Merk dan Harga Mesin Fotocopy Warna Untuk Usaha ATK

Mesin fotocopy warna memiliki keunggulan yang tidak dimiliki mesin fotocopy biasa, yakni mampu menduplikasi kertas warna dengan tingkat ditail yang hampir sama persis aslinya. Ada beberapa merk dan harga mesin fotocopy warna untuk usaha ATK.


Merk dan Harga Mesin Fotocopy Warna Untuk Usaha ATK

Hadirnya mesin fotocopy ini pastinya sangat membantu pekerjaan anda dalam menyalin dokumen. Mesin fotocopy kini hadir dengan berbagai fitur modern yang semakin memudahkan kita, tidak hanya itu mesin ini juga dapat menguntungkan anda karena dapat digunakan untuk membuka usaha, biasanya menjadi satu dengan penjualan peralatan alat tulis kantor (ATK).

Mesin fotocopy warna mulai banyak dipasarkan dengan berbagai fitur, model dan merek yang terkenal. Mesin ini biasanya digunakan untuk kepentingan bisnis. Perlu anda ketahui daftar harga mesin fotocopy warna ini. Berikut ini adalah daftar harga mesin fotocopy warna beserta merknya.

Merk dan Harga Mesin FotocopyWarna

Daftar harga dibawah ini mulai dari harga terendah hingga harga tertinggi.
Merk Type Harga*
Canon IRA C5030 Rp 38.000.000
Canon IRA C1325 + DADF Rp 45.750.000
Fuji Xerox DC IV C 3370 Rp 46.500.000
Fuji Xerox DC SC 2020 A3 WARNA Rp 47.750.000
Ricoh MP C2004 ExSP Rp 65.000.000
Fuji Xerox DC V 2275 Rp 67.600.000
Ricoh MP C3004 ExSP Rp 75.000.000
Samsung X 7600 Rp 100.000.000
Canon IRA C3530I + DADF Rp 104.720.000
Canon IRA C5235 + DADF Rp 120.750.000
Canon IRA C5240 + DADF Rp 151.550.000
Canon IRA C5250 + DADF Rp 186.750.000
Canon IRA C5550 Rp 210.000.000
Canon IRA C5255 + DADF Rp 229.650.000
*) Harga kisaran. Setiap toko berbeda beda

Perbedaan Mesin Fotocopy Warna dan Hitam Putih

Mesin fotocopy warna ini memiliki perbedaan dengan mesin hitam putih, perlu kita ketahui perbedaan tersebut. Berikut ini adalah perbedaan mesin fotocopy warna dan hitam putih.

Mesin Fotocopy Hitam Putih


Mesin Fotocopy hitam putih atau bisa disebut mono chrome adalah mesin yang dapat mencetak dengan satu warna saja. Mesin ini sangat sering digunakan pada perkantoran, sekolahan atau pada tempat yang menggunakan copy atau print warna tidak terlalu sering. Mesin ini memiliki kelebihan dengan kecepatan yang lebih tinggi dari pada mesin fotocopy warna dan memiliki harga yang lebih murah.

Mesin Fotcopy Warna


Mesin fotocopy ini biasa disebut dengan colour atau full colour dapat mencetak berbagai warna. Mesin ini bisa mencetak berbagai warna dan termasuk pula warna hitam putih, tentunya membuat mesin ini semakin fleksibel untuk digunakan.  Mesin fotocopy warna ini memiliki 4 warna toner yang sama seperti pada printer yaitu cyan, magenta, yellow and black. Dengan gabungan 4 jenis warna tersebut dapat menghasilkan berbagai macam warna. Mesin ini sering digunakan pada konsumen yang ingin membuka usaha karena mesin ini memiliki kelebihan dapat mencetak berbagai warna.

