Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Mesin Jahit Agar Tidak Berisik dan Bergetar Keras

Cara Mengatasi Mesin Jahit Agar Tidak Berisik

Bagi para penjahit pastinya pernah mengalami mesin jahit yang mengeluarkan suara kasar dan berisik tentunya ditelinga yang mengganggu orang disekitarnya. Sangat penting bagi anda untuk mengetahui cara mengatasi mesin jahit yang memiliki suara kasar. Berikut cara mengatasi mesin jahit agar tidak berisik dan bergetar keras. 

Cara Mengatasi Mesin Jahit Agar Tidak Berisik dan Bergetar Keras

Bila mesin jahit anda sedang mengalami kerusakan berupa suara yang berisik dan bergetar saat digunakan, biasanya disebabkan karena mesin anda tidak memiliki minyak pelumas yang cukup.

Mesin yang bergetar saat digunakan pastinya tidak enak, pastikan anda memilih minyak pelumas yang memimiliki kualitas terbaik karena minyak pelumas yang kurang berkualitas juga dapat menjadi pemicu terjadinya mesin jahit yang berisik dan juga bergetar saat digunakan. 

Benang benang yang menyangkut pada mesin dan debu debu yang tidak bisa dibersihkan pada gigi mesin juga dapat menjadi salah satu faktor terjadinya kerusakan. 

Anda dapat memperbaiki kerusakan yang terjadi ini dengan membersihkan debu debu dan juga sisa benang yang tertinggal pada mesin jahit anda dengan menggunakan kuas dan juga sikat gigi bekas. Lalu memberikan minyak pelumas yang berkualitas pada gigi mesin. 

Selain itu mesin jahit yang berisik juga dapat disebabkan karena adanya jarum yang rusak atau memiliki kualitas yang jelek. Anda dapat mengatasi kerusakan ini dengan mengganti jarum anda dengan jarum yang baru dan memiliki kualitas yang lebih baik.

Selain itu, pemasangan sepatu pada mesin jahit yang kurang tepat atau sedikit longgar juga bisa menjadi menyebab mesin jahit yang berisik saat mesin sedang digunakan. Dan untuk mengatasi terjadinya masalah tersebut anda dapat menguatkan skrub penahan yang terdapat pada dudukan sepatu jahitnya dengan menggunakan obeng. 

Dan tidak hanya itu, faktor yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan mengenai suara yang berisik juga bisa disebabkan oleh harga mesin jahit dan kualitas mesin. 

Pastinya harga, kualitas mesin dan juga kinerja mesin sangat berkaitan satu sama lain, anda harus paham mengenai cara memilih mesin jahit dan anda harus mengetahui bagaimana cara mengatasi permasalahan mengenai mesin jahit dan tahu jelas mengenai mesin. 

Bagaimana mesin yang sangat tepat untuk usaha konveksi anda sehingga anda bisa menghasilkan busana busana berkualitas sesuai pesanan pelanggan anda.

Cara Memilih Mesin Jahit Untuk Digunakan di Rumah

Mesin jahit memiliki tipe, ukuran dan juga fungsi yang berbeda beda. Anda perlu mengetahui yang cara cara yang harus diperhatikan dalam memilih mesin jahit, berikut ini adalah cara memilih mesin jahit untuk digunakan dirumah. 

Pilih mesin jahit berdasarkan kemahiran Anda dan tujuan pemakaiannya

Tips pertama yan bisa anda lakukan adalah memilih mesin berdasarkan kemahiran anda dan tujuan pemakaiannya. Secara umum mesin jahit rumahan terbagi menjadi dua jenis, jenis pertama yaitu jahit komputer dan yang kedua adalah mekanik. 

Anda dapat memilih tipe yang sesuai dengan kemahiran menjahit dan tujuan penggunaan anda.

Mesin jahit komputer

Mesin  jahit komputer merupakan mesin yang dikendalikan oleh mikrokomputer, yang mana mikrokomputer ini akan mengatur gerak naik turun pada jarum, lebar dan panjangnya jahitan dan yang lainya. 

Memiliki fungsi automatic needle threader yang membuat anda tidak perlu ribet memasukkan benang kedalam lubang pada jarum. Mesin jahit komputer memiliki kinerja yang tingggi sehingga membuatnya sangat cocok untuk digunakan pada penjahit profesional yang perlu menggunakannya setiap hari.

