Skip to main content

follow us

Membersihkan rumput kini tidak lagi harus menggunakan cara tradisional yang melelahkan. Dengan kemajuan teknologi, keberadaan mesin potong rumput sangat membantu efisiensi waktu dan tenaga. Merapikan rumput di pekarangan rumah pun dapat dilakukan dengan lebih cepat, praktis, dan menyenangkan.

Meski di Indonesia sendiri penggunaan mesin pemotong rumput boleh dibilang tidak terlalu luas (terutama di kawasan rumahan di kota-kota kecil), alat ini rupanya sudah ada sejak sangat lama. Thomas Plucknett, ilmuwan asal Bristol, Britania Raya yang menempuh studi di Harvard, mendapatkan hak paten pertama mesin pemotong rumput di tahun 1805. Kala itu, dia menggunakan kereta dari sepasang roda gigi yang ditarik seekor kuda. Pisau bundar besar yang dekat dengan tanah itu pun berputar.

Barulah di tahun 1830, ilmuwan lain asal Stroud, Briania Raya bernama Edwin Budding mengembangkan sesuatu yang kelak menjadi cikal bakal mesin pemotong modern seperti saat ini. Dengan bantuan satu orang yang bertugas untuk mendorong, alat tersebut tersusun atas dua pasang roda bergerigi. Saat bergerak, pasangan roda bergerigi tersebut memutar pisau dan melempar hasil potongan ke dalam kotak kayu.

Dua tahun kemudian, hak paten Budding diperoleh perusahaan Ransom yang memasarkan hasil kerja tersebut yang telah diperbarui. Sebagai modifikasi, beberapa produk dibuat menggunakan gerigi untuk menggerakkan pisau dalam sehingga dapat bergerak berputar seperti pada roda dan melemparkan hasil potongan langsung ke dalam keranjang yang ada di bagian belakang mesin.
Kendati demikian, rancangan asli Budding tetap menjadi primadona bahkan selama satu abad.

Pemotong rumput bermesin mulai dikomersilkan pada tahun 1893. Ransom turut memperkenalkan model mesin pemotong rumput dengan pembakaran internal berbahan bakar bensin yang dilengkapi dengan tempat duduk bagi si pengguna (operator).

Mengenal Jenis Mesin Potong Rumput


mesin potong rumput dorong
klikglodok.com
Ada banyak jenis mesin untuk memotong dan merapikan rumput yang beredar di pasaran. Dari asal produksinya, ada mesin pemotong rumput yang dibuat di dalam negeri maupun luar negeri.

Cina adalah salah satu negara yang banyak memproduksi teknologi ini dan cukup merajai pasar dengan beberapa merek andalan seperti Mitsubishi, Tanaka, dan lain-lain. Harga yang ditawarkan juga relatif murah dan mesin termasuk cukup tahan lama selama perawatan yang dilakukan benar dan teratur.

Umumnya, pengguna baru lebih menyukai buatan lokal dibandingkan buatan luar. Hal ini dikarenakan getaran pada mesin lokal cenderung lebih keras. Semakin keras getaran yang dihasilkan oleh mesin, maka semakin besar pula kekuatan tangan yang membuat pegangan menjadi lebih stabil. Sayangnya, pemotong rumput lokal memiliki harga onderdil yang relatif tinggi sehingga memberatkan jika terjadi kerusakan.

Di samping asal produksinya, mesin potong rumput juga memiliki variasi jenis jika ditinjau dari sisi bentuk, kegunaan, dan lain-lain.

Jenis Pemotong Rumput Berdasarkan Cara Penggunaannya

Berdasarkan cara penggunaannya, ada tiga jenis mesin untuk memangkas rumput yang ada di pasaran: mesin pemotong rumput gendong, mesin pemotong rumput dorong, dan mesin pemotong rumput mobil.

Mesin Pemotong Rumput Gendong

Seperti namanya, penggunaan mesin ini dengan cara digendong. Mesin pemotong diletakkan di punggung seperti menggendong barang pada umumnya.

Di antara yang lain, pemotong jenis ini memang masih dibilang sedikit konvensional. Kendati demikian, pemotong rumput gendong masih cukup populer karena ukurannya yang tidak terlalu besar, praktis, ekonomis, dan mudah ditemukan.

