Minggu, 10 Desember 2017

Harga Mesin CNC Milling dan Alamat Distributor / Penjual

Mesin CNC Milling - Mesin CNC adalah mesin perkakas yang dioperasikan secara otomatis oleh komputer program CNC (Computer Numerical Control). Secara umum, konstruksi mesin CNC adalah menggabungkan antara komputer dengan mekanik. Karenanya, jika dibandingkan dengan mesin perkakas biasa yang bekerja secara manual, mesin ini lebih akurat, presisi, fleksibel, dan cocok untuk memproduksi produk yang memiliki tingkat kerumitan tinggi secara massal.

Mesin ini pertama kali dikembangkan pada tahun 1952 oleh John Pearson dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) atas nama Angkatan Udara Amerika Serikat. John Pearson menciptakan prototype mesin CNC dengan memodifikasi mesin perkakas konvensional yang ditambahkan motor servo untuk menggerakkan pengontrol mengikuti pola-pola yang dimasukkan ke dalam sistem oleh perekam kertas.

Dalam perkembangannya, perpaduan antara motor servo dan mekanik tersebut selanjutnya digantikan dengan sistem analog. Ketika komputer mulai berkembang, sistem analog tersebut kemudian digantiken dengan sistem komputer digital hingga menciptakan mesin perkakas modern yang kini dikenal dengan mesin CNC.

Saat ini, mesin CNC erat kaitannya dengan program CAD (Computer Aided Design). Mesin CNC diciptakan untuk menjawab tantangan di dunia manufaktur modern. Dengan adanya mesin ini, ketelitian suatu produk dapat dijamin hingga 1/100 mm. Produk yang memiliki kerumitan tinggi juga dapat diproduksi dengan hasil yang sama persis dalam waktu yang relatif cepat.

Mesin CNC Miling

Di industri-industri menengah atau besar, mesin CNC banyak digunakan untuk mendukung proses produksi. Secara garis besar, mesin CNC dapat dikelompokkan dalam dua macam, yaitu mesin bubut CNC dan mesin frais CNC atau mesin CNC milling.

Mesin CNC milling merupakan jenis mesin CNC yang digunakan untuk membuat benda kerja dengan bentuk permukaan datar atau berlekuk yang sangat rumit seperti spiral, uliran, roda gigi, cam, drum scale, poros cacing, poros bintang, dan sebagainya.

Prinsip Kerja Mesin CNC Miling

Secara umum, prinsip kerja dari mesin CNC milling adalah dengan membaca program CNC yang dibuat oleh programmer dengan cara mengetik langsung pada mesin atau membuat program pada software pemrograman CNC. Selanjutnya, program CNC yang lebih dikenal dengan G-Code tersebut akan dikirim dan dieksekusi oleh processor untuk menggerakkan perkakas-perkakas di dalam mesin hingga menghasilkan produk yang sesuai dengan program.

Dalam menyusun kode program CNC ini, ada dua metode yang bisa digunakan, yaitu metode incremental dan metode absolute.

1. Metode Incremental
Metode incremental adalah suatu metode pemrograman CNC yang titik awal penempatannya selalu berpindah sesuai dengan titik yang terakhir. Dengan metode ini, setiap kali gerakan pada proses pengerjaan benda berakhir, titik akhir gerakan alat potong akan dianggap sebagai titik awal gerakan alat potong pada tahap selanjutnya.

2. Metode Absolute
Berbeda dengan metode incremental, pada metode absolute ini titik awal yang digunakan sebagai acuan akan selalu tetap pada satu titik selama mesin beroperasi.

Keuntungan Menggunakan Mesin CNC Milling

Mesin CNC milling memiliki lebih banyak kelebihan daripada mesin milling konvensional, seperti mesin bubut mini. Berikut adalah beberapa keuntungan yang akan Anda peroleh:

- Tingkat akurasi dan ketelitiannya sangat tinggi
- Waktu produksinya cepat
- Mudah dioperasikan
- Hasil produksi dapat dikontrol dengan baik
- Dapat digabungkan dengan software CAD (Computer Aided Design) ataupun CAM (Computer Aided Manufacturing)

Jenis dan Harga Mesin CNC Milling

Di pasaran, jenis dan harga mesin bubut CNC ini cukup bervariasi. Untuk mesin CNC milling mini yang berdimensi 450x400x450 mm, harganya sekitar Rp13 juta. Untuk mesin CNC milling yang dapat digunakan untuk membuat lencana, plakat, tag nama militer, atau tag elektrik, harganya sekitar Rp27 juta. Sementara, untuk mesin yang berukuran besar dan dapat digunakan untuk memproduksi bermacam-macam benda, harganya sekitar Rp294 juta.

Distributor Mesin CNC Milling

Berikut adalah beberapa distributor mesin yang dapat membantu Anda:

- Jualan Mesin
Jualan Mesin adalah distributor mesin asal Surabaya yang menjual beragam mesin industri dengan harga murah, bergaransi, serta memberikan jaminan spare part dan teknisi support.

Alamat: Ruko 21 Klampis B 3, Jalan Arief Rahman Hakim 51Surabaya
Website: www.jualan-mesin.com
Email: pusatmesin.indonesia@gmail.com
Telepon: 0315931926

- PT Isotema
PT Isotema merupakan perusahaan yang menyediakan beragam kebutuhan industri manufaktur, mulai dari mesin bubut CNC, mesin CNC milling berukuran besar, gear machine, punch press, plate roll, dan banyak ladi lainnya. Perusahaan ini memiliki empat kantor yang berlokasi di Cikarang, Jakarta Pusat, Surabaya, serta Surakarta.

Alamat Kantor Pusat: Jalan Industri Selatan 10 Blok EE11-B K.I. Jababeka II, Cikarang
Website: www.isotema.com
Email: inquiry@isotema.com
Telepon: 085881518151

- CV Adi Baru Mandiri
Adi Baru Mandiri merupakan perusahaan yang bergerak di industri perkakas, mesin dan alat industri, punching, grinding, welding, bending, spray, derta gun painting.

Alamat Kantor Pusat: Jalan Raden Saleh 49, Surabaya
Website: www.abadibaru.co.id

- PT Deprintz
PT Deprintz merupakan perusahaan yang menjadi distributor mesin dan peralatan industri. Beberapa mesin yang dijual di toko Deprintz di antaranya ada mesin CNC router, mesin CNC router milling, mesin digital printing, mesin laser cutting, dan masih banyak lagi.

Alamat Kantor Pusat: Ruko 21 Klampis A 3A Jalan Arief Rahman Hakim 51, Surabaya
Website: www.deprintz.com
Email: promosi.deprintz@gmail.com
Telepon: 0811308797

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai mesin CNC milling, prinsip kerja hingga harga dan distributor yang dapat membantu Anda.
Harga Mesin CNC Milling dan Alamat Distributor / Penjual Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yahya

0 komentar:

Posting Komentar