Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kekurangan dan Kelebihan Mesin Cuci Satu Tabung

Kekurangan dan Kelebihan Mesin Cuci Satu TabungMesin cuci satu tabung dirasa lebih efektif dan efisien digunakan untuk masyarakat kota. Berikut ini kekurangan dan kelebihan mesin cuci satu tabung

Ingin tahu kenapa? Yuk simak kekurangan dan kelebihannya di bawah ini!
Aktivitas sehari-hari yang begitu padat menuntut kehidupan masyarakat perkotaan melakukan segala sesuatunya serba cepat. Salah satu yang menjadi pusat perhatian adalah aktivitas rutin mencuci pakaian.

Masyarakat kota mengandalkan mesin cuci satu tabung untuk membantu mempercepat pekerjaan mereka.

Mesin cuci satu tabung memang menjadi pilihan yang tepat. Kondisi rumah yang sempit membuat mesin cuci ini bisa diletakkan dimana saja tanpa harus memakan banyak tempat. Dalam segi efisiensi dalam pencucian juga lebih unggul dibanding dengan mesin cuci dua tabung.

Kelebihan Mesin Cuci Satu Tabung

Sekilas diatas sudah sedikit disinggung bahwa mesin cuci satu tabung ini memiliki beberapa keunggulan. Mungkin Anda penasaran dengan kelebihan lainnya yang dimiliki mesin cuci satu tabung ini? Yuk simak langsung ulasan di bawah ini:

1. Daya listrik Rendah

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh mesin cuci satu tabung ini adalah daya listrik rendah. Mesin cuci merupakan jenis alat rumah tangga yang digunakan hampir setiap hari. Untuk itu dengan pemakaian daya listrik yang rendah dapat menghemat pengeluaran bulanan Anda.

Terutama jika Anda memiliki daya watt yang rendah maka bisa digunakan untuk berbagai alat elektronika lainnya secara bersamaan tanpa turun saklar. Dengan begitu Anda bisa melakukan banyak aktivitas sekaligus seperti menyetrika, nonton tv dan lainnya.

2. Memudahkan Proses Pencucian

Kelebihan mesin cuci satu tabung lainnya adalah memiliki kemudahan dalam pencucian. Untuk mesin cuci satu tabung hanya memerlukan proses pencucian satu kali saja. Anda bisa mengatur sendiri mulai dari waktu memasukkan rendaman, proses pencucian dan proses pengeringan yang cukup bisa dilakukan dalam satu mesin cuci.

Jika semuanya sudah diatur dengan baik Anda tinggal menunggunya saja sampai pakaian mengering. Mesin cuci satu tabung bisa bekerja secara otomatis yang terpenting Anda bisa paham bagaimana mengaturnya ketika awal perendaman.

3. Pengeringan Yang Lebih Efektif

Perbedaan mesin cuci dua tabung dan satu tabung salah satunya adalah kemaksimalannya dalam pengeringan. Mesin cuci dengan satu tabung dirasa lebih maksimal dalam proses ini. Alasannya karena pada mesin satu tabung dalam pengeringan cukup mengandalkan satu putaran sehingga jadi sempurna untuk pengeringannya.

4. Lebih Hemat Air

Bukan hanya memiliki kelebihan dalam daya listriknya. Anda bisa juga menghemat penggunaan air setiap bulan jika menggunakan mesin cuci satu tabung. Untuk mesin cuci satu tabung ini mulai dari perendaman, pencucian sampai pengeringan hanya cukup dengan proses sekali saja.

Sedangkan pada mesin cuci dua tabung ada 3 tahapan yang harus dilalui. Secara tidak langsung pemakaian air jadi lebih banyak. Untuk itu jika Anda ingin proses pencucian yang bisa menghemat pemakaian air direkomendasikan untuk menggunakan mesin cuci satu tabung ini.

5. Lebih Praktis

Gimana tidak praktis jika cukup sekali pekerjaan bisa langsung selesai. Dalam penggunaan mesin dua tabung Anda harus melakukan perendaman. Selesai perendaman masuk ke proses pencucian. 

Sebelum masuk proses pencucian harus mengganti air terlebih dulu baru masuk ke proses pengeringan dan Anda harus memindahkan pakaian ke tabung pengeringan.

Tentu jika hal tersebut berjalan setiap hari sangat menyita waktu. Seharusnya Anda bisa melakukan kegiatan lainnya jadi tidak bisa. Untuk itu mesin cuci satu tabung bisa menjadi pilihan tepat karena hanya bekerja sekali dan semuanya beres.