Mesin Pemotong Rumput Dorong

Tidak seperti mesin gendong, pemotong rumput dorong tidak memerlukan tenaga manusia lainnya. Menggunakan mesin pemotong ini sangat mudah karena hanya cukup mendorongnya di atas permukaan lahan rumput yang akan dibersihkan. Umumnya, mesin jenis banyak digunakan di pekarangan atau halaman yang luas.

Mesin Pemotong Rumput Mobil

Dibandingkan dua jenis sebelumnya, mesin pemotong rumput mobil adalah yang paling mewah. Bahkan dari segi tenaga, manusia hanya perlu duduk pada kursi yang tersedia dan mengendarainya seperti mengendarai kendaraan pada umumnya.

Pemotong rumput jenis mobil ini sangat praktis. Selain nyaman, mesin ini juga bekerja cukup cepat. Dari segi penggunaan, pemotong rumput jenis mobil banyak diaplikasikan pada lahan rumput yang sangat luas seperti lapangan golf.

Jenis Pemotong Rumput Berdasarkan Sumber Dayanya


homedepot-static.com
Saat memilih pemotong rumput, sumber daya yang digunakan juga perlu diperhatikan. Kapasitas ketahanan dan kebutuhan sumber daya tersebut pun harus dicermati terlebih dahulu agar sesuai dengan ketersediaan.

Mesin Pemotong Rumput dengan Baterai

Dari segi keleluasaan mobilitas, mesin pemotong rumput yang menggunakan baterai sebagai sumber daya cukup mumpuni. Dengan sumber daya jenis ini, pengguna tidak harus diruwetkan dengan kabel yang menjalar.

Namun sebagaimana penggunaan baterai pada umumnya, kapasitas daya juga menjadi salah satu kendala. Untuk itu, memilih pemotong rumput ini perlu pertimbangan yang matang antara kapasitas baterai, daya yang dibutuhkan, dan estimasi waktu penggunaan.

Mesin Pemotong Rumput dengan Bensin

Seperti menggunakan baterai, pemotong rumput yang menggunakan bensin juga memiliki keleluasaan dari segi mobilitas. Kebanyakan, mesin pemotong yang memanfaatkan bahan bakar ini adalah mesin pemotong rotary. Hal tersebut tidak lain karena mesin pemotong rotary sangat mendukung untuk sistem pembakaran internal.

Mesin Pemotong dengan Listrik

Menggunakan mesin pemotong dengan sumber listrik sebagai sumber daya relatif cukup aman. Selama kapasitas daya sumber mencukupi kebutuhan daya mesin, maka penggunaan mesin dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Sayangnya, keleluasan gerak menjadi lebih terbatas karena adanya kabel. Selain itu, panjang kabel yang tersedia sangat terbatas sesuai dengan keluaran dari produsen.

Jenis Pemotong Rumput Berdasarkan Rotasinya


rackcdn.com
Jika ditinjau dari sisi rotasinya, ada dua jenis pemotong rumput yang tersedia, yakni mesin pemotong rotary dan silinder.

Mesin Pemotong Rumput Rotary

Mesin pemotong ini akan berputar dengan kecepatan tinggi pada sumbu vertikal. Potongan yang dihasilkan dari pemotong rumput jenis ini cenderung kasar dan tercabik-cabik. Desain seperti ini memiliki kinerja yang tinggi dan banyak dimanfaatkan sebagai traktor besar dan traktor berjalan-belakang.

Beberapa bagian utama dari mesin pemotong rotary antara lain:

Pisau pemasangan dan sistem penggerak
Pisau ini dipasang langsung ke bagian poros mesin, akan tetapi dapat didorong oleh motor hidrolik atau sistem sabuk katrol.

Pisau mesin pemotong
Kebanyakan pisau mesin pemotong ini hanya memiliki sebuah pisau yang berputar secara horizontal. Bagian tepi pisau berbentuk sedikit melengkung ke atas. Adapun tujuan desain ini adalah untuk menghasilkan aliran udara yang terus menerus.

Cutter deck
Bagian ini tidak lain adalah sisem drive dari mesin pemotong rumput sekaligus rumah pisau.

Bahan bakar
Seperti yang disebutkan sebelumnya mesin rotary banyak menggunakan bensin sebagai sumber daya utamanya. Namun tak hanya itu, perkakas ini juga dapat didukung dengan listrik.