Perbedaan Mesin Fotocopy dan Printer

Teknologi akan berkembang seiring dengan perkembangan zaman, mesin fotocopy dan printer sekarang sudah hampir mempunyai kegunaan dan fungsi yang hampir sama. Meskipun hampir sama, kedua mesin ini tentunya mempunyai perbedaan yang perlu juga untuk kita ketahui. Berikut ini adalah perbedaan mesin fotocopy dan printer.

1. Toner atau tinta

Toner dan tinta adalah bahan pencetak yang menjadi perbedaan yang berada di urutan pertama. Mesin printer dan mesin fotocopy memiliki tinta yang berdeba, mesin printer umumnya menggunakan bahan pencetak berupa tinta sedangkan mesin fotocopy menggunakan bahan pencetak berupa serbuk toner. Kedua bahan pencetak ini telah menjadi perbedaan yang sangat identik antara mesin fotocopy dan mesin fotocopy.

2. Inkjet dan drum

Mesin fotocopy dan printer memiliki komponen cetak yang berbeda. Komponen cetak mesin fotocopy bekerja mengunakan drum, sedangkan mesin printer menggunakan komponen cetak yang disebut inkjet. Inkjet dan drum ini adalah yang menjadi jati diri mesin fotocopy dan printer.

3. Kertas A3

Kertas A3 ini juga dapat dijadikan sebagai pembeda dari mesin fotocopy dan printer, karena printer umunya masih belum mampu dalam mengerjakan tugasnya bila menggunakan kertas A3. Sedangkan mesin fotocopy sejak pertama kali mesin ini sudah dapat bekerja menggunakan kertas A3, namun beberapa dari mesin fotocopy lain masih ada yang belum mampu dengan kertas tipe ini tapi sejatinya mesin fotocopy mampu mengerjakan dengan dokumen yang menggunakan kertas A3. Bila anda mempunyai pekerjaan yang melibatkan kertas ini maka anda dapat memilih mesin fotocopy.

4. Kecepatan dalam bekerja

Kecepatan dalam bekerja merupakan keunggulan dari suatu produk, mesin fotocopy dan printer mempunyai perbedaan dari segi kecepatan, karena pada mesin fotocopy mampu bekerja dengan cepat hingga 50 lembar permetinya. Sedangkan printer hanya dapat berkerja dengan 20 lembar permenitnya.

5. Harga mesin

Mesin fotocopy dan printer juga memliki harga yang sangat berbeda. Harga mesin fotocopy lebih mahal karena mesin ini memiliki banyak fitur dan kelebihan. Berbeda dengan printer yang memiliki harga yang bisa dibilang lebih murah.

Cara Memilih Mesin Fotocopy Terbaik Untuk Membuka Usaha

Usaha fotocopy adalah usaha yang sangat menjanjikan, terutama bila anda membukanya pada lingkungan sekolah, kampus, dan pada lingkungan instansi pemerintah. Dalam memilih mesin fotocopy yang akan dijadikan sebagai modal usaha, anda tidak boleh sembarangan, perlu diketahui cara memilih mesin fotocopy terbaik. Berikut ini adalah cara memilih mesin fotocopy terbaik untuk membuka usaha.

1. Mesin yang sesuai dengan keuangan

Apabila anda seorang yang ingin membuka usaha baru dan mempunyai modal yang tidak banyak, sebaiknya anda memilih mesin fotocopy yang sesuai dengan keuangan. Mesin dengan kecepatan sedang memiliki harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan mesin yang memiliki kecepatan tinggi. Anda dapat memilih mesin fotocopy dengan kecepatan sedang yang pastinya lebih terjangkau.

2. Mesin fotocopy sesuai dengan kebutuhan

Selain sesuai dengan buged anda juga harus memilih mesin yang sesuai dengan kebutuhan anda. Apabila anda hanya ingin membuka usaha dengan jasa fotocopy maka anda dapat memilih mesin fotocopy jenis analog, dan jika anda ingin membuka usaha dengan jasa seperti scanning, email dan lainya anda dapat membeli mesin fotocopy digital, karena mesin ini memiliki fitur modern yang sangat lengkap jika dibandingkan dengan mesin fotocopy analog. Sebelum membeli mesin fotocopy pastikan mesin itu sesuai dengan kebutuhan anda.

