan faktor lainya adalah terjadi penyumbatan pada lubang ventilasi tempat bahan bakarnya. 

Sehingga menyebabkan genset yang tidak dapat beroperasi secara normal, dan anda dapat mengatasinya dengan cara membersihkan sumbatan pada lobang ventilasinya. 

Penyumbatan pada katub mesin juga dapat menyebabkan genset mati mendadak. Agar genset dapat beroperasi dengan sempurna, anda perlu membersihkan penyebab penyumbatan pada katub mesin. Sehingga mesin genset diesel anda dapat bekerja secara normal kembali.

3. Mesin Genset Tidak Memiliki Daya
Agar mesin genset anda dapat berfungsi secara normal, tentunya harus memiliki daya. Sehingga bila genset anda kehilangan daya, dan secara tiba tiba mati saat sengan di gunakan. 

Dan selain itu mesinnya memang telah menyala, namun tidak dapat berfungsi untuk menghasilkan daya listrik. Penyebab dari kondisi ini adalah plunyes pompanya yang sedang mengalami keausan. 

Sehingga tidak memiliki performa semestinya ketika dihidupkan mesinnya. Anda dapat mengatasi masalah ini dengan mengganti bagian tersebut. Dan faktor lainya dari masalah tersebut adalah karena terjadinya kebocoran pada rumah katup.

Dan anda dapat mengatasinya dengan cara memperbaiki atau melakukan penggantian pada komponen tersebut.

4. Mesin Genset Macet.
Mesin genset yang macet dapat disebabkan karena mesin yang kepanasan, karena saat genset bertoperasi pembakaran di ruang bakar dan juga gesekan antata material mesin menghasilkan panas yang tinggi. 

Apabila sistem pendinginan atau pelumasan mesin terganggu, panas pada mesin  menjadi berlebihan dan dapat menyebabkan pemuaian komponen di luar kewajarannya.

Apabila piston memuai sehingga ukuranya lebih besar dan slinder, maka piston akan tersangkut pada silinder. Meskipun macet dan tidak dapat menyala lagi, kerusakan mesin macet inibiasanya sangat fatal sehingga mesin tidak akan dapat menyala lagi. 

Dan untuk mengatasi masalah ini anda dapat mencegahnya dengan selalu memastikan sistem pelumasan dan pendinginan genset dalam keadaan optimal. 

5. Genset Masuk Angin
Masuk angin tidak hanya terjadi pada manusia, namun hal ini juga dapat terjadi pada genset dan terutama pada genset bermesin diesel. 

Istilah masuk angin dapat digunakan para teknisi untuk menyebutkan keadaan pada saluran injeksi bahan bakar yang terisi oleh udara. 

Dan hal ini tentunya akan mengakibatkan tekanan solat berkurang dan dan tidak dapat mengalir dengan baik sampai ke ruang bakar. 

Masuk angin pada mesin ini dapat disebabkan karena pengisian bahan bakar yang terlambat hingga kosong dan tidak terisi sama sekali. 

Injection pump akhirnya menyedot udara. Saat solar diisi kembali, udara itu masih ada di saluran bahan bakar, dan ini lah yang membuat mesin sulit menyala. 

Penyebab selajutnya adalah komponrn sistem bahan bakar, meliputi : selang, filter solar, ataupun injector ada yang bocor atau longgar. 

Jika ada salah satu dari komponen tadi yang bocor atau longgar, maka udara dapat masuk ke sistem pembakaran melalui celah tadi. 

Pada masalah ini anda dapat mengatasinya dengan melakukan beberapa langkah seperti dibawah ini :

- Pastikan tangki terisi solar sampai penuh. 

- Langkah yang pertama adalah anda memeriksa saluran bahan bakar (selang, filter, solar, dan injector) tidak ada yang longgar atau bocor.

- Selanjutnya adalah mengeluarkan angin dari saluran bahan bakar, dengan cara mengendorkan baut nepel angin (union bolt). Setelah kendor, pompa dengan tangan sampai solar yang keluar tadi bersih dan tidak berbuih (berbuih = tanda ada udara). Lalu kencangkan kembali baut nepel anginnya (union bolt).

- Dan yang ketiga coba untuk menyalakan mesin genset dan mesin diesel anda akan mudah dihidupkan seperti biasa.

6. Genset Jarang Dipanasi
Genset yang jarang digunakan dan di panasi pastinya akan sangat susah untuk menyala pada saat pertama kali di coba. 

Mesin juga sama halnya dengan manusia, bila manusia jarang melakukan aktifitas maka tubuh mereka pastinya akan berat untuk melakukanya pada percobaan pertamanya.

Dan ketika mesin genset telah lama tidak digunakan, minyak peluman yang melumasi mesin akan kembali kebawah (tangki pelumas) karena adanya gaya gravitasi. 

Karena nderdil mesin tidak terlindung dengan pelumas, komponen komponen pada mesin bisa berkarat dan tersangkut satu sama lain. Maka karena itu, memanaskan genset seminggu sekali agar sirkulasi oli tetap berjalan.

7. Bahan Bakar Tercampur Dengan Air
Sering sekali bahan bakar pada mesin genset diesel mengalami bahan bakar yang tercampur dengan air. 

Air pada solar akan terbawa pada sistem  injection pump, akan mengakibatkan jumlah solar yang masuk ke ruang bakar berkurang, dan ledakan hasil pembakaran tidak mampu menggerakan mesin dengan sempurna.

Air yang berada didalam sistem injeksi BBM juga dapat menimbulkan karat, khususnya jika mesin genset yang berada di dekat laut dan telah lama tidak digunakan. 

Karat ini pastinya akan sangat mengganggu kerja sistem injeksi, sehingga macet dan mengakibatkan mesin tidak bisa distart atau sebaliknya, tidak terkendali kecepatan putarnya (overspeed). 

Solar yang telah terkontaminasi dengan air dapat disebabkan karena beberapa hal. 

- Solar sudah terkontaminasi dari tempat pengisian solar (SPBU).

- Air yang masuk melalui lubang korosi pada tangki. 

- Udara yang masuk kedalam tangki, lalu uap air di udara tersebut mengalami pengembunan. pengembunan ini terjadi ketika permukaan tangki solar (umumnya berbahan plat baja) dingin dan mengakibatkan udara tadi mengembun pada dinding tangki bagian dalam.

- Air hujan yang masuk melalui seal karet pada tutup tangki yang rusak, biasanya terjadi pada genset tipe open.

Anda dapat mengatasi terjadinya masalah ini dengan melakukan beberapa hal seperti di bawah ini :

- Pastikan tanki dan dalam keadaan baik, kuras tangki, keringkan, kemudian pasang kembali dan isi kembali dengan bahan bakar yang baru.
- Tambahkan water separator pada saluran bahan bakar genset.

Demikian masalah umum yang terjadi pada genset diesel dan solusinya. Semoga dengan artikel ini dapat membantu anda dalam menangani masalah yang terjadi pada mesin genset diesel anda.

Posting Komentar untuk "Masalah Umum yang Terjadi Pada Genset Diesel dan Solusinya"