Roda
Mesin rotary secara general memiliki satu set roda yang terdiri dari empat buah roda. Dua roda untuk sisi depan, sementara dua sisanya merupakan roda belakang.

Mesin Pemotong Silinder

Rerumputan kecil yang perlu dirapikan biasanya menjadi objek yang tepat untuk mesin pemotong silinder. Putaran pisau pemotong ini memiliki kecepatan yang tinggi dan menyerupai silinder.

Adapun bagian-bagian dari mesin pemotong silinder ialah:

Bodi mesin
Bagian ini merupakan kerangka struktural utama dari mesin pemotong. Bodi mesin menghubungkan bagian lain yang ada di mesin.

Bodi pisau
Bagian ini menjadi mekanisme pemotongan stasioner dari mesin.

Roda
Jumlah roda pada mesin pemotong rumput stasioner secara umum adalah dua buah.

Pisau gulungan
Pisau gulungan disebut juga sebagai silinder. Bagian ini memiliki cukup banyak pisau spiral yang meleka pada poros berputar dengan jumlah umumnya 3 sampai 7. Ketika memutar, pisau akan menciptakan gerakan memotong seperti gunting.

Motor
Sumber daya yang digunakan pemotong jenis ini ialah motor dengan dukungan bensin atau listrik.

Lain-Lain
deere.com
Selain beberapa yang disebutkan sebelumnya, pemotong rumput juga memiliki jenis lainnya yang kerap ditemui dalam kehidupan sehari-hari seperti  berikut ini.

Mesin Pemotong Rumput Traktor

Mesin pemotong ini adalah salah satu yang paling mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Pemotong rumput traktor memiliki bentuk yang menyerupai traktor untuk sawah atau ladang secara umum, tetapi dengan desain yang lebih kecil. Di samping itu, bagian dek pemotongan dipasang di bagian tengah kapal antara roda depan dan belakang.

Mesin Pemotong Rumput Mulsa

Pemotong rumput musa tergolong cukup canggih. Pasalnya, mesin jenis ini tidak hanya berfungsi untuk memangkas rumput. Rumput yang telah dipangkas akan dikumpulkan dan dibuang sehingga dapat mengurangi limbah sekaligus menciptakan kompos yang sangat bermanfaat.

Mesin Pemotong Rumput Robot

Seperi namanya, mesin pemotong jenis ini memiliki kemampuan yang luar biasa—bahkan nyaris menghilangkan keberadaan peran manusia sama sekali. Robot pemotong ini dirancang dengan sedemikian canggih. Selain dilengkapi beragam sensor, robot juga dibekali dengan kemampuan untuk mendefinisikan area lahan yang akan dikerjakan.

Tips Aman Menggunakan Mesin Potong Rumput

Sekalipun menggunakan pemotong rumput bermesin memang lebih praktis dalam berbagai aspek, faktor keamanan dan keselamatan bukan lantas dapat diabaikan. Justru dibandingkan merapikan rumput dengan cara konvensional, membersihkan menggunakan mesin pemotong justru lebih risiko dengan adanya pisau tajam, listrik, dan lain-lain.

Namun hal ini tidak perlu dijadikan ketakutan yang berlebihan. Menggunakan mesin potong rumput juga akan tetap aman selama melakukan sesuai SOP. Agar lebih jelas, berikut adalah beberapa tips aman saat menggunakan mesin pemotong rumput.

Pelajari buku manual mesin pemotong rumput yang selalu disertakan dalam produk saat pembelian. Jika tidak ada, internet menyediakan buku panduan yang dapat diperoleh dengan mudah.

Periksa kelengkapan dan kesesuaian bagian-bagian mesin. Periksa dengan detail tanpa harus terburu-buru. Lihat apakah ada bagian rantai yang hilang atau kendur. Jika menemukan hal yang tidak sesuai dengan keadaan standar, segera perbaiki.

Buat catatan mengenai usia bahan bakar. Agar lebih mudah, berikan label pada kaleng bahan bakar sehingga dapat lebih cepat untuk mengetahui usia bahan bakar tersebut. Jika membeli mesin dalam keadaan sudah terisi bahan bakar namun tidak ada keterangan pasti berapa usianya, lebih baik buang saja bahan lama tersebut dan ganti dengan yang baru.

Normalnya, batas usia bahan bakar dalam tangki mesin tidak lebih dari 30 hari. Apabila disimpan terlalu lama, bahan bakar justru hanya akan merusak mesin.