6. Lebih Aman Untuk Pakaian

Mungkin sebagian dari Anda pernah mengalami kondisi pakaian tersangkut didalam mesin cuci. Hal ini sering dialami ketika Anda hendak memindahkan pakaian dari satu tabung ke tabung lainnya. Namun kejadian ini berlaku hanya pada mesin cuci dua tabung.

Berbeda halnya jika Anda memakai mesin cuci satu tabung Anda tidak perlu lagi mengkhawatirkan tersangkutnya pakaian Anda. Jadi pakaian Anda jauh lebih aman dan jauh dari kerusakan.

7. Tabung Lebih Kering

Tingkat kekeringan pada mesin cuci satu tabung bisa mencapai 90% berbeda dengan dua tabung yang hanya mampu mengeringkan pakaian sampai 70% saja. Dengan begitu Anda akan lebih cepat ketika menjemur pakaian.

Anda juga tidak perlu lagi memeras pakaian secara manual. Pekerjaan rutin Anda jadi lebih ringan, cepat dan mudah tentunya. Berapapun banyaknya pakaian yang ingin Anda cuci setiap harinya kini bukan lagi menjadi persoalan dengan Anda ,menggunakan mesin cuci satu tabung ini.

Kekurangan Mesin Cuci Satu Tabung

Mesin cuci satu tabung memang memiliki banyak sekali kelebihan. Namun kekurangan mesin cuci satu tabung juga perlu Anda ketahui. Sebagus apapun alat atau benda pasti memiliki kekurangan. Mesin cuci satu tabung sendiri ada 2 macam yaitu top loading dan front loading. Berikut kekurangan kedua jenis mesin cuci satu tabung tersebut:

Kekurangan Mesin Cuci 1 Tabung Top Loading

Kekurangan mesin tabung top loading bukan lagi menjadi rahasia umum. Bahkan ketika Anda membeli mesin cuci satu tabung bisa dikonsultasikan terlebih dahulu apakah ingin yang top loading atau front loading. Untuk top loading berikut kekurangannya:

●    Tingkat pengeringan hanya 70%. Ya untuk pengeringan memang sama dengan mesin cuci dua tabung yang hanya mampu 70% pengeringan saja. Namun biarpun begitu mesin cuci satu tabung tetap lebih unggul dengan mesin cuci dua tabung.

●    Volume air yang digunakan cukup banyak. Volume air yang digunakan memang lebih banyak dibanding dengan yang front loading. Namun tetap lebih sedikit dibanding dengan yang dua tabung. Jadi Anda tetap bisa memilih mesin cuci satu tabung jenis ini jika dana yang Anda miliki sedikit.

Kekurangan Mesin Cuci 1 Tabung Front Loading

Jika Anda sudah tahu kekurangan mesin cuci satu tabung top loading untuk mesin cuci satu tabung front loading juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut diantaranya:

●    Harga relatif lebih mahal. Tidak dapat dipungkiri untuk masalah harga mesin cuci jenis ini memang jauh lebih mahal dibanding dengan yang top loading. Hal ini juga sebanding dengan kualitas yang diberikan yaitu lebih hemat air dan lebih kering pakaian yang Anda cuci.

●    Penggunaan daya listrik lebih tinggi. Untuk penggunaan daya listriknya juga lebih tinggi. Nah jika Anda ingin menggunakan yang hemat daya listrik bisa menggunakan yang mesin tabung top loading. Tapi sebenarnya hal ini tidak jadi masalah selama bisa membantu Anda meringankan aktivitas sehari-hari.

Mesin cuci satu tabung memang memiliki keunggulan yang luar biasa banyak. Namun juga memiliki sedikit kekurangan yang perlu diketahui. Meskipun demikian pemakaian mesin cuci memang bisa meringankan Anda dalam mengerjakan aktivitas mencuci setiap hari.

Demikian tadi kekurangan dan kelebihan mesin cuci satu tabung. Anda bisa memilih sendiri jenis mesin mana yang sesuai dengan tempat dan kemampuan Anda. Jika tempatnya sempit dan Anda super sibuk maka bisa menggunakan mesin cuci satu tabung karena lebih hemat. Praktis dan efisien tentunya.

Posting Komentar untuk "Kekurangan dan Kelebihan Mesin Cuci Satu Tabung"