3.  Mesin fotocopy yang memiliki tempat service dan suku cadang

Apa bila anda memilih mesin fotocopy pastikan anda memilih mesin yang memiliki  tempat service dan suku cadang yang memadai. Tempat servis dan suku cadang ini sangat dipperlukan karena apabila mesin tiba tiba memiliki masalah dan harus di perbaikin, atau bahkan mesin fotocopy anda membutuhkan suku cadang yang baru. Anda harus dapat memilih mesin fotocopy yang terbaik dengan mesin  yang memiliki tempat service dan suku cadang.

4. Mesin fotocopy dengan perawatan yang mudah

Dalam membuka usaha pastikan anda memilih dan membeli mesin fotocopy yang memiliki perawatan yang mudah. Sehingga hanya dengan membaca buku panduan anda dapat langsung mencoba memperbaikunya ketika mesin mengalami kerusakan. Hal ini tentunya dapat menghemat keuangan anda.

Cara Merawat Mesin Fotocopy Dengan Benar


Cara merawat mesin fotocopy dengan benar perlu kita ketahui untuk menjaga mesin fotocopy agar tidak mudah rusak. Berikut ini adalah cara merawat mesin fotovopy dengan benar.

1. Bersihkan regist roll

Anda bisa menggunakan kain kering untuk membersihkan regist roll pada mesin dengan type spesifik. Jika wire corona sudah terlihat berwarna hitam sebaiknya anda segera menukarnya dengan yang baru agar mendapatkan hasil cetakan yang terbaik.

2. Bersihkan tabung drum

Pasikan anda membersihkan tabung drum, caranya dengan membersihkanya menggunakan alkohol dan hati hati saat membersihkanya jangan sampai tabung tergores atau cacat.

3. Bersihkan kaca

Selain tabung yang harus perhatikan juga adalah kebersihan kaca dan kaca kecil, cara membersihkanya adalah gunakan lap basah yang telah diberi alkohol, lap noda yang melekat pada kaca, apabila kaca kotor maka hasil fotocopy juga akan kotor. Sebelum anda melakukan pembersihan pastikan tangan anda dalam kodisi yang bersih.

4. Bersihkan clow

Hal yang harus bersihkan agar mesin anda semakin terawat adalah clow. Guna membersihkan clow ini agar kertas tidak menyangkut, anda dapat membersihkanya  lewat cara berkala.

5. Pakai tinta terbaik

Pastikan anda merawat mesin anda dengan menggunakan tinta atau toner yang terbaik dan sesuai dengan type mesin, maka akan menghasilkan copyan yang berkualitas dan dapat memperpanjang umur drum.

6. Bersihkan mesin fotocopy bagian luar

Hal terpenting yaitu anda membersihkan bagian luar mesin fotocopy, dengan cara lap mesin anda menggunakan kain agar terhindar dari debu dan kotoran. Jauhkan mesin anda dari sampah dan makan dan benda benda yang berbahaya agar tidak masuk/jatuh kedalam mesin foto copy.

7. Hindari penggunaan kertas tebal

Hindari penggunaan kertas tebal terutama bila kertas memiliki sisi tebal disamping karena kertas ini dapat menyebabkan rusaknya permukaan drum.

8. Membersihkan waste toner

Waste toner adalah tempat penampungan toner bekas pada mesin fotocopy, waste toner ini harus dibersihkan paling tidak 1 bulan sekali. bila mesin tidak dibersihkan maka akan membuat mesin fotocopy anda menjadi eror. Buang dan bersihkan waste toner dampai bersih.

Demikianlah merk dan harga mesin fotocopy warna untuk udaha ATK. Semoga dengan ini dapat membantu anda dalam menentukan pilihan mesin fotocopy terbaik untuk membuka usaha anda, dan semoga dapat menambah wawasan kita semua.