Rajin mengasah mata pisau mesin pemotong. Hal ini akan membantu mata pisau tetap dapat bekerja secara efisien dan tajam. Dengan demikian, pisau akan benar-benar memotong rumput, bukan sekadar merobeknya.

Apabila mata pisau mengalami cacat, segera ganti dengan yang baru. Beberapa kondisi yang paling sering terjadi adalah mata pisau patah karena terantuk batu.

Tips Memperbaiki Mesin Potong Rumput

cara memperbaiki mesin potong rumput
ytimg.com
Ada kalanya, mesin potong tiba-tiba mengalami gangguan fungsi. Salah satu masalah yang kerap muncul adalah mesin yang tiba-tiba tidak mau menyala. Hal ini lumayan banyak terjadi, sekalipun mesin yang bermasalah masih tergolong baru dan belum terlalu sering digunakan—bahkan buatan merek kelas atas.

Bila hal ini terjadi, tidak perlu panik. Cari tahu bagian-bagian yang kerap bermasalah dari mesin potong yang dimiliki berdasarkan jenisnya.

Seperti contoh untuk jenis mesin potong gendong yang menggunakan bensin, bagian utama yang dicek biasanya adalah busi. Apabila busi kotor dan setelah diganti mesin kembali berfungsi, maka boleh jadi bukan itu yang menjadi masalah utamanya.

Untuk kasus ini, komposisi bahan bakar juga rawan menjadi penyebab tidak maksimalnya fungsi mesin. Periksa kembali apakah sesuai dengan komposisi yang ditetapkan seperti yang ada dalam buku panduan. Perbandingan antara oli dan bahan bakar haruslah tepat agar mencapai efisiensi yang diharapkan.

Mesin Potong Rumput Dorong

Mesin potong rumput dorong cukup banyak digunakan untuk kebutuhan rumahan, terutama bagi individu yang memiliki hunian dengan halaman atau pekarangan cukup luas. Dibandingkan harus menyewa seseorang dan bekerja dengan tenaga manusia, membersihkan sendiri lahan hijau di rumah dengan mesin pemotong rumput akan lebih praktis.

Kelebihan dan Kekurangan Mesin Potong Rumput Dorong

Mesin pemotong rumput jenis ini memiliki karakter tersendiri yang membuatnya memiliki kelebihan dan kekurangan dibandingkan jenis mesin pemotong rumput lainnya. Adapun yang menjadi kelebihan dan kekurangannya antara lain seperti berikut ini.

Kelebihan

1. Lebih manusiawi dalam pengoperasiannya. Menggunakan mesin pemotong ini tidak memerlukan tenaga yang besar karena cukup dengan mendorong dan berjalan santai pada lahan rumput yang dibersihkan.

2. Lebih aman dari risiko dengan badan. Posisi antara badan dan mesin pemotong saat digunakan tidak harus sangat dekat sehingga masih ada jarak antisipasi. Selain itu, keberadaan jarak antara putaran mesin, pisau, dan badan juga membantu untuk meningkatkan keamanan tubuh dari risiko penggunaan mesin.

3. Memiliki kemampuan untuk membersihkan dengan lebih cepat. Pengguna tidak harus menghabiskan waktu terlalu lama untuk merapikan rumput dengan mesin pemotong rumput dorong karena spesifikasi mesin yang dibuat bekerja dengan cepat.

Kekurangan

1. Tidak dapat bekerja sempurna pada lahan yang tidak rata. Mesin pemotong rumput dorong tetap dapat melakukan fungsinya jika lahan yang digarap tidak memiliki permukaan yang rata, tetapi hasil yang diperoleh tidak akan sempurna sebagaimana mestinya.

2. Tidak cocok pada medan yang curam.

Tips Merawat Mesin Potong Rumput Dorong

Memilih mesin potong rumput dorong tidaklah susah. Di pasaran, ada beragam pilihan mesin yang tersedia, mulai dari buatan Asia hingga Eropa dan kisaran harga dari satu hingga belasan juta.
Namun merek apa pun yang dipilih—terlepas dari harga dan produsennya, merawat mesin haruslah dilakukan dengan benar dan tetap. Hal ini dilakukan agar mesin bertahan lama dan memiliki jangka waktu penggunaan yang lebih lama.