Namun pada kecanggihan yang dimiliki mesin jahit komputer ini, membuat harga mesin jahit ini termasuk katagori mahal. 

Anda yang memiliki budged terbatas tidak perlu cemas karena anda dapat memilih mesin jahit komputer dengan fungsi tertentu yang dibutuhkan. Dengan begitu, anda tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam.  

Mesin jahit mekanik

Selanjutnya adalah mesin jahit mekanik. Mesin jahit mekanik adalah mesin jahit yang sangat cocok untuk digunakan bagi anda yang baru belajar menggunakan mesin jahit. 

Mesin jahit mekanik memiliki harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan mesin jahit sebelumnya, mesin ini memiliki sistem pengoperasian yang cukup simpel dan juga mudah. 

Beberapa mesin jahit mekanik listrik yang terjual dipasaran telah dilengkapi dengan beragam fitur yang inovatif. Salah satunya adalah berbagai pola jahitan sehingga anda bisa berkreasi lebih banyak sesuai imajinasi.  

Bila anda telah memiliki mesin jahit full set yang berkinerja tinggi, namun anda masi menginginkan mesin jahit kedua? Mesin jahit mekanik berukuran compact dan portabel bisa menjadi pilihan. 

Memiliki fungsi dasar yang simpel, mesin jahit mekanik tidak mudah rusak. Anda dapat menggunakan bahan kain yang tebal atau memakai mesin jahit tipe ini dalam waktu lama.

Pilih ukuran mesin jahit berdasarkan cara pemakaiannya

Cara selanjutnya adalah memilih ukuran mesin jahit berdasarkan cara pemakaiannya, unuran pada mesin jahit rumahan terbagi menjadi dua jenis, yaitu full size dan compact size. 

Anda dapat memilih ukuran mesin jahit ini tergantung frekuensi pemakaian dan cara penyimpanannya.

Compact size 

Compact size jenis yang dirangcan dengan ukuran yang lebih kecil, mesin jahit ini lebih mudah disimpan karena ukuranya yang kecil. 

Bila anda sering menggunakan mesin jahit, maka jenis ini cocok untuk anda gunakan, selain itu mesin ini memiliki berat yang hanya  sekitar 5 kg, tentu lebih mudah untuk dibawa ke mana mana.

Dan tidak hanya pada berat yang sekitar 5kg, mesin ini juga tersedia dengan berat di atas 6 kg. Mesin jahit  jenis compact yang ini tidak terlalu mudah untuk dipindah pindah. 

Namun, mesin ini cocok bagi anda yang memiliki meja kerja yang sempit, contohnya jika tinggal di apartemen. 

Mesin ini terbuat dari bahan plastik sehingga membuatnya tidak sebaik mesin jahit full size. Selain itu, ada beberapa model mesin jahit compact yang tidak dapat digunakan untuk bahan kain tebal. Jadi, pastikan jenis dan jumlah kain yang bisa dipakai sebelum membeli mesin jahit compact.

Full size

Selanjutnya adalah full size, jenis ini memiliki kom[ponen yang terbuat dari bahan logam. Mesin jahit full size lebih tangguh dan powerfull jika dibandingkan dengan mesin jahit sebelumnya. 

Mesin jahit jenis ini pastinya akan memberikan hasil yang lebih berkualitas saat menjahit kain tebal seperti denim. 

Itulah yang menyebabkan mesin jahit jenis ini lebih cocok bagi anda yang sering membuat baju atau aksesori lainnya. 

Kelebihan yang lainya yaitu, mesin jenis ini merupakan mesin generasi pabrik yang rata rata berlaku hingga 3 tahun. Namun dengan berat mesin yang bisa melebihi 7 kg, mesin jahit full size lebih sulit dipindah pindah. 

Jika anda memilih mesin jahit full size, pastikan anda memiliki space khusus yang cukup untuk meletakkannya.

Perhatikan fitur tambahannya 

Cara selanjutnya adalah perhatikan fitur tambahanya. Fitur tambahan pada mesin jahit rumahan pastinya bermacam macam, tergantung pada model yang anda pilih.