Setiap merek tentu memiliki spesifikasi masing-masing. Kendati begitu, secara umum, berikut adalah cara unuk melakukan perawatan pada mesin potong rumput jenis dorong yang dapat dilakukan.

1. Mengganti oli secara teratur

Seperti merawat mesin pada umumnya, penggantian oli secara teratur adalah hal yang perlu dilakukan untuk menjaga keawetan mesin. Apabila pelumas tidak pernah diganti, maka mesin tidak akan berahan setidaknya sesuai umur pemakaian semestinya.

Selain itu, oli akan mengalami kerusakan termal lantaran suhu operasional yang tinggi. Ketika kerusakan ini terjadi, maka fungsi oli sebagai pelumas pun tidak akan efektif. Akibatnya, bagian-bagian dari mesin akan saling bergesekan dan menimbulkan aus.

Fungsi oli untuk menetralisasi asam pun juga akan berkurang jika tidak diganti pada waktunya. Saat hal ini terjadi dan berlangsung dalam cukup waktu yang lama, oli justru akan menyerap air, debu, dan produk samping pembakaran lainnya yang ditahan dalam suspensi. Dampaknya oli akan mengalami titik jenuh dan menimbulkan korosi pada mesin.

Untuk mengganti oli, nyalakan mesin pemotong dan jalankan hingga mencapai keadaan hangat sebelum kembali dimatikan. Pastikan kabel busi sudah tercabut dan letakkan busi cukup jauh untuk mencegah mesin mendadak nyala. Bersihkan oli yang menempel.

2. Mengganti saringan udara secara berkala

Seperi namanya, saringan atau filter udara memiliki fungsi unuk menyaring udara bebas yang akan masuk ke dalam ruang pembakaran. Dengan demikian, udara yang akan diteruskan ke ruang pembakaran dan bercampur bersama dengan bahan bakar adalah udara bersih alias bebas dari zat padat luar seperi debu, pasir, dan sebagainya.

Mengganti saringan udara pada mesin potong rumput dorong perlu dilakukan secara berkala. Setidaknya, penggantian bisa dikerjakan setiap setelah menggani oli dua kali. Perhatikan pula jenis saringan udara yang digunakan pada mesin pemotong, apakah menggunakan besi atau busa. Keduanya sama-sama mudah, tetapi mesin dengan filter udara kertas cenderung lebih praktis.

3. Gunakan busi yang tepat sesuai spesifikasi mesin yang dipakai

Bagian lain yang juga perlu diperhatikan dalam perawatan mesin pemotong rumput adalah busi. Suku cadang ini berada di bagian dalam mesin pembakaran dengan ujung elektroda besi pada ruang bakar.
Adapun fungsi dari busi adalah sebagai pembakar bahan bakar. Busi akan menciptakan percikan elektronik untuk membakar mesin yang terkompresi. Selain itu, busi juga digunakan untuk melakukan diagnose kondisi pembakaran.

Mengingat pentingnya bahan ini, memilih busi yang tepat untuk mesin pemotong adalah hal yang krusial. Pastikan busi yang digunakan selalu busi yang berumur panjang dengan menggunakan platina atau sesuaikan dengan yang tertera pada buku petunjuk penggunaan.

Mesin Potong Rumput Listrik
 

mesin potong rumput listrik
top5lawnmowers.com
Salah satu pertimbangan utama dalam memilih jenis mesin pemotong rumput adalah luas area yang akan dikerjakan. Bila area yang akan digarap tidak terlalu luas, maka mesin potong rumput listrik boleh jadi alternatif yang pas.

Pasalnya, dengan adanya kabel yang menjulur, pergerakan pemotong listrik akan menjadi sangat terbatas. Selain itu, kabel yang tersedia juga tidak terlalu panjang. Dengan demikian, area yang tidak terlalu besar akan sangat tepat bila dirapikan dengan pemotong jenis ini.

Mesin potong rumput listrik memiliki karakter self-propelled alias dapat bergerak sendiri. Caranya pun mudah yakni dengan memilih arah gerakan, lalu mesin akan bergerak sendiri. Hal ini tentu juga akan memberi pengaruh langsung terhadap penghematan tenaga manusia.

Berfungsi Seperti Mulsa

amazon.com
Tidak sedikit mesin pemotong rumput listrik yang dibuat dengan fungsi mesin pemotong jenis mulsa. Pemotong ini tidak hanya memangkas rumput, tetapi juga membuang setelah pisau memotong secara sempurna. Limbah rumput pun akan mengendap di tanah dan menjadi pupuk yang menyuburkan tanah.

Namun ada beberapa opsi untuk model pembuangan rumput yang telah dipangkas. Ada model pemotong yang langsung membuang langsung ke tanah, tetapi ada pula yang menyimpan rumput terlebih dahulu.

Pilihan Daya yang Digunakan

Masing-masing tipe pemotong rumput listrik memiliki kebutuhan daya listrik yang berbeda. Untuk mesin pemotong dengan daya rendah, rentang daya yang digunakan mulai dari 250 sampai 500 Watt. Rendahnya kapasitas ini juga berdampak pada lama penggunaan mesin. Setidaknya, pemotong dapa bekerja tanpa istirahat selama 15-20 menit.

Di samping itu, pemotong listrik berdaya rendah juga hanya dapat digunakan untuk membersihkan rumput kering. Hal ini dikarenakan keberadaan mesin yang berada di sisi bawah.

Sementara itu, pemotong dengan daya listrik yang tinggi dapat mencapai kapasitas 1,3 KW. Dengan daya sebesar ini, tidak hanya rumput dan semak saja yang dapat dibersihkan, tetapi juga tunas hingga cabang pohon.

Saat memilih mesin potong rumput listrik, perlu diperhatikan kapasitas daya pada rumah atau industri yang tersedia. Jangan sampai terburu memilih pemotong listrik dengan spesifikasi terbaik tetapi justru tidak sesuai dengan ketersediaan daya.

Perbedaan Penggunaan Pemotong  Listrik dan Bensin

 yourbestdigs.com
Meski sepintas penggunaan pemotong yang bersumber daya listrik dan bensin tampak sama, ada hal-hal yang perlu diperhaikan agar mendapatkan efisiensi yang maksimal.

Pemotong Bensin

Mesin pemotong lebih kuat dengan pisau yang dapat digunakan untuk menebang pohon-pohon muda.
Dapat digunakan di berbagai macam cuaca—panas terik maupun mendung dan berhujan.
Memerlukan fisik pengguna yang cukup bugar lantaran beratnya mesin yang dioperasikan.
Rajin mengganti dan mengecek bahan bakar, termasuk takaran perbandingan antara oli dan bensin dan usia bahan bakar.

Pemotong Listrik

Tidak cocok untuk daerah yang terlalu tak terawat dengan pepohonan dan tanaman dewasa.
Waktu pengoperasian lebih terbatas, terutama jika digunakan terus menerus tanpa istirahat.
Mesin harus dipanaskan terlebih dahulu dan didinginkan.
Tidak dapat bekerja dalam keadaan rumput yang sedang basah apalagi saat hujan.

Pemotong Rumput Listrik Populer


mesin potong rumput populer
howetools.co.uk

Cukup banyak produsen pemotong rumput listrik yang bersaing di pasar. Salah satunya adalah Bosch. Perusahaan ini cukup mendominasi pasar dan memiliki beragam tipe pemotong listrik terbaik seperti berikut.

BOSCH ART 23 SL

Tipe ini dapat dikatakan sebagai mesin potong rumput listrik milik Bosch yang paling murah. Alat ini bahkan dibanderol dengan harga di bawah satu juta rupiah.

Bosch Art 23 SL menggunakan daya sebesar 280 Watt dengan kecepatan 12.500 rpm. Desainnya berupa tongkat panjang yang dapat diatur ketinggiannya sesuai dengan kenyamanan dan kebutuhan. Adapun hasil pemotongan yang dihasilkan sekitar 12 sampai 40 mm.

BOSCH AHM 30

Tipe yang satu ini juga masih tergolong cukup murah. Di pasaran, harga yang ditawarkan untuk sebuah BOSCH AHM 30 ada di kisaran harga Rp900.000,00an.

Berbeda dengan ART 23, bentuk mesin pemotong ini adalah silinder yang tersusun atas empa buah. Jangkauan potongnya cukup lebar—mencapai 30 cm—dengan kedalaman potong mulai 12 sampai 40 mm. Berat mesin ini tidak terlalu ringan, tetapi juga tidak terlalu berat sekitar 6,4 kg.