Fitur support yang memudahkan penjahit pemula
 

Sebelum anda menjahit, anda pastinya perlu memasang benang atas, memasang bobbin, dan lain lainya. Hal ini pastinya sulit dilakukan bagi para pemula yang belum terbiasa menggunakan mesin jahit. 

Namun anda akan lebih mudah melakukan hal hal tersebut dengan bantuan dari fitur support pada mesin jahit. 

Fitur sport merupakan fitur yang berupa kontrol dari komputer yang akan memberi tahu kita terdapat kesalahan setting dari mesin jahit. Peringatan kesalahan ini biasanya dilakukan melalui suara beep beberapa kali. Dengan adanya fitur ini, anda bisa memanfaatkan mesin jahit sebaik baiknya.

Fitur bordir untuk menghasilkan karya yang orisinal 

Selanjutnya adalah fitur bordir untuk menghasilkan karya yang orisinal, anda bisa membuat berbagai karya yang cantik dengan fitur ini. Fitur ini juga sangat cocok untuk anda yang sering membuat pakaian dan aksesoris. 

Namun mesih jahit dengan fitur ini biasanya memiliki harga yang relatif lebih mahal, sehingga membuatnya kurang terkenal dikalangan pemula. Namun ada beberapa mesin jahit yang dilengkapi dengan mesin tambahan khusus bordir yang dijual terpisah. 

Mesin jahit ini lebih terjangkau sehingga cocok untuk anda yang ingin mencoba aplikasi bordir pada suatu saat nanti. 

Perhatikan juga jumlah pola jahitannya

Berbagai pola jahitan pastinya akan membuat pekerjaan menjahit anda semakin lebih mudan dan akan selesai lebih cepat. Mesin jahit yang memiliki banyak pola jahitan pastinya akan cocok untuk mengerjakan tambal sulam atau quit. 

Ada juga pola jahitan yang cocok untuk memasang kancing, itulah yang menyebabkan anda perlu memeriksa jumlah dan tipe pola jahitannya. 

Mesin jahit rumahan pada umumnya mampu menghasilkan 5 hingga 10 pola jahitan. Lima pola jahitan sudah cukup untuk membuat aksesori atau pakaian. Namun, makin banyak pola jahitan yang bisa dihasilkan, anda dapat membuat lebih banyak kerajinan tangan. 

Sehingga, kegiatan jahit menjahit akan semakin menyenangkan. Jadi, jangan lupa mengecek jumlah pola jahitan yang bisa dihasilkan mesin jahit anda.

Periksa apakah mesin jahit sudah dilengkapi dengan pedal pengontrol


Cara selanjutnya adalah memeriksa apakan mesin jahit sudah dilengkapi dengan pedal pengontrol. Saat membeli mesin jahit pastikan bahwa anda tidak lupa untuk memeriksa apasaja perlengkapan yang sudah masuk dalam kemasan. 

Jika uang yang anda miliki terbatas, tentunya akan lebih hemat jika perlengkapan seperti benang dan lain lainya telah tersedia.  

Perlengkapan yang perlu anda pastikan keberadaanya adalah pedal pengontrol, yang digunakan untuk mengoperasikan mesin jahit dengan kaki. Dengan menggunakan kaki untuk menggerakkan mesin jahit, anda dapat menggunakan kedua tangan untuk mengarahkan pergerakan kain. 

Banyak mesin jahit dengan pedal pengontrol yang dijual terpisah. Jadi, jangan lupa memeriksa ada tidaknya pedal pengontrol ini.

Persiapkan budget yang cukup

Hal terakir adalah persiapkan budget yang cukup, untuk mesin jahit rumahan, anda sebaiknya menyiapkan budget sekitaran 3 hingga 5 juga rupiah. Banyak mesin jahit rumahan dengan fitur support dan automatic needle threader yang dijual dalam rentang harga tersebut. 

Anda yang belum terbiasa dengan mesin jahit pun bisa menggunakan mesin jahit dengan mudah.

Demikian cara menatasi mesin jahit agar tidak berisik dan bergetar keras. Semoga dapat menambah wawasan kita semua, serta dapat membantu anda dalam mengatasi masalah pada mesin jahit agar tidak berisik dan bergetar keras. 

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Mesin Jahit Agar Tidak Berisik dan Bergetar Keras"