BOSCH ART 37

Untuk mendapatkan pemotong tipe ini, pembeli perlu merogoh kocek di atas satu juta rupiah. Sedikit berbeda dari lainnya, pisau pemoong ART 37 menggunakan bentuk senar yang lebih ringan dengan kemampuan memotong sekitar 37 cm.

Besarnya kapasitas daya yang diperlukan untuk mengoperasikan alat ini adalah 1 KW. Adapun kecepatan putar pisaunya adalah 9.000 rpm. Pisaunya sendiri memiliki diameter 2 mm dengan panjang 7 mm.

BOSCH ARM 34

Di antara tiga sebelumnya, ARM 34 memiliki harga yang paling mahal. Pemotong ini dihargai di angka lebih dari 5 juta rupiah.

Pisaunya sudah menggunakan mata rotary blades yang memiliki jangkauan pemotongan hingga 34 cm. Hasil potongannya pun cukup impresif yakni sekitar 20 sampai 70 mm. Selain itu, ARM 24 dapat menampung sekitar 40 liter rumput yang terpotong.

Mesin Pemotong Rumput STIHL



mesin potong rumput stihl
stihlshopfyshwick.com
STIHL merupakan sebuah indusri yang berbasis di Jerman yang didirikan oleh Andreas Stihl. Dengan produk utama yang diluncurkan pada tahun 1926 berupa gergaji mesin, STIHL kini menjadi salah satu produsen raksasa di dunia untuk perkakas semacam ini, termasuk mesin pemotong rumput.
Salah satu hasil produksi pemotong rumput STIHL yang paling populer termasuk di Indonesia adalah tipe FR 3001. Mesin potong rumput STIHL ini memiliki spesifikasi 2 tak dengan bahan bakar berupa bensin campur oli 2 tak berkapasitas 1,3 liter.

Untuk desainnya, FR 3001 memiliki dimensi berukuran 41 x 30 x 28 cm. Mesin ini memiliki berat total 13 kg. Sementara itu unuk urusan harga, pemotong ini dijual di pasaran dengan rentang harga sekiar 1,7 sampai 2 jutaan.

FR 3001 termasuk mesin pemotong jenis gendong yang akan mempermudah pengguna saat bekerja di lahan yang cukup sulit. Permukaan dataran yang miring, bergelombang, berbukit (tidak rata), hingga luas yang terbatas pun tidak akan menjadi kendala. Rumput yang lebat juga dapat dipangkas secara efektif dengan andalan STIHL yang satu ini.

Meski total berat mesin cukup besar, pengguna tidak akan merasa kelelahan. Hal ini juga didukung oleh elemen penghantar yangs ecara efektif akan mencegah getaran mesin. Selain itu, unit terpasang pada poros tengah rangka yang ringan sehingga mobilitas pun tidak akan terlalu terkendala.

Mesin Pemotong Rumput TASCO


mesin potong rumput tasco
slatic.net
Berbasis di Amerika, TASCO juga memproduksi cukup banyak variasi mesin pemotong rumput yang mendapat sambutan hangat di masyarakat. TASCO menyediakan mesin pemotong baik dari jenis gendong maupun dorong.

Harga yang ditawarkan pun cukup bervariasi. Setidaknya, daftar di bawah ini dapat menjadi referensi jika ingin membeli mesin potong rumput TASCO sesuai kebutuhan.

Jenis Harga setiap unit

Mesin Potong Dorong TASCO RM14 Rp1.900.000,00
Mesin Potong Dorong TASCO TLM340 Rp2.100.000,00
Mesin Potong Dorong TASCO X-TG001 Rp2.400.00,00
Mesin Potong Dorong TASCO TLM18 Rp3.000.000,00
Mesin Potong Dorong TASCO TLM18E Rp3.000.000,00
Mesin Potong Dorong TASCO TLM328 Rp2.300.000,00
Mesin Potong Gendong TASCO TAC221 Rp1.500.000,00
Mesin Potong Gendong TASCO TAC318 Rp1.600.000,00
Mesin Potong Gendong TASCO TAC328 Rp1.700.000,00
Mesin Potong Gendong TASCO TAC368E Rp1.800.000,00
Mesin Potong Gendong TASCO CG430 Rp1.888.000,00
Mesin Potong Gendong TASCO Kurin Rp5.000.000,00

*Harga di atas dapat berubah sewaktu-waktu dan dapat berbeda sesuai distributor
Masing-masing tipe mesin potong rumput memiliki spesifikasi yang berbeda. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa di antaranya.

TASCO 328E
-Daya mesin : 32 cc
-Tenaga maksimal : 1,5Ps – 7.000 rpm
-Model : 2 Tak
-Sumber daya : Bensin campur
-Komposisi bensin-oli : 25:1

TASCO 368E
-Daya mesin : 36,8cc
-Tenaga maksimal : 1,4Ps – 6.500 rpm
-Model : 2 Tak
-Sumber daya : Bensin campur
-Komposisi bensin-oli : 25:1

Tips Memilih Mesin Pemotong Rumput

Setelah mengetahui beragam jenis mesin potong rumput, penting untuk mengetahui bagaimana memilih mesin pemoong yang tepat. Hal ini tentu tidak dapat dijadikan sebuah hal yang mutlak mengingat kebutuhan setiap pengguna yang berbeda.

Sesuaikan dengan Kondisi Lahan
Seperti di awal, beberapa jenis mesin pemotong memiliki karakter tertentu yang cocok dengan topografi lahan tertentu. Jenis pemotong A boleh jadi tidak cocok digunakan di lahan yang sama dengan pemotong B meski diproduksi oleh produsen yang sama.

Lahan yang Luas dan Datar
Untuk lahan jenis ini, menggunakan pemotong jenis mobil adalah pilihan yang pas. Lahan yang luas seperti lapangan golf dengan kondisi tidak berbatu akan sangat nyaman dikerjakan menggunakan pemotong berdesain mobil yang nyaman.

Lahan yang Sempit
Untuk lahan yang sempit, gunakan saja mesin pemotong gendong atau dorong. Terutama untuk jenis gendong, lahan yang tidak rata pun dapat diatasi dengan cukup baik. Selain itu, pemilihan jenis sumber daya listrik juga cocok untuk lahan yang tidak terlalu luas. Namun jika terlanjur membeli pemotong berbahan bensin pun tidak ada salahnya.

Memodifikasi Penggunaan Mesin Pemotong Rumput
Selain fungsi utamanya untuk memotong rumput, mesin ini sebenarnya juga dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan lainnya. Seperti contoh bagi para petani atau pemilik sawah, pemotong rumput juga dapat dimanfaakan sebagai alat panen padi. Hal ini tentu akan meningkatkan efisiensi kepemilikan alat dan menekan biaya untuk pengambilan manfaat yang lain.

Tidak bisa dipungkiri, harga alat panen pun kini relatif mahal. Sementara itu, menggunakan ani-ani tentu tidak lagi dirasa efisien baik dari segi tenaga maupun waktu. Karena itu, beberapa sudah mulai menerapkan modifikasi alat pemotong rumput yang cenderung terjangkau menjadi alat panen.

Untuk menambahkan fungsi sebagai alat panen, pemotong rumput hanya perlu ditambahkan beberapa bagian. Umumnya jenis mesin potong rumput yang digunakan adalah mesin gendong karena sesuai dengan kondisi lahan yang dikerjakan. Adapun bagian-bagian tambahan dan cara untuk memodifikasi mesin potong menjadi mesin panen adalah sebagai berikut.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan
Mesin potong gendong yang dimiliki
Kepala potong rumput, gear potong rumput baut 3
Pelindung pisau paddy reaper
Pisau potong rumput model circle

Langkah-Langkah Memodifikasi
Buka bagian kepala mesin pemotong rumput dan lihat baut yang digunakan. Apabila tidak menggunakan 3 baut sebaigai pengaitnya, gani dengan kepala baut 3. Hal ini tidak lain karena akan disesuaikan dengan pelindung pisau paddy reaper.
Lepaskan baut tersebut, posisikan pelindung pisau pada dudukan yang sudah tersedia.
Jika sudah, pasang kembali baut pada posisi semula. Pastikan anda lubang kunci L sejajar.
Posisikan pisau potong rumput pada kepala dengan ring sebagai pengua dan baut sebagai pengait. Kencangkan dengan memasukkan kunci L.
Pasang pelindung pisau potong sesuai rangkanya.
Selesai.

Itulah informasi mengenai beragam hal seputar mesin potong rumput. Tidak hanya dari segi harga, pertimbangan sebelum memiih juga dipengaruhi oleh banyak aspek lainnya seperti dimensi, kondisi mesin, ketajaman pisau, jenis sumber daya yang digunakan, dan lain-lain.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar